Kenali Pengertian Dan Manfaat Keunggulan Kompetitif Bagi Bisnis

0
101
Kenali Pengertian Dan Manfaat Keunggulan Kompetitif Bagi Bisnis - Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif dapat didefinisikan sebagai suatu aspek yang dapat membuat barang atau jasa dari sebuah perusahaan menjadi lebih unggul dari barang atau jasa pesaing. Meskipun hal ini sangat identik dengan suatu bisnis atau perusahaan, namun strategi ini juga dapat diterapkan oleh suatu organisasi, komunitas, bahkan suatu individu yang berada dalam lingkungan yang kompetitif.

Untuk itu, perusahaan yang ingin memperoleh serta mempertahankan keunggulan kompetitif yang dimiliki maka perusahaan tersebut harus mampu menunjukkan kualitas yang lebih baik dan lebih besar daripada pesaingnya. Selain itu, perusahaan juga perlu menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh target pasar mereka dengan detail.

Keunggulan kompetitif merupakan sekumpulan fitur unik yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan dianggap oleh pasar sebagai suatu hal yang signifikan. Dimana aspek ini menjadi salah satu aspek kunci dibalik terciptanya brand loyalty atau kesetiaan pelanggan terhadap suatu brand atau produk. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi sebuah alasan mengapa seorang pelanggan lebih memilih produk tersebut daripada produk lain.

Terdapat berbagai macam jenis keunggulan kompetitif yang dapat digunakan oleh perusahaan, antara lain yaitu cost leadership, differentiation, serta focus.

  • Cost leadership merupakan sebuah strategi yang digunakan ketika perusahaan mampu memanfaatkan tenaga kerja terampil, bahan baku murah, serta efisiensi kegiatan operasional untuk dapat menciptakan nilai yang maksimal bagi pelanggan.

  • Differentiation pada umumnya digunakan oleh perusahaan yang memiliki produk maupun layanan yang dapat dengan mudah dibedakan dengan para pesaingnya serta strategi ini dilakukan dengan memberikan produk maupun layanan berkualitas tinggi kepada para konsumen serta melakukan invoasi terhadap suatu produk yang belum pernah diluncurkan sebelumnya.

  • Focus merupakan sebuah strategi dimana ketika menerapkan strategi ini maka perusahaan berfokus pada suatu segmen pasar yang lebih terperinci dan strategi ini dapat berhasil jika perusahaan mampu menciptakan produk maupun layanan yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dari segmen pasar tersebut.

Manfaat Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tentunya memiliki banyak sekali manfaat bagi perusahaan tersebut. Berikut beberapa manfaat adanya keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang dilansir dari References for Business:

  • Pengeluaran anggaran untuk kegiatan operasional, proses kerja suatu bisnis, serta kegiatan marketing menjadi lebih efisien.

  • Perusahaan dapat memiliki brand image yang kuat serta unik di mata konsumen maupun pasar.

  • Produk maupun layanan perusahaan memiliki kesan yang unik serta spesial di benak konsumen.

  • Perusahaan terus didorong untuk melakukan inovasi agar untuk dapat terus bersaing dan unggul di pasar, sehingga mampu memperpanjang umur perusahaan.

Keunggulan kompetitif merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan yang ingin bersaing dan sukses di pasar. Kenali nilai unik dari bisnis yang kamu jalankan serta terapkan strategi keunggulan kompetitif agar produk yang kamu miliki berkembang dan mampu bersaing di pasar. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here