Punya Rumah Usia 30 SANGAT MUNGKIN, Ini Caranya dimulai dari 75.000/Bulan

0
160

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Jumpa lagi pada kesempatan kali ini, judul saya ini bukan clickbait. Ini adalah kisah nyata. Ada seseorang yang bisa mencicil rumahnya hanya dengan modal 75 ribu per bulan, hingga akhirnya dia betul-betul memiliki rumah pribadi. Bahkan rumah baru, bukan rumah bekas. Anda pasti penasaran kan?

Kali ini saya akan membongkar caranya. Setelah anda simak caranya, saya doakan anda juga bisa memiliki rumah pribadi. Jadi, bagaimana caranya?

Jadi ada seorang pria yang benar-benar punya rumah “RSS”, yaitu Rumah Sangat Sederhana seharga 20 juta. Kok bisa?

Hal ini terjadi di tahun 1997.

“Ya pantas saja pak, sekarang kan sudah tahun 2021!”.

Tunggu dulu, anda harus simak dulu penjelasan saya disini karena analogi yang dibutuhkan sama. Ilmu motivasi ini tetap bisa anda pakai juga untuk mencicil rumah.

Di tahun 1997, angsuran dia per bulannya itu hanya 75 ribu. Maka dalam setahun, sebenarnya cicilan rumah tersebut hanya sekitar 900 ribu. Dan dia tetap konsisten mencicil 900 ribu tersebut selama 20 tahun.

Itu artinya, 900 ribu dikali 20 tahun itu hasilnya adalah 180 juta. DP’nya mungkin sekitar 10%, yakni 20 juta. Itu artinya, harga rumahnya hanya 18 juta dengan DP 2 juta. Dulu, harga rumah itu hanyalah 20 juta. Dan cicilannya itu baru berakhir pada tahun 2018 kemarin karena ia memulainya sejak tahun 97.

Jadi, rumah tersebut lunas dengan cicilan 75 ribu selama 20 tahun. Kok bisa? Hanya dengan angsuran 75 ribu? Itulah yang dinamakan properti. Saya selalu menegaskan di berbagai konten saya tentang “3 Cara Menabung”. Salah satunya adalah kita harus menabung properti.

Jika kita menabung dengan jumlah yang sama pada 20 tahun yang lalu, maka 20 tahun kemudian uang tersebut akan terasa kecil. Akan tetapi jika anda tidak memulai sejak 20 tahun yang lalu, maka 20 tahun kemudian uang tersebut tidak akan ada artinya.

Sekarang saya tanya, uang 75 ribu itu nilainya saat ini bagaimana? Jika uang itu anda buat sekali makan di mall berdua dengan pacar, bakal langsung habis.

Akan tetapi, uang tersebut bisa anda gunakan untuk mengangsur cicilan rumah, meskipun hanya rumah RSS.

Apakah rumah RSS itu masih ada? Pasti ada, anda tinggal googling saja. Kalau di tahun 2021, apakah rumah yang harganya sama dengan contoh di atas masih ada? Tentu ada, akan tetapi ditambah satu buah angka ‘nol’ lagi di belakangnya. Jadi harganya bukan lagi 18 juta, melainkan 180 juta.

Asumsi video ini saya buat dengan harga rumah 200 juta. Anggap saja saat ini kita harus menyediakan DP sebesar 20%, yakni sekitar 40 juta. Akan tetapi jika untuk mendapatkan Rumah Sangat Sederhana terutama bagi anda yang belum memiliki rumah, mungkin pemerintah ada kebijakan tersendiri. Mungkin anda bisa bertanya kepada mereka yang bekerja di bidang properti yang tentunya lebih paham.

Saya rasa, anda masih bisa mencicil rumah dengan 1 juta per bulan. Jadi apabila anda memiliki gaji UMR, anda bisa benar-benar punya rumah. Jika anda mencicil selama 20 tahun dengan 1 juta per bulan, maka dalam setahun anda sudah mengumpulkan sebanyak 12 juta. Jika dikalikan selama 20 tahun, maka anda sudah mendapatkan 240 juta. Nilainya sama dengan contoh cicilan 75 ribu di atas.

Itu karena nilai uang 25 tahun yang lalu itu sama dengan uang zaman sekarang jika di belakangnya ditambah dengan satu angka nol. Jika zaman dulu anda bisa mendapatkan rumah dengan 75 ribu, itu artinya saat ini anda bisa mendapatkan rumah dengan 750 ribu karena inflasi.

Ilmu ini jika kita terapkan sekarang, yakni anda cicil selama 20 tahun dari sekarang, maka anda bisa melunasi rumah anda di tahun 2040. Kemudian anda berpikir :

“Apa?! 2040 baru lunas?!”

Sebenarnya sama dengan kisah si bapak tadi yang nyicil rumah sejak tahun ’97, dan baru lunas pada  tahun 2018. Sedangkan tahun 2018 itu baru 3 tahun yang lalu. Jadi, apakah video ini akan te tap ada di tahun 2040? Kita doakan saja semoga Google dan YouTube tidak tutup pada tahun tersebut ya..

Dengan begitu, maka anda akan percaya bahwa konten saya hari ini benar-benar bermanfaat. Jadi anda bisa mencicil rumah di tahun 2021 untuk mendapatkan properti secara lunas di tahun 2040.

Jadi ketika properti di tahun ’97 masih seharga18-20 juta, maka harga properti tersebut sekarang mungkin bisa mencapai 100 juta. Bisa naik 5x lipat. Let’s say, jika saat ini anda membeli rumah RSS seharga 200 juta. Maka 20 tahun dari sekarang, harga properti anda itu bisa naik 5x lipat. Minimal bisa menjadi 1 milliar. Karena apa?

Karena uang 1-2 milliar di tahun 2040 tersebut  nilainya sama dengan 100-200 juta di masa sekarang. Anda paham ya maksud saya.. Sama seperti uang 10-20 juta di tahun 1997.

Itulah sebabnya teori ini harus kita miliki. Jadi usahakan sebelum usia 30, anda harus sudah memiliki rumah pertama anda.

Karena kenaikan harga properti selama 5-10 tahun ke depan itu pasti akan terus meningkat. Semakin lama, harga rumah justru akan semakin mahal.

Sahabat entrepreneur, demikian sharing saya kali ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’. Jika anda menerapkan hal ini, saya percaya anda bisa memiliki rumah pertama anda sebelum usia 30 dengan asumsi harga 100-200 juta. Saya doakan semoga anda mampu membeli rumah seharga 500 juta, akan tetapi analogi awal saya seperti itu. Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here