Inilah Trik Jitu Agar Usaha Sembako Anda Bisa Bersaing dan Hasilkan Untung Besar

0
108

SB30 – Sahabat entrepreneur, bisnis adalah suatu kegiatan jual beli, terlepas yang dijual adalah Jasa atau Barang. Berbisnis saat ini bukanlah hal yang tabu di masyarakat. Dan tidak melulu hanya orang tua saja yang identik dengan bisnis serta sukses dalam berbisnis.

Sekarang, semua orang punya kesempatan atau chance yang sama. Bahkan, anak-anak muda belasan tahun dan remaja sudah mulai menggeluti bisnis sejak dini seperti menjadi influencer atau vlogger.

Namun tahukah anda, sebenarnya anda tidak perlu bingung untuk menentukan usaha apa yang bisa anda kerjakan jika anda hanya memiliki modal minim. Karena hanya dengan usaha berjualan sembako, sebenarnya anda sudah bisa meraup keuntungan yang tentunya lumayan.

Lalu, apa saja trik jitu agar usaha sembako anda bisa bersaing dan menghasilkan untung besar?

1. Cari lokasi yang tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cari lokasi yang tepat. Karena dalam usaha sembako lokasi usaha sangatlah penting. Semakin strategis lokasinya, semakin banyak orang yang akan datang untuk membeli, sehingga semakin banyak juga keuntungan yang bisa kita dapat.

Jadi kesimpulannya? Harus strategis! Karena pembeli lebih suka belanja di tempat yang lebih terlihat dan mudah dijangkau.

2. Menerapkan harga yang terjangkau

Langkah kedua adalah bertanya kepada saudara atau teman mengenai harga yang harus diterapkan pada setiap produk kita. Karena tidak semua produk keuntungannya sama. Ada produk yang harga modalnya mahal tapi keuntungannya kecil, tapi ada juga yang modalnya kecil tapi ternyata untungnya besar. Itu karena ada harga pasar yang harus kita ikuti. Jika harga kita terlalu mahal, maka pelanggan akan pindah ke toko sembako yang lain. Oleh karena itu, ada baiknya kita bertanya ke teman atau saudara yang sudah membuka toko sembako untuk mencari tahu harga-harga yang pas.

3. Mencari agen yang harga dan kualitasnya paling baik

Langkah ketiga adalah mencari agen di mana kita bisa membeli baran yang akan kita jual. Ada beberapa pilihan diantaranya adalah : Di pasar, di agen, dan di supermarket whole nsale. Setiap tempat ada kekurangan dan kelebihannya, terutama mengenai harga. Sebaiknya survei harganya terlebih dahulu dan cari yang paling pas untuk ketiga.

Masalah harga jual? Tak usah ambil untung terlalu banyak. Karena pembeli sangat kritis dengan beda harga 500 sekalipun. Jika sudah banyak pembeli, maka akan lebih maju dibandingkan banyak untung tapi sedikit pembeli.

4. Letak penempatan barang

Langkah terakhir adalah penataan. Lihat toko sembako di dekat rumah kita bagaimana mereka menata barang dagangan mereka. Dimana snack harus diletakkan? Di mana rak minuman harus ditaruh? Di mana beras, telur, sendal, dll ditempatkan? Peletakannya tidak sembarangan, karena sebenarnya setiap toko sembako meletakkan barang mereka hampir dengan cara yang sama. Jika kita meletakkannya berbeda, konsumen bisa sedikit bingung jika mereka mencari sesuatu tapi tidak bertanya dulu kepada kita.

Selain itu, usahakan toko anda selalu terlihat bersih. Karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan pelanggan anda. Pembeli tentunya akan lebih tertarik untuk datang ke toko yang bersih dan tertata rapi.

Sahabat entrepreneur, semua bisnis jika dikerjakan konsisten, tentunya akan mendapatkan untung yang lumayan.

Tentu saja, prasyarat mengikuti. Seperti biaya modal dan biaya lain-lain yang harus bisa dicover oleh harga jual dan memiliki pasar yang menerima produk yang dijual.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here