Pusing Jualan Gak Laku-Laku? Coba 4 Tips Membangun Bisnis Online Untuk Pemula Berikut Ini!

0
273

SB30 – Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, tentunya kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan dengan membatasi aktivitas kita di luar rumah.  Bahkan, pemerintah juga telah menggalakkan masyarakat untuk melakukan segala aktivitas di rumah saja, dan hanya keluar dari rumah jika ada suatu hal yang sangat penting.

Pandemi Covid-19 ini tentunya memberikan sebuah dampak yang sangat besar terhadap perkembangan ekonomi masyarakat, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada topik kali ini, saya akan membahas tentang beberapa tips membangun bisnis online untuk pemula. Tips berikut ini dapat membantu anda untuk menemukan peluang usaha yang tepat di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Dengan tips berbisnis yang cerdik, anda bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar jika anda bisa mengelola bisnis online anda dengan baik. Apalagi, sekarang ini gadget seperti ponsel merupakan barang yang sudah umum dimiliki oleh masyarakat.

Bahkan, dunia digital juga sudah semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Di zaman sekarang ini, semuanya sudah serba online, sahabat entrepreneur.

Transformasi digital yang kita jalani saat ini menuntut semua orang untuk mampu beradaptasi dengan teknologi. Itulah sebabnya kita harus mulai mencoba bisnis online. Pasalnya, bisnis online bisa menjangkau pasar yang sangat luas, mudah dilakukan dan hemat biaya marketing karena segala promosi dapat kita lakukan dalam dunia digital.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis secara online untuk anda yang termasuk pemula dalam dunia digital. Berikut ini beberapa tipsnya :

1. Sebelum terjun ke dunia bisnis yang ingin anda jalani, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu beberapa strategi berbisnis online.

Untuk bisa mencapai target atau omzet yang anda inginkan, maka anda harus memiliki strategi berbisnis yang matang, pantang menyerah dan selalu berusaha keras. Ini merupakan salah satu kunci utama agar anda bisa meraih kesuksesan.

Jadi, rencanakan dulu apapun yang perlu anda selesaikan sebelum membuka bisnis online. Jangan sampai anda menjalankan bisnis online hanya karena ikut-ikutan teman, ikut-ikutan trend, atau parahnya lagi hanya asal jual produk yang bahkan sama sekali tidak menarik di mata masyarakat.

2. Lakukan Riset Pelanggan

Anda wajib melakukan riset pelanggan sebelum anda mulai membangun bisnis online. Pasalnya, anda perlu mengetahui kebutuhan pasar hingga target pemasaran dari produk yang anda jual.

 

Caranya cukup mudah, sahabat entrepreneur! Anda cukup mencari tahu mengenai produk apa yang saat ini dibutuhkan oleh pasar. Anda juga harus menentukan target pelanggan yang akan menjadi fokus anda. Anda bisa menentukannya melalui indikator jenis kelamin hingga usia calon pelanggan produk anda.

Misalkan saat pandemi Covid-19 seperti ini, mungkin sudah ada banyak sekali orang yang menjual masker. Akan tetapi, kita bisa lihat bahwa cukup jarang usaha yang memproduksi masker yang nyaman digunakan untuk balita dengan motif yang bisa menarik minat anak kecil.

Atau mungkin, anda juga bisa menjual satu set baju atau kaos casual dan masker dengan motif yang senada. Dengan melakukan riset seperti ini, produk anda pasti akan laku di pasaran!

3. Tawarkan diskon dan promosi hadiah gratis!

Biasanya, masyarakat akan lebih tertarik dengan produk yang ditulis dengan harga diskon. Apalagi, jika tertulis “Beli satu, gratis satu”.

Jangan lupa, anda juga bisa memberikan tenggang waktu untuk produk diskon tersebut. Contoh : “Diskon 30% mulai tanggal 1-7 Maret 2021. Jangan sampai kehabisan!”

Manusia itu memiliki istilah FOMO, yaitu “Fear of Missing Out”. Manusia itu cenderung takut kehilangan, takut kelewatan, dan takut ketinggalan. Jadi, hal ini termasuk unsur mendesak. Otomatis, unsur ini menjadi salah satu unsur marketing dalam bisnis online yang sangat cocok untuk anda terapkan.

4. Gunakan seluruh media sosial atau marketplace yang ada untuk menawarkan produk yang anda jual

Yang namanya bisnis online, tentunya membutuhkan akun media sosial dan marketplace sebagai tempat untuk menjual produk yang ingin ada pasarkan.

Hal ini merupakan metode yang praktis dan ekonomis, karena hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki akun media sosial. Bahkan, tak jarang netizen yang hanya sekedar melihat-lihat di sebuah marketplace, namun ujung-ujungnya membeli produk yang sebenarnya tidak mereka butuhkan karena produk tersebut sedang diskon atau sangat eyecatching. Jika anda bisa menjual di berbagai akun media sosial dan marketplace, tentunya cara berikut ini dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Selain membuat akun media sosial, anda juga harus membuat akun di beberapa situs marketplace atau situs jual beli online. Contohnya adalah seperti di Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak dan lain-lain.

Anda juga bisa membuat website sendiri agar produk anda semakin menarik minat masyarakat. Dan jangan lupa, tautkan kontak anda dan berikan fast response agar konsumen anda tidak kabur ke toko online lainnya!

Sekian tips untuk membangun bisnis online yang dapat saya bagikan kali ini. Silahkan anda terapkan, semoga bisnis online yang anda jalankan bisa segera membuahkan omzet yang besar ya, sahabat entrepreneur.. Salam hebat luar biasa!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here