Pikat Pelanggan Dan Tingkatkan Popularitas Dengan Strategi Giveaway

Pikat Pelanggan Dan Tingkatkan Popularitas Dengan Strategi Giveaway – Giveaway

Giveaway merupakan salah satu strategi pemasaran yang populer untuk diterapkan di berbagai bisnis khususnya suatu bisnis yang menargetkan kaum milenial. Giveaway menjadi salah satu trend promosi yang paling digemari serta sangat menarik bagi para kaum milenial. Sehingga tak jarang banyak bisnis yang menggunakan strategi ini sebagai senjata rahasia mereka untuk memperluas pasar serta membuat bisnis mereka makin dikenal oleh masyarakat.

Giveaway sendiri merupakan suatu kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa syarat tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Hadiah yang dibagikan di dalam giveaway ini sendiri sangat bermacam-macam, namun kebanyakan bisnis membagikan produk mereka sendiri sebagai hadiah giveaway sehingga produk mereka dapat dinikmati oleh para penerima giveaway dan dapat memikat para penerima giveaway untuk kembali membeli produk tersebut. Agar dapat memperoleh hadiah giveaway, peserta wajib untuk mengikuti serta memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan sebelumnya.

Jenis-jenis Giveaway

Giveaway sendiri terbagi ke dalam dua jenis, berikut jenis-jenis giveaway yang perlu kamu ketahui:

1. Self Giveaway

Giveaway jenis ini merupakan giveaway yang dilakukan secara mandiri, baik dari segi promosi, ketentuan, hingga hadiah yang akan dibagikan ditentukan oleh pelaksana giveaway atau pemilik bisnis yang mengadakan giveaway. Self giveaway ini biasanya diterapkan oleh suatu bisnis yang sudah memiliki banyak konsumen serta sudah memiliki anggaran khusus untuk kegiatan promosi. Hadiah yang dibagikan pada self giveaway ini sendiri biasanya merupakan produk dari bisnis tersebut. Syarat yang biasanya ditentukan dapat berupa meminta peserta untuk memfollow sosial media akun bisnis tersebut, dan lain sebagainya.

2. Sponsor Giveaway

Sponsir giveaway dapat menjadi salah satu solusi untuk kalian yang ingin mengadakan giveaway namun tidak ingin repot. Hal ini dikarenakan sponsor giveaway diadakan oleh pihak ketiga yang disebut host, mulai dari informasi adanya giveaway, syarat dan ketentuan, hingga pengumuman pemenang dilakukan oleh host, dan kamu hanya perlu membayar jasa atau berpartisipasi untuk memberi hadiah. Tujuan utama dari sponsor giveaway ini ialah untuk meningkatkan brand awarness serta engagement.

Manfaat Giveaway

Giveaway sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk suatu bisnis, berikut beberapa manfaat yang diperoleh dengan mengadakan giveaway:

1. Meningkatkan leads

Salah satu manfaat utama yang dapat diperoleh dengan mengadakan giveaway ialah meningkatkan leads atau calon pelanggan potensial. Hal ini dikarenakan para peserta giveaway bersedia untuk meninggalkan kontak maupun akun sosial media mereka yang memudahkan para pelaku bisnis untuk menghubungi mereka. Dengan kontak tersebut, para pebisnis ini dapat menggunakannya untuk mengirimkan informasi baik berupa penawaran produk terbaru hingga promo yang akan dilakukan.

2. Meningkatkan engagement

Giveaway merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat baik untuk meningkatkan engagement suatu bisnis. Engagement sendiri merupakan suatu bentuk komunikasi antara suatu bisnis dengan konsumennya. Meningkatnya engagment akan membantu mengembangkan suatu bisnis, hal ini dikarenakan engagment yang tinggi dapat membangun kepercayaan konsumen serta dapat menjadi feedback bagi suatu bisnis.

3. Meningkatkan brand awarness

Manfaat giveaway yang tak kalah pentingnya bagi perkembangan suatu bisnis ialah dapat meningkatkan brand awarness. Meningkatnya brand awarness tentunya akan membuat brand kita semakin dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan giveaway dapat lebih mudah menjangkau konsumen baru, membantu membangun citra atau kepercayaan akan brand tersebut, hingga dapat membentuk konsumen yang loyal.

4. Hemat budget

Giveaway merupakan salah satu kegiatan promosi yang terbilang hemat budget. Hal ini dikarenakan giveaway dapat menggaet audiens maupun partisipan dengan lebih banyak. Hadiah yang diberikan saat giveaway juga dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki serta audiens yang ditargetkan, tentunya hal ini akan meminimalisir biaya yang dikeluarkan serta kegiatan promosi dapat lebih optimal.

Giveaway dapat menjadi salah satu senjata rahasia untuk memperkenalkan brand atau bisnis kamu secara luas. Buat strategi giveaway sematang mungkin agar strategi tersebut berhasil memberikan keuntungan yang sangat besar bagi bisnis kamu nantinya.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.