Jangan Remehkan Uang 15 RIBU Karena ILMU ASET DIGITAL ini

0
1

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Sepertinya sudah lama saya tidak membahas tentang digital asset. Terakhir saya membahasnya tahun lalu, yaitu tentang digital asset HARA. Dan saat ini HARA sedang perjalanan menuju 5 tahun. Kita doakan semoga pertanian di Indonesia semakin bagus dan HARA juga semakin membaik.

Di topik kali ini saya akan membahas kembali tentang digital asset. Digital asset ini memiliki perspektif yang bagus sekali. Dan ini merupakan mata uang dunia yang sudah digunakan di banyak tempat. Jadi, judul kali ini adalah : “Jangan Remehkan Uang 15 RIBU Karena ILMU ASET DIGITAL ini”.

Channel SB30 adalah channel yang memberikan edukasi dan perspektif yang positif. Suatu pandangan yang bisa memberikan anda gambaran yang positif ke depannya. Banyak orang yang bertanya kepada saya : “Pak, bagaimana dengan Bitcoin?”

Selama ini saya tidak pernah membahasnya, namun kali ini saya akan memberikan anda suatu perspektif dari pandangan saya. Saya selalu mengajarkan anda  tentang 3 cara menabung. Yaitu saham, emas, dan properti.

Namun beberapa tahun belakangan, saya mulai mempelajari apa itu digital asset. Dan salah satunya adalah bitcoin. Jadi, ada juga ethereum dan sebagainya. saya juga melihat bahwa ke depannya industri 4.0 ini, mata uang digital ini suka atau tidak suka akan menjadi sebuah currency atau mata uang yang baru.

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa currency atau mata uang dunia ini membuat semua orang memiliki suatu pandangan yang berbeda.

Contohnya seperti Facebook. Facebook juga memiliki mata uang digital, yaitu Libra. Jadi, ada apa dengan digital asset ini? Dan adakah yang tahu, mengapa masih banyak pergunjingan tentang digital asset ini?

Ya, karena satu. Yaitu nilai fluktuatif yang terlalu tajam. Jadi, naik turunnya itu sangat cepat sekali. Kalau dulunya mungkin 1 bitcoin itu harganya masih sekitar 10-100 Dollar, saat ini harganya mungkin bisa mencapai 20 ribu US Dollar. Kenaikannya sangat pesat. Tentunya banyak orang yang mempermainkan dan mengambil keuntungan atau take advantage dari momen tersebut. Akhirnya, citra Bitcoin menjadi buruk karena dikendalikan oleh sekelompok orang tertentu.

Beda dengan saham. Saham itu nilainya tidak terlalu fluktuatif. Mengapa? Karena investor atau pemegang sahamnya banyak. Saya ilustrasikan bahwa saham tersebut merupakan rumah kost. Apabila penghuni di dalam rumah kost itu banyak, maka stabilitas bisnis kost-kostan ini akan berjalan dengan baik. Namun apabila penghuninya pergi satu per satu, maka anda kehilangan beerapa persen dari penghasilan anda. Jadi, jumlah penghuni kost anda itu sangat menentukan penghasilan anda.

Begitu pula dengan Bitcoin. Mengapa saham bisa lebih stabil?

Karena saham itu umurnya jauh lebih lama dari bitcoin, dan juga sudah terbukti daripada digital currency seperti bitcoin. Karena penggunanya masih sedikit, otomatis kestabilan harga atau fluktuatifnya akan naik turun dengan tajam. Kadang bisa 10 ribu US Dollar, kadang bisa turun sampai 5 ribu US Dollar adlam hitungan beberapa minggu saja. Namun, hal ini juga bisa terjadi pasa saham.

Apakah anda masih ingat ketika pertama kali Amazon go public? Harga sahamnya itu sangat-sangat tidak stabil. Banyak orang yang belum percaya dengan Amazon. Namun setelah Amazon berdiri selama 10 tahun, Amazon ini dipercaya dan harga Amazon menjadi sangat stabil. Mengapa? Karena penggunanya sudah banyak.

