Lakukan Tips Ini, Maka Anda Akan Langsung Diterima di Lingkungan Baru

0
1

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Pernahkah anda merasa canggung ketika berada di lingkungan yang baru? Misalkan ketika anda pindah ke kost-kostan baru, ketika anda merantau ke daerah lain atau pindah tugas di kota lain. Jadi, bagaimana cara agar anda tidak merasa canggung ketika berada di lingkungan yang baru? Jadi pada topik kali ini, saya akan membahas tentang : “Lakukan Tips Ini, Maka Anda Akan Langsung Diterima di Lingkungan Baru”.

Disini saya akan mengulas 6 cara agar anda bisa menempatkan diri dan tidak merasa canggung ketika berada di lingkungan yang baru. Saya sendiri juga sudah berkeliling hampir ke seluruh pulau di Indonesia. Hampir semuanya sudah pernah saya kunjungi. Kalau di Indonesia, rata-rata penduduknya itu ramah-ramah. Namun, bagaimana ketika anda bepergian ke luar negeri? Misalkan anda pergi ke benua Eropa. Atau mungkin di negara Amerika. Disana itu culture atau budayanya sangat berbeda dengan Indonesia. Tetapi, sebenarnya cara untuk bisa diterima di lingkungan yang baru itu mudah sekali.

Jadi, cara yang pertama adalah perhatikan bahasa tubuh.

Banyak sekali orang yang ketika memperkenalkan dirinya itu menggunakan bahasa tubuh yang tidak nyaman dilihat. Contohnya adalah memulai perkenalan dengan tangan dilipat di depan dada. Ini termasuk bahasa tubuh yang tidak sopan.

Kemudian, mimik wajah anda itu harus menunjukkan keramahan. Anda harus tersenyum ketika berbicara. Jadi, pakailah bahasa tubuh yang percaya diri, jangan terlihat minder. Karena anda akan terlihat tidak nyaman dengan obrolan tersebut. Apalagi ketika anda terlihat sudah kehabisan bahan pembicaraan. Anda bisa memulai pembicaraan dengan obrolan dasar : “Halo pak, apa kabar?”. Ketika anda berusaha menyapa dengan friendly, mungkin ada juga yang berpikiran : “Ah, sok kenal banget..!” Sebenarnya tidak juga. Yang terpenting, anda itu bicara seperlunya. Dan berikan pertanyaan yang membuat orang itu merasa nyaman dan tidak terbebani.  

Dulu ketika saya masih kelas 2 SMA, saya pernah duduk bersebelahan dengan orang Australia ketika berada di pesawat. Saat itu saya dalam perjalanan balik ke Indonesia dari Australia. Dan waktu itu, pemahaman bahasa Inggris saya masih sangat terbatas, namun saya mampu membuat orang Australia tersebut nyaman ketika mengobrol dengan saya.

Apakah waktu itu saya sudah belajar tentang pengembangan diri? Waktu itu belum ada channel Success Before 30. Namun secara insting, saya bisa melakukan bahasa tubuh yang membuat orang yang berbicara dengan saya merasa nyaman. Bahkan saya berbicara dengan dia menggunakan bahasa Inggris yang terpatah-patah. Saya percaya diri karena saya mikirnya begini : “Saya lebih hebat dari dia karena saya bisa bicara bahasa Inggris walaupun tidak fasih. Sedangkan, dia saja tidak bisa berbahasa Indonesia tuh..” Bukan begitu? Hal receh seperti ini bisa membangkitkan rasa percaya diri kita. Intinya, anda jangan merasa minder dan kikuk. Lalu, kita cukup bicara seperlunya saja.

Kemudian cara yang kedua adalah perhatikan raut wajah.

Sebelum anda memperkenalkan diri, alangkah baiknya jika anda menggunakan raut wajah yang banyak tersenyum dan terlihat ramah. Ketika melihat wajah yang seperti itu, orang pasti akan senang mengobrol dengan kita. Dan ketika orang tersebut bisa merasakan bahwa anda adalah orang yang ramah, niscaya orang tersebut akan memiliki kesan pertama yang baik terhadap diri anda.

Kemudian cara yang ketiga adalah perkenalkan diri anda secara elegan.

Cukup dengan kata-kata yang singkat namun jelas. Orang tersebut pasti akan memiliki kesan pertama yang baik terhadap diri anda.

Kemudian cara yang keempat adalah jabat tangan mereka.

Perkenalkan diri anda dengan sopan dan percaya diri, serta ajak orang tersebut untuk berjabat tangan.

Kemudian cara yang kelima adalah mulailah mengajukan pertanyaan dan saling berbicara.

Jadi, mulai masuk ke dalam pembicaraan. Giring secara perlahan menuju pembicaraan yang lebih mendalam, namun jangan terburu-buru. Mungkin anda bisa memulai dengan pertanyaan :

“Sudah lama tinggal disini?”

“Saya orang baru disini, jadi mohon bimbingannya”

“Tidak banyak tempat yang saya ketahui disini, alangkah baiknya kalau seandainya saya diarahkan..”

Ketika anda merendah seperti ini, orang tersebut akan respect terhadap anda. Orang lain pasti akan merasa nyaman dengan anda, dan anda akan diterima di lingkungan baru anda. Jadi, jangan menjadi orang yang kikuk, pendiam, dan tidak tahu apa-apa.

Kemudian cara yang keenam adalah tutuplah pembicaraan dengan sopan.

Selalu ucapkan kata ‘maaf’ dan ‘terima kasih’. Itu adalah 2 kata yang sangat bagus.

“Maaf, saya hari ini mungkin telat”

“Maaf, saya hari ini belum tahu harus kemana”

“Terima kasih sudah menemani saya”

Saya kira apabila anda bersikap seperti itu, lingkungan manapun pasti akan menerima anda dengan senang hati. Silahkan terapkan 6 cara ini, niscaya anda akan diterima di lingkungan baru anda. Niscaya anda juga akan menjadi orang yang luar biasa dan tidak kikuk dalam kondisi apapun.

Demikian sahabat entrepreneur, semoga topik kali ini bermanfaat. Konten saya kali ini sederhana saja, namun semoga dapat bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

Lakukan Tips Ini, Maka Anda Akan Langsung Diterima di Lingkungan Baru

Lakukan Tips Ini, Maka Anda Akan Langsung Diterima di Lingkungan Baru

Pernahkah anda merasa canggung ketika berada di lingkungan yang baru? Misalkan ketika anda pindah ke kost-kostan baru, ketika anda merantau ke daerah lain atau pindah tugas di kota lain. Jadi, bagaimana cara agar anda tidak merasa canggung ketika berada di lingkungan yang baru? Jadi pada topik kali ini, saya akan membahas tentang : “Lakukan Tips Ini, Maka Anda Akan Langsung Diterima di Lingkungan Baru”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here