Produk Apakah yang Bisa Cepat Laku Dijual di Marketplace?

0
687

SB30 – Sahabat entrepreneur, tahukah anda bahwa idealnya setiap search box itu menyimpan histori pencarian yang dilakukan di situs tersebut. Jadi, akumulasi pencarian itulah yang akhirnya dikumpulkan dan menjadi database, kemudian disusun dalam alogaritma. Jadi, alogaritma inilah yang menentukan toko mana yang “layak” tampil di halaman terdepan.

Memang agak susah jika kita mau memahami alogaritmanya marketplace. Akan tetapi, ada metode riset yang bisa anda pakai, salah satunya adalah SEO Alphabet Soup.

Caranya adalah dengan membiarkan searchbox memberikan rekomendasi kata kunci badan dan ekor yang kita cari setelah kita mengetikkan 1 kata kunci kepala. Misalkan ketika kita ketik “tas”, maka akan ada suggestion kata kunci lainnya misal : “tas anak cantik”.

Semua kata kunci yang keluar di suggest teratas searchbox ini berarti sudah pernah dicari sebelumnya dalam jumlah yang cukup banyak.

Walaupun metode ini mungkin efektif, tapi kelemahannya adalah kita tidak bisa mengetahui berapa banyak volume kata kunci tersebut dicari. Jadi, susah bagi kita untuk memahami apakah produk tersebut laris atau tidak.

Maka dari itu, kita perlu riset kedua. Yaitu cek kompetitior di kata kunci terlaris. Sederhananya, coba ketikkan kata kunci Head+Body+Tail (contoh : tas wanita import). Lalu urutkan penjualan dari yang terlaris. Dari sini kita bisa tahu, produk seperti apa yang cepat laku dijual di marketplace.

Sebenernya marketplace seperti Shopee Sudah dilengkapi dengan statistik penjualan yang bisa kita akses langsung secara gratis. Buat yang belum tahu, anda bisa akses Seller Center Shopee (melalui web) – Data – Bisnis Saya (bagian samping) – Panduan Penjualan. Nanti akan keluar data-data 30 Produk Terlaris dari semua kategori yang ada di Shopee.

Lalu, produk apa saja yang kira-kira bisa cepat laku ketika dijual di marketplace?

  1. Jenis barang berupa pakaian : misalnya jual baju anak anak, muda, dewasa. Biasanya jenis pakai wanita yang cepat laris alah baju untuk kalangan anak muda. Tapi pakaian cepat ludes terjual hanya terjadi setahun sekali, yaitu di bulan ramadhan menjelang lebaran. Mengapa? Karena baju lebaran itu di indonesia sudah menjadi barang primer yang harus ada bagi semua kalangan. Itulah sebabnya produk yang satu ini menjadi sangat mudah sekali dijual di bulan ramadhan.
  2. Jenis barang berupa makanan : dalam hal ini makanan juga laris karena penggemar makanan ringan maupun yang suka ngemil pasti akan suka dan tertarik dengan makanan makanan yang menggoda (terlihat enak dan lezat). Selain itu, anda juga bisa menjual makanan cepat saji atau makanan ringan di marketplace. Contohnya adalah baso aci instan, snack homemade, sambal homemade atau frozen food.

Kemudian, anda juga bisa menjual alat-alat rumah tangga untuk memudahkan konsumen dalam pekerjaan rumah tangga. Contohnya seperti menjual peralatan dapur serbaguna, pompa galon elekrtrik, gorden, seprei dan lain-lain.

Menurut saya, semua produk baik itu barang atau jasa mempunyai pasarnya sendiri. Semua bisa cepat laku dijual asalkan memiliki keunggulan. Yang terpenting adalah cara memasarkannya, keunggulan barang anda dari produk sejenis lainnya, serta cara anda menjalin hubungan dengan calon konsumen anda.

Jadi, apakah anda sudah ada gambaran tentang produk terlaris apa yang bisa cepat laku dijual di marketplace? Semoga artikel kali ini bisa menjadi inspirasi juga untuk anda yang ingin menjadi dropshipper atau reseller ya..

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here