Mengapa TOMOHON, Bisa Menjadi Pusat Perhatian Dunia? ft Walikota Tomohon Jimmy F Eman

0
2

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/PPEKsghk1cU” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Pada kesempatan kali ini, sebuah kehormatan karena channel Success Before 30 bisa mendatangkan salah seorang yang terbaik di Indonesia. Yaitu di samping saya ada bapak walikota Tomohon, bapak Jimmy F. Eman.

C : “Apa kabar, pak?”

J : “Baik..”

C : “Selamat siang pak Jimmy.. Saya minta waktunya ya pak.. Kebetulan hari ini beliau sibuk baanget dan harus terbang ke Jakarta. Saat ini kita lagi di Starbucksnya Manado. Saya minta waktunya singkat saja. Pak Jimmy, boleh saya bertanya? Selama bapak di Tomohon ini periode ke berapa ya?”

J : “Saya sudah jalan periode kedua.”

C : “Selama ini Tomohon bagaimana pak? Susah-susah gampang atau bagaimana selama bapak pimpin?”

J : “Saya kira masyarakat Tomohon sangat welcome. Masyarakatnya sangat cerdas. Menurut pandangan saya, warga Tomohon sangat mudah diberikan pemahaman, tetapi dalam sisi pandangan yang positif.”

C : “Jumlah penduduk Tomohon ada berapa ya?”

J : “Jadi untuk data di catatan sipil sampai dengan bulan Juli yang lalu kurang lebih ada 103 ribu di kota Sedang.”

C : “Selama ini kita tahu bahwa Tomohon selalu diberitakan dunia ketika festival bunga karena hal itu menjadi suatu trend di kota Tomohon. Jadi, bagaimana ceritanya sampai festival bunga di Tomohon bisa terkenal di dunia? Boleh diceritakan pak?”

J : “Jadi, Tomohon itu kota paling kecil di Sulawesi Utara. Pemahaman kami itu walaupun kota Tomohon kecil, namun kami harus memiliki semacam image yang bisa dikenal luas di dunia internasional. Dan kami memilih bunga karena bunga dapat diterima semua kalangan, dari anak kecil sampai orang dewasa. Jadi, bunga ini pasti bermanfaat.

Menurut pandangan kami, potensi Tomohon adalah karena bunga-bunga ini bisa ditanam di semua daerah Tomohon. Mungkin hanya beberapa tempat di Sulawesi Utara termasuk Tomohon yang tanahnya cocok untuk menanam bunga. Oleh karena itu, potensi bunga ini juga terus dikembangkan. Kami juga berharap ada semacam event untuk memperkenalkan kota Tomohon. Tentunya untuk menyapa dunia dan juga untuk membangkitkan daya saing ekonomi.

Walaupun bunga itu kecil, tetapi ia bisa memberikan dampak ekonomi yang lebih dari cukup untuk masyarakat.”

C : “Ini adalah suatu pelajaran baik untuk subscriber channel Success Before 30. Bagi anda para kepala daerah di seluruh Indonesia, anda harus bisa mengambil suatu nilai lebih dari daerah anda untuk bisa menjual dan memperkenalkan daerah tersebut pada nasional maupun internasional. Anda bisa meniru Pak Jimmy. Dan satu hal lagi, saya dengar Pak Jimmy ini sebelum menjadi walikota juga merupakan seorang pengusaha ya?”

J : “Ya, wiraswasta.. “

C : “Ini sangat cocok dengan channel kita pak. Kebetulan channel kita ini memiliki 1,5 juta subscribers dari seluruh Indonesia dan ditonton oleh 180 negara. Dan yang ingin saya tanyakan, kita menggalakkan orang-orang untuk menjadi pengusaha. Karena kita tahu bahwa pengusahalah yang dapat menggerakkan perekonomian nasional.

Jadi, channel ini memiliki visi mencetak 1% penduduk Indonesia menjadi pengusaha.

Apalagi target dari pemerintah adalah mencetak 4% pengusaha agar ekonomi bangsa ini semakin kuat. Kita memiliki andil disini. Kami harap channel kita ini bisa mendukung 1% penduduk Indonesia menjadi pengusaha.

Kalau boleh tahu, apa yang sudah bapak lakukan untuk mendukung entrepreneurship di kota Tomohon? Kebetulan background bapak adalah pengusaha di kota Tomohon.”

J : “Dalam pengamatan kami, sebenarnya yang memiliki daya saing termasuk daya tahan ekonomi itu adalah para wiraswasta. Kita bisa lihat ketika krisis ekonomi tahun 1998 lalu, yang justru bisa bertahan adalah para UMKM. Pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah. Merekalah yang tahan banting terhadap krisis ekonomi.

Oleh karena itu, tentunya program kami sebagai pemerintah adlah bagaimana cara untuk memperkuat para pengusaha ekonomi kecil itu dapat ditingkatkan menjadi pengusaha menengah dan kuat.

Tentunya pendekatan sebagai pemerintah dalam lintas program dalam bentuk pembinaan, tetapi juga bisa dalam bentuk pinjaman.

Kita membentuk kelompok kecil, kemudian diupayakan memberikan bantuan, baik itu program dan lain-lain. Karena jika kita hanya memberikan bantuan berupa modal namun tidak memberikan pembinaan, maka bantuan itu akan menjadi mubadzir. Itu sebabnya kita berikan program ini. Dan menurut pengamatan kami, pembinaan di kota Tomohon sangat berhasil.

3 tahun yang lalu, tingkat pendapatan ekonomi di Tomohon kurang lebih hanya 4,5%. Dan sekarang di tahun 2018, kami bisa mencapai 7%, di atas rata-rata nasional. Jadi bisa kita lihat bahwa kekuatan-kekuatan UMKM dan pengusaha inilah yang kemudian kita push, sehingga mereka bisa berbicara bukan hanya di tingkat pengusaha lokal, tetapi lebih, bahkan sepadan dengan tingkat nasional.”

C : “Ngomong-ngomong pak, channel kami siap men’support pemerintah Tomohon dalam memberikan edukasi. Kami siapkan pengusaha-pengusaha muda untuk memberikan bimbingan bagi generasi muda Tomohon. Salah satunya, channel kami sudah memberikan pendidikan secara nasional. Karena channel kami satu-satunya channel entrepreneurship terbesar di Indoneisa yang siap memberikan edukasi bahwa kesulitan pebisnis itu bukan hanya masalah permodalan.

Kalau hanya diberi modal tanpa punya basic bisnis, maka modalnya pasti akan habis percuma. Namun yang terpenting adalah harus memiliki ilmunya. Jika ada edukasi dan pembimbingnya atau istilahnya ada mentor, maka anda akan bisa menjadi pengusaha yang sukses. Terima kasih pak atas dukungannya. Terima kasih pak karena bisa ngobrol singkat dengan kami. Semoga Tomohon semakin maju di era kepemimpinan bapak. Semoga sukses, Tomohon bisa maju terus menjadi barometer ekonomi nasional.

Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mengapa TOMOHON, Bisa Menjadi Pusat Perhatian Dunia? ft Walikota Tomohon Jimmy F Eman

Mengapa TOMOHON, Bisa Menjadi Pusat Perhatian Dunia? ft Walikota Tomohon Jimmy F Eman

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Pada kesempatan kali ini, sebuah kehormatan karena channel Success Before 30 bisa mendatangkan salah seorang yang terbaik di Indonesia. Yaitu di samping saya ada bapak walikota Tomohon, bapak Jimmy F. Eman.

Leave a Reply