Kredit Motor DP 0% Berita Baik Atau Jebakan ? Apa Resikonya ?

0
248

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa. Kali ini saya cukup kaget membaca sebuah berita dari pemerintah yaitu berjudul mulai 1 maret 2021 mobil dan motor DP nya 0%. Ini sesuatu yang menggembirakan bagi seluruh masyarakat Indonesia karena bisa membeli motor/mobil tanpa DP karena pemerintah yang langsung memberikan kebijakan seperti ini. Tapi ini berita baik atau ada resiko yang berbahaya? bagaimana?

Oke sahabat entrepreneur jadi setelah saya berita ini dari liputan6.com yaitu B.I resmi menurunkan DP 0% untuk kredit kendaraan bermotor per 1 Maret sampai 31 Desember 2021. Ini belum pernah karena biasanya selalu pakai down payment ketetapan ini berlaku baik untuk kendaraan bermotor dua ataupun roda empat. Kita semua tau karena pandemi sektor otomotif itu terpukul habis gara-gara masalah ini. Biasanya kalau anda mau beli motor/mobil harus DP minimal 20-30% sedangkan ini tanpa DP.

Saya melihat berita ini cukup gembira karena ini mendorong sektor otomotif yang luluh lantah gara-gara pandemi. Tapi saya juga agak sedikit mirsi maklum, saya terkenal dengan coach financial kalau di youtube jadi saya cukup banyak memberikan edukasi finansial. Saya selalu bukan optipimis tapi sangat optimis tetapi saya selalu kalau menganalisa sesuatu juga menganalisa kemungkinan terburuk masyarakat Indonesia. Saya punya banyak pengalaman dan kita tau orang Indonesia itu sangat konsumtif dan apa itu konsumtif? yaitu boros. Kita perhatikan kalau orang Indonesia keluar negeri yang dipikirkan satu yaitu oleh-oleh. Padalah sampai di rumah oleh-olehnya gak ke pakai, akhirnya ada barang-barang yang tidak digunakan. Kadang membeli belanja sesuatu yang akhirnya tidak berguna juga, terus tujuannya apa?. Terutama sorry kaum hawa, kaum hawa kalau shopping sesuatu itu kan 90% yang bermain emosi bukan logikanya. Saya senang sih sektor-sektor seperti caffe/restaurant sedang tinggi dan kalau kita masuk kesana itu tidak murah. Sekarang angka-angka di kota besar atau tempat wisata seperti nasi goreng harganya bisa mencapai 35-40 rb. Menurut saya itu bukan harga yang murah tapi ramenya luar biasa. Nah ini loh masyarakat Indonesia itu konsumtif, kalau saya tanya uang darimana mereka? ya bagus itu pertanda kelas ekonomi menengah Indonesia sudah semakin meningkat.

Cuman sekali lagi saya kan coach financial, saya selalu menekankan tentang apakah benar anda pakai uang itu gaji dari bulan kemarin kah? atau kah anda pakai uang dari dana darurat? atau uang yang anda pakai itu uang anda satu-satunya. Jadi saya ini tidak mau anda berfikir itu gini, anda ada uang hari ini harus habis hari ini untuk urusan besok dipikir lagi. Ini problem yang sering terjadi di masyarakat dan kalangan kita. Nah kalau kalangan kita kalau mindsetnya seperti ini terus kapan anda kaya nya?. Kan saya sudah sering bilang beli fungsi bukan gengsi dan yang menentukan anda kaya raya itu berapa uang yang anda tabung bukan berapa uang yang anda hasilkan.

Nah ini masalah mindset perlu di perhatikan, DP 0% yang saya khawatirkan satu masyarakat yang tidak punya mobil berbondong-bondong beli mobil. Kemudian masyarakat yang baru punya motor 1 atau dua yang harusnya tidak butuh motor lagi mereka beli lagi karena DP 0% dan cicilannya murah. Padalah mereka tidak tau kalau motor itu tidak di pakai masih ada nilai depresiasi. Mending dana tersebut anda belikan emas di TAMASIA. Jadi kalau anda sama-sama punya uang 500rb saya bisa jamin selama 5 tahun lagi motor itu nilai depreasiasinya menurun sedangkan emas berkali-kali lipat.

Makanya download TAMASIA sekarang juga dan daftarkan diri anda http://bit.ly/daftarTamasiaSB30 gunakan kode referal CPNSB30. Saya jamin uang yang anda sisihkan setiap bulan itu asetnya akan naik berkali-kali lipat. Saya sudah menabung emas sejak tahun 2000, waktu itu harga 1 gram e,mas masih 80rb sekarang harga emas sudah 900rb. Artinya apa? harga emas sudah naik 10x lipat dan ga ada ceritanya ketika anda beli motor dan 20 tahun lagi harga motor bisa naik 10x lipat tidak mungkin terjadi. Saya khawatir dengan adanya DP 0% ini membuat masyarakat semakin konsumtif.

Pointnya adalah jangan sampai tergoda lebih konsumtif.

Kalau anda ga punya motor kemudian beli motor itu baik artinya relaksasi kebijakan yang tepat tetapi kalau anda punya motor kemudian beli lagi dengan alasan untuk anak-anak anda sedangkan anak anda masih kecil jadi untuk apa? lebih baik anda tabungkan emas.

Oke itu pesan dari saya, suskses selalu dan salam hebat luar biasa

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here