Out of The Box, Inilah 6 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaingnya!

0
50

SB30 – Di zaman sekarang ini, ada banyak sekali bisnis musiman yang baru saja dirintis, namun beberapa waktu kemudian justru bangkrut dan tenggelam akibat kehilangan pelanggan. Apa sih penyebabnya?

Sebuah usaha bisa gulung tikar dikarenakan kurangnya inovasi di dalam bisnis yang sedang anda rintis. Untuk bisa membangun sebuah bisnis, tentunya anda membutuhkan suatu kreativitas.

Agar anda bisa survive di dalam dunia bisnis, maka iu artinya anda harus berani keluar dari zona nyaman anda demi mengejar kesuksesan. Bahkan ketika anda jatuh bangkrut, anda juga tidak perlu takut untuk mencoba lagi.

Agar bisa mempertahankan bisnis yang akan anda jalankan, maka anda memerlukan sebuah ide bisnis yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen saja, melainkan sebuah ide usaha yang membedakan bisnis milik anda dengan para pesaing.

Jadi, apa saja sih peluang usaha out of the box yang belum memiliki banyak pesaing? Simak semuanya di bawah ini :

 

1. Membuat tas, dompet atau pouch dari bahan rajut

Jika biasanya kita menemukan tas yang dijal di pasaran terbuat dari bahan kain polyester, denim, kanvas, material plastik ataupun kulit, maka anda bisa memproduksi tas dari rajutan benang wol.

Selain bentuknya yang unik, tas dari bahan rajutan wol juga akan lebih menarik di mata pelanggan karena tampilannya yang berbeda dari tas biasa.

 

2. Menjual Barang Antik

Di zaman serba modern ini teknologi semakin maju, sehingga semakin lama  produk atau teknologi zaman dahulu sudah ditinggalkan. Namun siapa sangka, anda justru bisa mendapatkan peluang bisnis dari barang antik loh!

Selain orang lanjut usia, banyak juga dari kalangan anak muda yang suka mengoleksi barang-barang antik yang kata orang sudah ketinggalan zaman.

Bahkan, ada banyak sekali komunitas yang mengoleksi berbagai barang antik yang saat ini sudah menjadi barang langka sehingga menjadi buruan para kolektor barang antik. Itulah sebabnya, bisnis jual beli barang antik bisa anda lakukan karena pesaingnya masih sangat sedikit.

Sebelum mencoba peluang bisnis ini, ada beberapa hal harus anda perhatikan. Yang pertama, anda harus melakukan riset jenis barang apa saja yang dapat menarik minat komunitas kolektor barang antik dan biasanya laku di pasaran. Contohnya adalah jam antik, kendaraan kuno, telepon rumah jadul, serta properti hiasan perabotan rumah dengan kesan vintage.

3. Jasa service lampu bekas

Sepertinya banyak orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya bola lampu yang sudah mati itu masih bisa diperbaiki agar bisa menyala seperti semula.

Bahkan, biaya service bola lampu ini jauh lebih murah daripada anda membeli bola lampu baru. Usaha jenis ini memang bisa dibilang jarang sekali ditemukan, karena masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

 

4. Bisnis Pet Grooming

Seringkali para pecinta hewan kesulitan menemukan toko yang menjual perlengkapan untuk hewan peliharaan mereka, terutama salon atau tempat perawatan hewan.

Anda bisa mencoba untuk membuka toko yang menyediakan aneka keperluan hewan peliharaan sekaligus membuka jasa salon untuk perawatan hewan peliharaan. Peluang bisnis ini terbilang memiliki jumlah pesaing yang sedikit.

Jika anda bisa memberikan pelayanan yang terbaik, maka bukan mustahil bagi anda untuk meraup omzet besar! Karena selain jumlah pesaingnya yang sedikit., bisnis pet grooming juga memiliki pasar yang spesifik dan loyal bagi orang-orang kalangan kelas menengah ke atas.

 

5. Catering Makanan Sehat

Penjual makanan cepat saji dapat kita temukan dimanapun dengan berbagai menu yang beragam. Akan tetapi, biasanya makanan cepat saji yang banyak dijajakan itu tidak memiliki standar nilai gizi yang cukup baik. Oleh sebab itu, anda bisa menciptakan peluang bisnis catering makanan sehat dan sesuai standar gizi. Peluang bisnis ini tentunya memiliki sedikit pesaing.

Biasanya mereka yang sedang menjalani program diet, memiliki masalah kesehatan tertentu, atau orang yang pemilih dalam hal makanan yang dikonsumsinya akan menghindari makanan cepat saji yang mengandung terlalu banyak kalori dan lemak dan berakibat buruk bagi kesehatan. Itulah sebabnya menjual catering menu makanan sehat, dapat menjadi peluang bisnis yang baik di pasaran.

 

6. Bisnis Kerajinan Daur Ulang

Peluang usaha selanjutnya adalah kerajinan tangan dari bahan daur ulang. Bisnis ini memiliki sedikit pesaing, akan tetapi peluang usaha kerajinan daur ulang bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan karena modal yang anda butuhkan sangatlah sedikit.

Dengan kreativitas dan strategi pemasaran yang tepat, banyak perusahaan kerajinan tangan yang dapat menembus pasar internasional. Oleh karena itu, bagi anda yang kreatif, jangan takut mencoba ide bisnis yang kreatif dan inovatif ini!

Sahabat entrepreneur, itulah beberapa peluang usaha yang belum banyak pesaing dan bisa anda rintis tanpa khawatir disaingi oleh kompetitor. Ide bisnis tersebut tercipta dengan konsep-konsep yang unik, yang bahkan kita sendiri akan menganggapnya sebagai sesuatu hal yang tidak masuk akal. .

Kreativitas dan kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat merupakan kunci untuk mendapatkan ide bisnis yang kreatif sekaligus out of the box. Pertahankan motivasi dan semangat anda! Karena menjalankan sebuah bisnis itu ibaratkan anda sedang lari marathon,bukan lari sprint. Anda membutuhkan banyak waktu dan tenaga agar bisnis startup yang anda bangun bisa tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Mengambil keberanian untuk terjun ke dunia bisnis dan mewujudkan ide-ide anda memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi yakinlah, bahwa keberanian untuk merealisasikan ide bisnis anda itu artinya anda siap untuk meraih kesuksesan!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here