Rahasia Aturan 5/25 Yang Dilakukan Warren Buffet

0
164

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Siapa sih yang gak kenal Warren Buffet? Beliau pernah menjadi manusia terkaya nomor dua di dunia. Bahkan sampai hari ini, namanya masih tercatat sebagai salah satu dari 10 orang terkaya di dunia.

Beliau adalah raja investasi dunia. Dan Warren Buffet ini ternyata memiliki aturan 5/25. Apakah anda tertarik dengan rahasia aturan 5/25 ini apa saja?  

Ternyata aturan 5/25 dari Warren Buffet ini prinsipnya sangat sederhana. Jadim yang dimaksud dengan aturan 5/25 ini apa?

1. Tulis 25 goals yang ingin anda capai

Langkah yang pertama ini sangat sederhana sekali. Yakni tulis 25 goals yang ingin anda capai. Seperti yang saya tulis di buku Badai Pasti Berlalu, disitu saya menuliskan 25 keinginan saya.

 

2. Pilihlah 5 goals yang paling menjadi prioritas anda

Lalu langkah yang kedua ini sederhana sekali. Jika anda tidak pernah menulis 25 goals, itu artinya anda tidak punya tujuan. Anda itu hidupnya mau dibawa kemana? Intinya, anda harus tahu goals anda itu apa saja. Jadi, poin kedua adalah pilihlah 5 goals yang paling menjadi prioritas anda.

Anda tidak bisa melakukan semuanya berbarengan, karena otak itu harus ada titik fokusnya. Dan cara kerja Warren Buffet ini adalah ia selalu mengajarkan bahwa ada 5 goals yang harus menjadi prioritas anda. Sama dengan wacana pemerintah : 5 Destinasi Paling Prioritas Tahun Ini.

Sebenarnya ada banyak yang mau digarap, tetapi kelima hal ini yang diprioritaskan terlebih dahulu. Jika 5 destinasi tersebut dikembangkan di kawasan ekonomi khusus, maka baru bisa dilaksanakan.

Jadi, pemimpin itu harus memiliki pemikiran seperti ini. Yang mau dikerjakan banyak, namun ‘super prioritas’ dari beberapa prioritas itu yang mana saja? Intinya, 5 goals tersebut harus anda jadikan prioritas utama.

 

3. Jangan pernah memikirkan 20 goals lainnya

Kemudian langkah yang ketiga adalah jangan pernah memikirkan 20 goals lainnya. Misalkan anda ingin beli mobil. Kapan? Warnanya apa? Semua itu harus jelas. Kedua, anda ingin punya rumah. Tulis, anda ingin memiliki rumah yang modelnya seperti apa. Kemudian yang ketiga dan seterusnya juga begitu.

Tulis dengan jelas seperti apa rincian dari kelima prioritas anda tersebut. Bagaimana dengan 20 goals lainnya? Lupakan saja. Itulah prinsipnya Warren Buffet. Karena menurut beliau, jika anda ingin semuanya maka tidak akan ada yang tercapai.

Intinya, hal ini sama dengan resolusi awal tahun, resolusi pertengahan tahun dan resolusi akhir tahun. Seringkali resolusi yang kita tulis itu tidak tercapai. Namun jika anda bisa mencapai 5 dari 25 goals yang anda tulis, itu sudah cukup.

Maksud dari ‘lupakan 20 goals lainnya’ itu apa? Yang terpenting, anda itu bisa lebih cepat mewujudkan keinginan anda. Bisa jadi ketika anda berhasil mewujudkan kelima goals yang menjadi prioritas anda tersebut, maka 20 goals lainya akan menyusul. Itulah sebabnya Warren Buffet selalu berprinsip ‘lupakan goals yang lain’.

Jadi sahabat entrepreneur, itulah tiga langkah dari aturan 5/25 milik Warren Buffet. Jika anda terapkan, saya doakan anda akan menjadi Warren Buffet berikutnya.

 Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here