Inilah Fungsi Penting Catatan Keuangan yang Tidak Kamu Sadari

0
175

SB30– Sahabat entrepreneur, tahukah anda bahwa ,mencatat semua pemasukan dan pengeluaran bulanan itu sebenarnya dapat memudahkan kita untuk melakukan evaluasi, analisa, serta perencanaan finansial?

Pencatatan keuangan ini tidak melulu harus ditulis dengan rumit seperti pada pelajaran pembukuan. Anda bisa menggunakan micsrosoft excel, mengunduh aplikasi pencatat keuangan di ponsel, atau yang lebih sederhana, mencatat dengan menggunakan buku dan ditulis manual.

Kegiatan ini tidak ada hubungannya dengan seberapa besar penghasilan yang anda peroleh. Jangan hanya karena merasa penghasilan anda kecil, anda tidak menganggap hal ini penting.

Lalu, mengapa pencatatan keuangan pribadi ini penting untuk dilakukan?

Berikut ini beberapa alasannya :

1. Untuk mengetahui pengeluaran tidak penting apa saja yang perlu anda pangkas

Fungsi yang pertama adalah untuk menyadarkan anda betapa besar uang yang anda habiskan untuk bergaul/makan di luar/nongkrong. Contoh : Dulu anda sering nongkrong untuk sekadar ngopi di kafe. Saat melihat laporan keuangan di aplikasi, ternyata uang yang anda habiskan untuk ngopi selama satu tahun jumlahnya banyak sekali. Padahal, uang itu bisa anda gunakan untuk hal lain jika anda mampu membatasi diri.

2. Anda akan melihat pengeluaran rutin yang sebenarnya bisa anda kurangi atau dihilangkan

Contohnya setiap awal bulan setelah gajian, seperti banyak orang lainnya anda menggunakan gaji anda untuk membayar ini dan itu. Seringkali transfer tersebut terjadi antar bank. Memang tidak terasa signifikan, sekali transfer 4.000–6.500, tapi ketika anda lihat jumlahnya di aplikasi, ternyata dalam satu tahun jumlahnya lumayan besar hanya untuk biaya transfer. Dari situ anda bisa melakukan evaluasi. Solusinya adalah gunakan metode transfer antar bank yang tidak mengeluarkan biaya.

3. Mengetahui dan membantu anda mengingat hutang dan piutang yang anda miliki

Sebagai karyawab, seringkali ketika makan siang anda mendengar kata-kata : “Pake duit lu dulu.” atau “Gue aja yang bayarin, sekalian ngerecehin.” terlontar.

Mungkin memang hanya 10–20 ribu, atau mungkin juga 100–200 ribu. Tapi dengan mencatatnya, anda dapat mengingat untuk membayar/mengingatkan rekan kerja anda untuk membayar hutangnya atau memblacklist teman yang tidak pernah membayar hutagnya.

4. Mengetahui jumlah kekayaan anda

Terkadang, kita kesulitan mengetahui Berapa sih Net Worth Asset milik saya? Semua barang yang anda beli seperti handpone, TV, Kulkas, kendaraan dan lain-lain merupakan aset anda. Jika anda mencatatnya dengan baik, maka anda tidak akan kesulitan saat akan menjual aset tersebut.

Atau minimal ketika anda sedang insecure karena seakan-akan anda tidak semakin kaya setiap harinya, anda bisa membuka aplikasi itu dan melihat bahwa semakin hari, sebenarnya aset anda semakin bertambah. Semoga bermanfaat.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here