Mengenal Apa Itu Tagline Serta Fungsinya Bagi Bisnis

0
213
Mengenal Apa Itu Tagline Serta Fungsinya Bagi Bisnis – Tagline

Tagline merupakan sebuah kalimat singkat yang mudah diingat, tagline sendiri sering digunakan sebagai media branding oleh suatu bisnis. Sehingga dapat dikatakan bahwa, tagline yang baik akan mampu menjelaskan suatu bisnis secara tepat. Tagline biasanya akan muncul berdampingan dengan logo serta dapat digunakan untuk membedakan bisnis atau suatu brand dengan kompetitornya.

Tagline sendiri berbeda dengan slogan. Tagline diciptakan untuk mempresentasikan suatu bisnis atau brand secara keseluruhan. Sedangkan slogan sendiri merupakan sebuah kalimat singkat yang digunakan sebagai alat untuk melakukan campaign atau memasarkan suatu produk.

Tagline memiliki banyak sekali fungsi serta manfaat bagi bisnis, antara lain sebagai berikut:

1. Representasi bisnis

Tagline memiliki fungsi yang sangat penting bagi suatu bisnis, dimana tagline dapat merepresentasikan suatu bisnis terlebih visi serta misi suatu bisnis kepada para konsumen. Sehingga hal ini akan memberikan pemahaman kepada para konsumen mengenai seperti apa bisnis kita, apa tujuan dari bisnis tersebut, upaya apa yang dilakukan oleh bisnis tersebut untuk mencapai tujuannya, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, Toshiba memiliki tagline yaitu “Leading Inovation”. Dimana secara eksplisit atau tersirat, Toshiba ingin menyampaikan pesan kepada para pelanggannya atau masyarakat secara umum bahwa Toshiba akan selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi dengan berbagai cara termasuk dengan menyajikan berbagai macam inovasi ke dalam setiap produk yang diciptakan oleh Toshiba.

2. Memperkuat identitas bisnis

Tagline juga menjadi alat yang digunakan untuk dapat memperkuat identitas suatu bisnis atau suatu brand. Dimana tagline dapat menjadi suatu alat yang digunakan untuk membangun hubungan emosional antara suatu brand atau bisnis dengan para pelanggannya. Tentunya ketika pelanggan memiliki keterikatan emosional dengan suatu brand maka hal ini memungkinkan para pelanggan untuk loyal terhadap brand tersebut. Seperti halnya tagline yang dimiliki oleh McDonald yaitu “I’m Loving It”. Dimana McDonald berusaha untuk mendekatkan diri dengan para konsumen menggunakan tagline tersebut serta mereka ingin membuktikan bahwa para konsumen memang menyukai atau mencintai setiap produk yang dimiliki oleh McDonald.

3. Pembeda dengan kompetitor

Tagline memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pasar atau persaingan bisnis, dimana tagline ini dapat dijadikan sebagai media yang membedakan antara suatu bisnis dengan para kompetitornya. Tagline dapat menunjukkan bahwa bisnis tersebut memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh para kompetitornya. Tentunya hal ini akan sangat penting untuk dimiliki, mengingat bahwa keunikan suatu bisnis menjadi salah satu daya tarik tertentu yang dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan produk dari brand tersebut serta dapat bersikap loyal terhadap brand tersebut.

Setelah mengenal apa itu tagline serta fungsinya bagi bisnis, sebagai pelaku bisnis tentunya perlu untuk menciptakan tagline yang baik agar hal tersebut dapat membuat bisnis kita menjadi semakin berkembang serta mencapai tujuan yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here