Sedangkan, Bitcoin ini baru booming beberapa tahun belakangan. Apabila informasi ini ditangkap oleh mereka yang paham tentang digital asset, mereka tidak akan melepaskan aset ini.

Dan ini adalah hal yang sering saya sampaikan, yaitu bahwa investor dan trader itu dua hal yang berbeda.

Kalau trader itu misalkan baru beli bitcoin, maka 5 detik kemudian langsung dia cek fluktuasinya. Karena dia itu seorang trader. Berbeda dengan seorang investor. Setelah dia beli, maka akan dia diamkan selama 5-10 tahun. Dan harganya sudah pasti akan naik.

Bayangkan ketika pertama kali Jack Ma IPO atau membuka saham perusahaan Alibaba. Harganya itu murah sekali. Dan dia memberikan sahamnya kepada orang-orang yang ikut membesarkan Alibaba. Namun beberapa tahun kemudian, harga saham Alibaba mengalami kenaikan yang sangat pesat karena penggunanya banyak dan sudah terpercaya.

Masalahnya, Bitcoin ini penggunanya tidak sebanyak pengguna saham. Dan banyak penggunanya yang tidak menggunakan ‘uang nganggur’. Mungkin berasal dari hasil pinjaman atau gesek kartu kredit. Ada juga yang hutang teman atau orang tuanya karena berharap cepat kaya.kesalahannya disini. Akhirnya, Bitcoin menjadi buruk di mata masyarakat karena perilaku orang yang ingin cepat kaya.

Untuk mendapatkan edukasi seperti ini, saya sarankan anda untuk download aplikasi LUNO.

Aplikasi Luno ini adalah aplikasi yang dapat memberikan anda edukasi positif tentang investasi digital asset dan sarana exchanger terbaik yang didirikan di Inggris pada tahun 2013. Saya sendiri sudah mendownload aplikasi ini. Dari Luno, saya mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana cara agar pemula bisa mengelola aset digital dengan baik. Anda bisa membeli aset digital melalui Luno, bahkan hanya dengan 15 ribu Rupiah..! Edukasi yang ada di aplikasi ini semuanya gratis, sama seperti yang anda dapatkan dari channel SB30 ini.

LUNO membahas tentang segala kontroversi mengenai dunia investasi. Jadi, anda jangan mencari informasi dari sumber yang tidak terpercaya. Jika anda serius ingin terjun ke bidang investasi, saya sangat menyarankan anda untuk mendownload aplikasi ini.

Sama seperti saya yang selalu mengedukasi masalah digital asset. Tidak mungkin anda baru invest 5 bulan, kemudian langsung kaya mendadak. Kalaupun ada, itu namanya money game. Celakanya, Bitcoin yang citranya baik ini dijadikan sarana money game oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Agar tidak keliru dan semakin paham, maka saya sangat menyarankan anda untuk mendownload aplikasi LUNO. Dari aplikasi tersebut, anda dapat menambah ilmu dan wawasan anda secara tepat dan akurat dari pakarnya. Bukan dari orang yang asal-asalan. Trader yang tidak jelas mana mungkin berani membahas semuanya secara rinci. Mereka cenderung memberikan informasi yang tidak tepat. Karena Bitcoin ini masih sangat baru, saya sendiri juga tidak berani membahasnya secara asal-asalan seperti menjanjikan sesuatu. Dan dari LUNO, anda akan mendapatkan informasi yang tepat mengenai digital asset.

Demikian sahabat entrepreneur, semoga topik kali ini bermanfaat. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

Jangan Remehkan Uang 15 RIBU Karena ILMU ASET DIGITAL ini

Jangan Remehkan Uang 15 RIBU Karena ILMU ASET DIGITAL ini

Di topik kali ini saya akan membahas kembali tentang digital asset. Digital asset ini memiliki perspektif yang bagus sekali. Dan ini merupakan mata uang dunia yang sudah digunakan di banyak tempat. Jadi, judul kali ini adalah : “Jangan Remehkan Uang 15 RIBU Karena ILMU ASET DIGITAL ini”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here