Masih Kuliah Tapi Butuh Kerja Sampingan? Temukan Pekerjaan yang Cocok Buat Mahasiswa Disini!

0
129

SB30 – Tidak semua orang bisa menikmati masa kuliah hanya dengan tinggal menengadahkan tangan, kemudian orang tuanya akan mencukupi segala kebutuhannya. Sebagian mahasiswa memang ada yang dibiayai oleh orang tuanya, sehingga mereka hanya perlu fokus untuk belajar.

Akan tetapi, ada juga sebagian mahasiswa yang terpaksa kuliah sambil kerja karena orang tua mereka tidak dapat membiayai pendidikan mereka selama kuliah.

Apabila diri anda termasuk salah satu orang yang terpaksa kuliah sambil kerja karena orang tua anda sudah tidak sanggup lagi membiayai kuliah anda, jangan patah semangat! Masih ada banyak cara untuk membayar biaya kuliah tersebut.

Hal ini juga perlu disimak bagi anda yang saat ini sudah duduk di bangku kelas 3 SMA. Saat ini, anda pasti merasa kebingungan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau tidak karena terkendala oleh biaya.

Untuk mengatasi masalah biaya, banyak mahasiswa yang akhirnya kuliah sambil kerja demi menutupi biaya kuliah serta biaya hidupnya.

Bagi anda yang saat ini masih kuliah tetapi butuh kerja sampingan, coba temukan pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa seperti anda berikut ini!

1. Content Writer

Anda tidak perlu repot pergi ke luar rumah melakukan pekerjaan yang satu ini. Bukan hanya jurnalis atau wartawan yang dibayar untuk menulis, karena saat ini ada banyak situs website, majalah, atau blog yang membutuhkan jasa penulis konten untuk menulis artikel di situs tersebut.

Anda bisa menghasilkan uang sendiri dengan menjadi content writer di bidang yang kamu minati. Contohnya adalah menulis artikel tentang kesehatan, fashion, kuliner, lifestyle, motivasi, dan lain sebagainya.

Ini adalah salah satu kerja sampingan yang menarik untuk anda coba. Anda hanya perlu memiliki laptop atau smartphone dan juga jaringan internet. Bahkan ketika anda tidak punya jaringan wifi, anda masih bisa mengerjakannya di kampus ataupun di kafe tempat biasa anda nongkrong.

 

2. YouTuber

Jika anda termasuk orang yang pede untuk berbicara di depan kamera, maka anda bisa membuat konten video dan mengunggahnya di channel Youtube. Platform ini bisa kamu gunakan untuk menyalurkan hobi sekaligus mencari uang.

Bagi anda yang suka tampil di depan kamera, anda juga bisa mengasah bakat public speaking  dengan membuat konten yang menarik untuk menggaet jumlah viewer di kanal YouTube milik anda. Bagaimana sih cara mendapatkan uang dari platform YouTube?

Ada sistem bernama Google Adsense, di mana anda akan mendapat uang sesuai dari hasil views yang menonton tayangan di akun YouTube milik anda. Jadi, anda tinggal membuat konten yang kreatif atau informasi menarik.

Di zaman sekarang ini, orang-orang lebih suka langsung mencari informasi melalui teknologi digital. Itulah sebabnya pekerjaan yang satu ini bisa menjadi peluang bagus bagi anda untuk menyediakan konten atau informasi kreatif melalui youtube. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan banyak pemasukan yang dari produk yang menawarkan endorsement di kanal YouTube milik anda

 

3.  Fotografer

Bagi anda yang saat ini merupakan mahasiswa jurusan jurnalistik atau broadcasting, ataupun anda yang hobi melakukan fgotografi, kamu bisa mencoba bekerja sebagai fotografer.

Anda bisa mengasah kemampuan sekaligus mendapatkan pengetahuan sebagai bekal bagi anda yang bercita-cita menjadi seorang fotografer handal.

Semakin bagus kualitas foto yang anda hasilkan, maka semakin besar juga bayaran yang bisa anda dapatkan. Apalagi, saat ini ada banyak platform online yang bisa anda manfaatkan untuk memamerkan hasil jepretan kamu seperti Instagram, Shutterstock dan Pixabay.

Pekerjaan sampingan ini bisa anda jadikan jembatan untuk mendapatkan pengalaman bagi anda yang merupakan mahasiswa jurusan jurnalistik atau fotografi. Anda bisa mulai mencoba menjadi fotografer untuk wedding, pre wedding, foto produk toko online, membuka jasa foto untuk traveling dan lain-lain.

 

4. Tour Guide

Kerja sampingan yang satu ini cocok dilakukan jika wilayah kampus atau rumah anda saat ini dekat dengan lokasi wisata yang menarik. Anda bisa menawarkan jasa sebagai pemandu wisata ke setiap pengunjung atau turis yang datang.

Pekerjaan ini juga terbilang cukup mudah, karena anda hanya perlu memandu para turis mengunjungi tempat-tempat asik di wilayah anda dan menceritakan sejarah serta hal-hal menarik tentang tempat wisata tersebut.

Namun yang perlu anda perhatikan adalah bekerja di bidang ini membutuhkan wawasan yang luas seputar pariwisata yang berada di wilayah tempat anda tinggal saat ini.

 

5. Guru Bimbel

Jika anda cukup pintar di bidang akademis, pekerjaan menjadi guru bimbel tentunya bisa anda lakoni. Pekerjaan yang satu ini adalah salah satu kerja sampingan yang sering dikerjakan oleh mahasiswa.

Apabila jurusan kuliah yang anda pilih berlatar studi pendidikan, tentunya anda bisa melakuan pekerjaan sampingan sebagai guru les untuk anak-anak SD, SMP ataupun SMA. Kamu bisa bergabung dengan suatu lembaga bimbel atau memasarkan sendiri jasamu. Jika ingin mendapat uang lebih besar, kamu bisa membuka jasa bimbel privat.

Jadi sahabat entrepreneur, itulah beberapa kerja sampingan yang cocok dilakukan oleh mahasiswa. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai pekerjaan anda mengganggu jam kuliah anda, begitu pula sebaliknya. Intinya, anda harus bisa membagi waktu dengan bijak agar fokus anda tidak terganggu dengan dua kegiatan tersebut yang akan anda jalani setiap harinya.

Yang pasti, jangan kuliah sambil bekerja jika kamu tidak sanggup, karena bisa mengacaukan salah satunya. Sukses selalu untuk anda semua, sahabat entrepreneur. Salam hebat luar biasa!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here