Jangan Ngomong Nikah Jika Belum Menyiapkan 10 Hal Ini

0
354

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Pada video kali ini saya ingin bercerita kepada para sahabat SB30 yang belum menikah, akan tetapi sedang mempersiapkan pernikahan.

Bagi anda calon orang yang mau menikah, ada 10 hal yang berkaitan dengan finansial, yang harus segera anda penuhi. Jadi, jangan ngomong nikah jika anda belum menyiapkan 10 hal ini. Apa saja?

1. Pahami pengeluaran anda setiap bulannya

Jadi yang pertama adalah pahami pengeluaran anda setiap bulannya. Karena jika sebelumnya anda hanya memiliki pengeluaran pribadi, sekarang anda justru memiliki pengeluaran bersama.

Apakah calon suami atau calon istri anda bekerja? Ataukah selama ini mereka hidup secara ‘biasa-biasa’ saja? Ataukah selama ini mereka dinafkahi orang tua dan sekarang menjadi tanggung jawab anda? Apakah nanti setelah menikah, salah satunya tidak bekerja?

Hal itu harus dipikirkan baik-baik, jangan asal nekad married. Jadi, kita harus lebih cerdas secara finansial. Jangan hanya gara-gara cinta yang merupakan masalah perasaan, anda jadi bodoh. Yang perlu anda garis bawahi adalah : mempertahankan cinta itu perlu penghasilan.

 

2. Tidak ada yang namanya hutang konsumtif

Kemudian yang kedua adalah tidak ada yang namanya hutang konsumtif. Hutamg konsumtif itu maksudnya apa? Hutang konsumtif bisa terjadi jika anda membeli barang yang sifatnya hanya untuk konsumsi.

Misalkan seperti handphone, laptop, atau gadget yang dibeli hanya karena menuruti trend model terbaru. Contohnya cicilan motor yang masih banyak, padahal motor tersebut tidak dipakai untuk bekerja alias tidak produktif. Jika pada akhirnya motor anda nganggur, maka hutang seperti ini harus dipertimbangkan.

3. Memiliki sumber penghasilan

Kemudian yang ketiga adalah memiliki sumber penghasilan. Jangan hanya married, lalu ketika harus menghidupi anak orang anda justru tidak punya sumber penghasilan. Terlebih lagi jika anda nantinya sudah punya anak, pasti akan lebih kesulitan.

 

4. Sudah tahu akan tinggal dimana

Kemudian yang keempat adalah sudah tahu akan tinggal dimana. Jadi apabila anda tidak tahu mau tinggal di mana, bagaimana anda mau menikah? Banyak anak muda zaman sekarang yang penting nekat nikah dulu, dan mereka berpikir nanti akan ada jalan keluarnya sendiri.

 

5. Menikah atau berkarir dulu?

Kemudian yang kelima adalah menikah atau berkarir dulu? Menurut saya, ini adalah pemikiran yang sangat skeptis. Saya sebelumnya pernah membahas sebuah video tentang “Apa bedanya menikah dulu dengan berkarir dulu?”.

Saya selalu katakan kuncinya itu anda mau menikah dulu atau membangun karir dahulu? Itu terserah anda. Yang terpenting, anda harus punya persiapan. Namun apabila anda tidak menyiapkan 10 hal ini, bahkan terlihat bahwa anda tidak memiliki persiapan sama sekali,bakal kelihatan bahwa anda itu menikah hanya dengan modal nekat.

 

6. Tidak mengandalkan bantuan orang tua

Kemudian yang keenam adalah tidak mengandalkan bantuan orang tua. Ini penting sekali, karena yang menjalani pernikahan adalah kalian berdua. Yang kedua, bukan orang tua kalian yang mengharuskan untuk menikah.

Orang tua itu sudah memiliki beban tersendiri. Sedangkan ketika kalian menikah, mengapa justru menambah beban orang tua? Jadi apabila anda sudah menikah namun justru menambah beban mereka, sebaiknya anda pertimbangkan baik-baik. terutama jika pasangan anda belum siap secara finansial.

 

7. Sudah ada tabungan

Kemudian yang ketujuh adalah sudah ada tabungan. Jadi, anda harus memiliki tabungan dan dana darurat. Karena sewaktu-waktu ketika anda menikah, anda akan hidup bersama. Dan pastinya, akan ada kebutuhan yang lebih banyak.

 

8. Sudah ada investasi untuk masa depan

Kemudian yang kedelapan adalah sudah ada investasi untuk masa depan. Jadi, anda harus tahu cara berinvestasi untuk masa depan berdua.

 

9. Sudah bisa memprioritaskan kebutuhan

Kemudian yang kesembilan adalah sudah bisa memprioritaskan kebutuhan. Jika dulu anda hanya memikirkan kebutuhan pribadi, sekarang harus memikirkan kebutuhan bersama, terutama pasangan.

Saya pernah membahas poin ini di buku Success Before 30. Yakni tentang : ‘Apa bedanya orang kaya dengan orang sukses?’.

Lalu, mengapa ada banyak orang yang belum kaya? Saya sudah membahas masalah ini di buku tersebut. Jadi, banyak orang yang belum kaya karena baru punya uang sedikit, langsung nikah. Jika alasannya karena cinta, anda juga harus memikirkan : apakah anda sudah memiliki 10 poin ini?

Itulah sebabnya ketika saya membahas topik tentang Bill Gates cerai, ada banyak sekali yang comment. dari komentar tersebut saya tahu bahwa ada banyak orang yang tidak punya kematangan berpikir terhadap esensi pernikahan itu sendiri.

 

10. Sudah membangun dana darurat

Kemudian yang kesepuluh adalah sudah membangun dana darurat. Ini adalah sesuatu yang sangat penting. Tentunya agar anda paham mana yang harus dipersiapkan berdasarkan kesepuluh poin ini, jangan hanya nekat married.

“Lalu pak, bagaimana kalau saya belum memiliki 10 poin tersebut ketika menikah?”

Siap-siap saja pernikahan anda akan terasa berat, karena tidak ada pondasinya. Pasalnya, semua itu butuh biaya. Jadi, anda tidak boleh skeptis. Jika anda hanya berpikir yang penting saya married, yang penting saya happy dan punya anak. Maka segala sesuatunya itu harus siap dulu secara finansial.

Sahabat entrepreneur, demikian sharing saya kali ini. Jadi, bagaimana pendapat kalian pribadi mengenai hal ini? Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here