Pengen Kuliah Sambil Kerja? Yuk Intip Beberapa Manfaatnya Berikut Ini!

0
222

SB30 – Kamu yang saat ini sudah kelas 3 SMA pasti merasa kebingungan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau tidak. Mungkin kamu sangat ingin kuliah, akan tetapi terkendala dengan biaya.

Terlebih lagi karena semakin tingginya persaingan di dunia kerja. Kebanyakan perusahaan mencari lulusan sarjana untuk bisa bekerja di perusahaan mereka. Para pemilik perusahaan menuntut karyawan untuk memiliki skill di bidang tertentu. Bahkan, tak sedikit para karyawan yang harus kuliah untuk mengupgrade ilmunya. Terdapat anggapan bahwa jika ingin mendapatkan gaji lebih tinggi, maka minimal harus lulusan sarjana.

Sebenarnya anggapan ini tidak benar. Akan tetapi, kita tidak boleh meremehkan pentingnya pendidikan di perguruan tinggi. Karena dengan kuliah, tentunya anda memiliki wawasan yang lebih luas.

Untuk mengatasi masalah biaya, banyak mahasiswa yang akhirnya kuliah sambil kerja demi menutupi biaya kuliah serta biaya hidupnya. Yang pasti, ada banyak pengalaman kerja sambil kuliah yang dirasakan oleh mahasiswa sekaligus pekerja.

Kali ini, kamu yang berniat untuk melakukan kuliah sambil kerja perlu menyimak beberapa manfaat yang didapatkan dari kuliah sambil bekerja. Alhasil, kamu akan memiliki gambaran tentang apa saja suka duka yang akan kamu hadapi ketika nantinya harus kuliah sambil kerja.

1. Membiayai kuliah dengan hasil jerih payah sendiri

Mahalnya biaya kuliah membuat kita terpaksa bekerja untuk melunasinya. Terlebih lagi jika diri kita berasal dari keluarga yang kurang mampu, sehingga orang tua kita mungkin merasa kesulitan untuk membiayai pendidikan di perguruan tinggi.

Itulah sebabnya banyak yang terpaksa kuliah sambil bekerja agar bisa membiayai kuliah dengan hasil jerih payah sendiri. Tentunya, ada sebuah kebanggaan tersendiri apabila kita mampu membiayai kuliah dengan uang hasil jerih payah kita sendiri. Dengan kuliah sambil bekerja, itu artinya kita tidak hanya turut meringankan beban orang tua, namun juga selangkah lebih maju untuk mengejar cita-cita.

 

2. Memiliki lebih banyak pengalaman daripada mereka yang hanya kuliah saja

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan perusahaan lebih memilih mereka yang memiliki pengalaman kerja atau keahlian dibandingkan lulusan sarjana yang merupakan fresh graduate tanpa memiliki pengalaman kerja.

Dengan kita kuliah sambil bekerja, itu artinya kita sudah selangkah lebih maju dibandingkan teman-teman kita yang kuliah namun belum bekerja. Bayangkan saja.. Ketika kamu lulus setelah menyelesaikan kuliah selama 4 tahun, maka itu artinya kamu juga sudah memiliki pengalaman kerja selama 4 tahun! Dan bisa dipastikan, hal itu akan menjadi nilai plus ketika nantinya anda ingin melamar di perusahaan yang baru.

 

3. CV anda lebih unggul dibandingkan fresh graduate lainnya

Dengan memiliki pengalaman kerja selama kuliah, itu artinya kamu sedang meningkatkan value CV untuk melamar kerja setelah lulus kuliah. Saat ini, gelar akademik saja tidak cukup untuk bisa menduduki posisi tertentu di sebuah perusahaan.

Dengan kamu menambahkan pengalaman kerja, hal tersebut pasti akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan yang akan kamu lamar. Selain mendapat gelar, kamu juga pastinya memiliki keterampilan baru selama kuliah sambil bekerja.Tambahan keterampilan yang kamu miliki ini di dalam CV tentunya akan meningkatkan value dari CVmu.

Kamu bisa lebih mudah mengejar jabatan yang lebih tinggi di tempat kerjamu saat ini. Kalaupun kamu ingin pindah kerja, kamu masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dari pekerjaanmu saat ini.

Apalagi dengan segudang pengalaman yang sudah didapatkan selama bekerja serta gelar yang berhasil kamu dapatkan, pasti bisa membuat CVmu lebih bernilai!

 

4. Menambah relasi di dunia kerja

Kuliah sambil bekerja mungkin akan membuat kamu lelah. Akan tetapi, pengalamanmu selama bekerja juga bisa kamu gunakan untuk membangun relasi. Kelas karyawan banyak dihuni oleh mereka yang juga bekerja di berbagai perusahaan.

Dengan begitu, artinya anda sudah memiliki relasi beberapa karyawan dari berbagai perusahaan. Relasi tersebut yang nantinya akan membantu kamu di dalam perkembangan karir.

Jadi sahabat entrepreneur, itulah manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu memilih kuliah sambil bekerja. Kuliah saja bagus, akan tetapi kuliah sambil bekerja juga tidak kalah bagus. Pilihlah mana saja yang terbaik untukmu.

Yang pasti, jangan kuliah sambil bekerja jika kamu tidak sanggup, karena bisa mengacaukan salah satunya. Jika kamu konsisten menjalaninya, maka kamu pasti bisa mencapai target hidupmu!

 Tetap semangat untuk kamu semua yang sedang kuliah sambil bekerja dimasa pandemi Covid-19 ini yaa..!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here