Inilah Tips dan Trik Agar Sukses Jualan Online di Marketplace

0
451

SB30 – Sahabat entrepreneur, ada beberapa hal yang menjadi penentu apakah produk jualan online kita bisa laku atau tidak. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kualitas produk

Semakin baik kualitas produk anda, maka semakin tinggi kemungkinan pembeli puas dan menjadi iklan gratis dari mulut ke mulut.

2. Kualitas gambar yang dipasang di toko online

Anda harus belajar bagaimana sebaik-baiknya cara mengambil gambar yang benar mulai dari background, angle, pencahayaan dan lain-lain. Kualitas gambar sangat besar pengaruhnya dalam menarik atau tidaknya barang yang anda jual.

3. Kecepatan loading website toko online

Jangan bikin pengunjung bosan dengan menunggu loading toko online yang terlalu lama.

4. Tampilan toko online harus menarik

Analoginya sama saja seperti toko-toko offiline. Semakin menarik sebuah toko, maka semakin banyak pengunjung yang tertarik datang ke sana. Toko online itu berbasis pada visual. Jjadi, utamakan tampilan terlebih dahulu.

5. Update setiap hari

Bisa deskripsi produk atau artikel yang terkait dengan barang yang di jual. Ini hanya sekedar indikator kepada pengunjung bahwa toko kita update. Cobalah update di toko online atau facebook grup toko online anda. Ini juga akan menjadi indikator agar Google tahu bahwa website anda sehat. Untuk update barang, anda bisa lakukan seminggu sekali.

6. Sebelum launching produk, lakukan riset pasar dulu

Jadi, jangan langsung launching produk tanpa melakukan riset pasar. Riset kompetitormu siapa, market segment dimana, dan juga strategi promosimu seperti apa.

Intinya, lihat apakah jumlah demand untuk produk yang anda jual di pasar itu tinggi atau tidak. Jika tinggi, maka cobah lakukan riset selanjutnya. Berapa banyak jumlah kompetitor anda? Tidak perlu terlalu detail, tapi minimal anda harus tahu dulu agar bisa menentukan strategi apa yang bisa anda pakai selanjutnya.

7. Gunakan e-mail marketing

Tawarkan semua pengunjung webmu untuk ikut newsletter websitemu dengan iming-iming diskon. Jika email sudah kamu kumpulkan, maka kumpulan e-mail itu bisa menjadi asetmu untuk menjual produk.

Jika anda sudah menjalankan beberapa tips dan trik di atas, itu artinya anda mulai bisa menentukan mana strategi yang tepat. Apakah perlu menggunakan iklan berbayar, atau promosi gratisan via forum-forum. Atau mungkin, anda bisa menggunakan jasa influencer sebagai sarana promosi produk yang tentunya memiliki impact yang sangat besar.

Apabila anda ingin toko online anda cepat menghasilkan cuan, maka saran saya adalah gunakan iklan berbayar. Namun jika tidak memungkinkan, maka anda harus menunggu sedikit lebih lama, atau effortmu akan sedikit lebih banyak karena promosi manual yang harus kamu lakukan setiap hari.

Intinya tetap sabar, jangan terburu-buru berputus asa dan nikmati prosesnya sampai berhasil.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here