Orang Kaya Tetap Membiarkanmu Miskin Jika Tidak Mengetahui 6 Hal Ini

0
350

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Pada video kali ini saya ingin membahas topik tentang mengapa banyak orang kaya yang tidak ingin anda juga ikut kaya? Bahkan, ada banyak orang yang berpikir dan menginginkan anda menjadi orang miskin selama-lamanya.

Disini saya akan bongkar 6 hal yang membuat orang kaya tidak akan membiarkan anda kaya. Hal ini memang tidak enak didengar, namun ini merupakan fakta. Apa sajakah 6 hal tersebut?

Sebelum saya membongkarnya, saya sarankan anda untuk membaca buku saya ‘Success Before 30’ di halaman 45 tentang apa bedanya orang kaya dengan orang sukses.

Jadi, orang sukses itu ingin anda juga ikut kaya. Sedangkan orang kaya tidak ingin anda ikutan kaya. Mungkin mereka itu hanya kaya secara materi, tapi belum kaya hati.

Setelah anda membaca buku saya ‘Success Before 30’ di halaman 45 terkait hal ini, barulah anda bisa ‘nyambung’ dengan konten saya kali ini.

 

1. Anda tidak akan kaya jika hanya mengandalkan gaji

Jadi poin yang pertama adalah anda tidak akan kaya jika hanya mengandalkan gaji. Ini adalah fakta. Dulu saya pernah mendengar statement seperti ini.

Jika anda mati-matian bekerja di sebuah perusahaan hingga anda sakit, maka dengan mudahnya bos anda mengganti anda dengan CEO baru atau karyawan baru untuk menggantikan posisi anda.

Jadi apabila anda mati-matian bekerja di perusahaan orang lain hingga mempertaruhkan kesehatan anda, percuma saja. Karena begitu cepatnya pihak perusahaan bisa mencari pengganti anda. Bagi perusahaan itu yang terpenting bisnisnya tetap berjalan. Bagi perusahaan, kesehatan anda itu tidak penting. Memang ketentuan perusahaan itu sekejam ini. Semoga kita tidak menjadi pribadi yang seperti itu.

Intinya, anda tidak akan bisa kaya jika hanya mengandalkan gaji. Hal itu memang benar, karena orang sukses itu pasti memiliki penghasilan lain selain dari gajinya. Entah itu dari hasil investasi atau dari penghasilan tambahan lainnya.

 

2. Inflasi dapat mencuri kekayaanmu

Lalu poin yang kedua adalah inflasi dapat mencuri kekayaanmu. Jadi uang yang anda miliki saat ini, misalkan 1 juta Rupiah. Dalam 5 tahun ke depan, uang 1 juta Rupiah tersebut tidak akan bisa lagi digunakan untuk membeli barang yang sama karena inflasi.

Contoh : Sewaktu saya kecil, uang 100 ribu itu bisa saya gunakan untuk membeli 3kg telur serta satu gerobak sayur. Sedangkan di zaman sekarang ini, mungkin dengan uang 100 ribu itu kita hanya akan mendapatkan 2 kantong kresek sayur.

Jika uang 100 ribu itu kita bawa ke mall, hanya cukup untuk makan 2 orang. kalau zaman dahulu sekitar 10-15 tahun yang lalu, uang 100 ribu itu bisa digunakan untuk traktir 10 orang.

Itulah sebabnya saya mengatakan bahwa inflasi dapat mencuri kekayaanmu. Oleh sebab itu, anda harus berinvestasi.

 

3. Belilah aset, bukan membeli liability

Lalu poin yang ketiga adalah belilah aset, bukan membeli liability. Di buku saya Success Before 30 halam 17, saya pernah membahas tentang pedagang dan pengusaha, serta penyebab mengapa orang belum juga kaya raya.

Hal ini sangat berkaitan erat dengan poin yang ketiga ini. Yakni belilah aset, bukan membeli liability. Apa itu aset? Aset itu ada banyak. aset itu adalah sesuatu yang nilainya akan terus bertambah. Sedangkan liability itu adalah sesuatu yang anda beli, namun nilainya akan semakin berkurang dari masa ke masa.

 

4. Jangan menghabiskan lebih dari apa yang kamu dapatkan

Lalu poin yang keempat adalah jangan menghabiskan lebih dari apa yang kamu dapatkan. Maksudnya bagaimana? Misalkan penghasilan anda 2 juta Rupiah. Lalu, anda habiskan semuanya. Kapan anda bisa kaya?

Seharusnya, dari uang anda 2 juta Rupiah itu harus disisihkan sebagian dahulu. Barulah setelah itu anda gunakan untuk kebutuhan hidup anda. Orang kaya tidak akan peduli dengan hal seperti ini.

 

5. Selalu ‘bayar’ dirimu terlebih dahulu (pay me first)

Lalu poin yang kelima adalah selalu ‘bayar’ dirimu terlebih dahulu (pay me first). Saya selalu berpesan kepada sahabat SB30 : SISIHKAN, jangan SISAKAN.

Jika penghasilan anda 2 juta Rupiah, sisihkan dahulu yang 20%. Untuk apa? Untuk berinvestasi. Jadi, sisihkan 400 ribu Rupiah. Kemudian yang 1,6 juta Rupiah bisa anda gunakan untuk keperluan anda sehari-hari.

Jika anda tidak bisa menyisihkan, maka selamanya anda tidak akan pernah kaya.

 

6. Compound interest

Lalu poin yang keenam adalah compound interest, yakni menghasilkan keajaiban. Keajaiban dunia kegelapan, katanya Albert Einstein. Bermain bunga, tetapi bukan berarti riba. Bunga yang dimaksud disini itu bukan bunga bank.

Compound interest ini merupakan trik bagaimana afar capital gain anda itu bisa bertambah. Misalkan anda saat ini membeli tanah seharga 10 juta, 5 tahun kemudian tanah tersebut harganya naik menjadi 20 juta. Inilah yang dimaksud dengan compound interest.

Misalkan anda membeli apartemen seharga 300 juta. Beberapa tahun ke depan, harganya naik menjadi 600 juta. Hal seperti ini bisa terjadi. Kemudian apabila anda membeli emas 500 ribu, ke depannya bisa naik mencapai 1 juta. Hal ini juga termasuk compound interest.

Jadi, bukan hanya masalah bunga deposito. Karena saat ini bunga deposito justru nilainya semakin turun. Itulah sebabnya portofolio saham semakin dilirik karena bisa meningkatkan capital gain. Sehingga, compound interest itu dinilai dari valuenya seperti uang sewa dan uang kontrakan. Jadi aset tersebut bisa menghasilkan uang lagi.

Ibaratkan ayam dengan telur. Jadi, ayam ini sebaiknya jangan dijual karena bisa terus menghasilkan telur. Jadi sebaiknya, anda menjual telurnya saja.

Sahabat entrepreneur, demikian sharing saya kali ini. Saya percaya jika anda lakukan keenam poin ini secara konsisten, anda akan sukses. Jadi, mengapa orang kaya tidak menginginkan anda juga kaya raya dan ingin anda miskin terus? Karena ada enam hal ini yang dirahasiakan oleh mereka.

Jadi, jangan hanya tahu ‘ilmu untuk mencari gaji’. Anda juga harus memiliki kecerdasan finansial. Niscaya walaupun anda saat ini masih terus bekerja sebagai karyawan, anda tetap bisa menerapkan ilmu ini.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’. Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here