Inilah Kesalahan Finansial yang Dilakukan Oleh Orang Baru Pertama Kali Kerja

0
158

SB30 – Sahabat entrepreneur, biasanya orang yang baru pertama kali bekerja dan mendapatkan gaji perdananya akan merasa bahwa dirinya bisa membeli apapun yang mereka inginkan untuk memberi ‘reward’ pada diri sendiri.

Kali ini kita akan membahas beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan setelah resmi diterima kerja untuk pertama kalinya. Coba simak, apakah anda pernah melakukan kesalahan pengelolaan finansial di saat tahun-tahun awal kalian kerja berikut ini?

1. Menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak anda butuhkan

Kebanyakan dari kita mungkin mendapatkan pengaruh dari media sosial. kita seakan dituntut untuk membeli barang-barang fashion kekinian agar diri kita kelihatan keren.

Jadi sebenarnya, banyak orang membeli barang karena gengsi, berpakaian branded hanya untuk bergaya di depan orang lain. Kalau bisa, jangan mengikuti tren ini.

Bukannya mamaksakan diri anda untuk hidup minimalis tanpa jajan sama sekali, tetapi kita seharusnya menggunakan uang seperlunya untuk belanja barang yang benar-benar anda butuhkan. Bukan memiliki barang branded demi gengsi, namun harus terlilit kredit.

 

2. Terdistraksi antara barang yang dibutuhkan dan diinginkan

Saat pertama kali mendapatkan gaji, biasanya secara tidak sadar anda akan kalap. Apa yang paling dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan? Seharusnya anda gunakan gaji anda untuk membeli pakaian kerja, atau apapun yang berguna untuk menunjang pekerjaan anda.

Tapi kebanyakan orang justru terpikir ingin membeli hp baru, make up baru atau skincare, traktir pacar makan enak, dan segala hal yang dulu ketika masih sekolah harus menabung lama baru bisa terwujud.

3. Nongkrong dan mentraktir teman

Tergiur nongkrong dan ngopi-ngopi gemes bareng temen adalah salah satu kesalahan fatal yang biasa dialami anak muda.

 “eh nongkrong dulu yuk!”

 “eh yang baru dapat gaji perdana nih! Traktir dong, bagi-bagi rezeki!”

Hal-hal seperti ini jadi sering terdengar dan rasanya mudah saja untuk mengiyakan. Karena anda berpikir, “ah masih awal bulan, ah sebentar lagi gajian, ah cuma segini aja kok”. Awalnya memang tidak terasa banyak, namun jika hal seperti ini sudah menjadi kebiasaan, maka bisa dipastikan gaji anda habis tak bersisa hanya untuk nogkrong.

4. Tidak berpikir untuk menabung

Menabung rasanya semakin susah ketika anda merasa sudah ‘aman’ karena setiap bulannya mendapatkan gaji. Apalagi jika sudah memasuki akhir bulan. Pasti ada saja alasan yang seolah lebih penting daripada menabung. Biarpun semua orang bilang investasi itu penting, namun sebagai orang yang baru mulai bekerja, akan lebih baik jika anda tabung dulu uang anda sembari mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk mulai berinvestasi. Uang tabungan tersebut bisa anda gunakan untuk dana darurat.

5. Lupa berbagi pada orang tua, saudara dan sedekah

 Ini yang kadang mudah terlupakan karena pikiran anda sudah kalap ingin membeli barang impian anda. Padahal, bisa jadi anda bisa memiliki pekerjaan anda saat ini berkat doa dari keluarga anda. Atau mungkin, anda mendapatkan info lowongan pekerjaan tersebut dari bantuan tetangga anda. Itulah sebabnya, jangan lupa bersedekah. Sebaiknya dimulai dari orang terdekat, yakni berikan sedikit gajimu untuk orang tua, sanak saudara yang masih kekurangan atau tetangga anda.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here