Simak, Inilah yang Harus Dipersiapkan untuk Menjalankan Bisnis Laundry Bagi Pemula part 2

0
58

SB30 – Sahabat entrepreneur, kali ini kita akan membahas kelanjutan dari artikel sebelumnya, yakni tentang rintangan apa saja yang harus anda ketahui dan strategi apa saja yang bisa anda lakukan demi mengembangkan usaha bisnis laundry anda.

Setiap anda menjalankan sebuah usaha apapun, hambatan dan juga rintangan pasti akan datang sewaktu-waktu. Tidak menutup kemungkinan, halangan itu juga bisa menimpa bisnis laundry anda.

Jadi, berikut ini adalah berbagai rintangan yang akan anda hadapi ketika menjalankan usaha jasa laundry :

  1. Banyaknya kompetitor yang membuka usaha serupa. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang biasa. Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan pelanggan tentunya harus tetap dijaga. Berikan pelayanan yang baik agar pelanggan puas dengan pelayanan jasa laundry milik anda agar mereka mau kembali lagi ke tempat usaha anda.
  2. Pelanggan biasanya meminta waktu pengerjaan yang cepat. Maka dari itu bila usaha anda dalam kondisi ramai, maka anda perlu mengatur waktu agar tidak mengganggu pelayanan anda terhadap pelanggan.
  3. Masyarakat yang sudah mempunyai mesin cuci sendiri, sehingga mengurangi potensi pelanggan anda.

 

Untuk megatasi berbagai rintangan tersebut, maka anda perlu menggunakan strategi yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa strategi menjalankan usaha jasa laundry yang tepat :

1. Pilihlah lokasi yang tepat

Untuk menjalankan bisnis apapun, lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pemasaran. Begitu juga usaha laundry. Pemilihan lokasi yang baik akan menentukan bisnis anda ramai atau tidak. Untuk usaha jasa laundry, pilihlah lokasi-lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, atau kontrakan.

Hal itu dikarenakan biasanya orang yang tinggal di lokasi itu tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan aktivitas mencuci, oleh karenanya biasanya mereka lebih memilih untuk mengunakan jasa laundry.

2. Sesuaikan harga

Sebelum membuka usaha, ada baiknya anda melakukan riset sederhana untuk mengetahui harga pasaran untuk usaha jasa ini. Anda bisa melihat berapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Buatlah harga yang sesuai dengan pelayanan yang anda berikan terhadap pelanggan. Pada dasarnya pelanggan tidak akan merasa keberatan dengan membayar sedikit lebih mahal asal mereka puas dengan pelayanan yang anda berikan.

3. Berikan pelayanan ekstra

Bila sudah ada banyak yang membuka bisnis serupa, anda harus mempunyai faktor pembeda dari yang lain. Berikanlah pelayanan ekstra seperti memberikan pilihan minyak wangi, anti kusut, pelayanan antar jemput.

Selain itu, dalam usaha jasa laundry ketepatan waktu adalah hal yang mutlak anda jaga. Jangan sampai pelanggan Anda kecewa karena pakaian yang mereka cuci tidak diselesaikan dengan tepat waktu. Buatlah pelanggan anda cinta mati dengan pelayanan jasa laundry yang anda berikan agar mereka tidak berpindah ke kompetitor.

4. Perhatikan kualitas

Pelajari teknik-teknik mencuci agar pakaian tidak kusam dan luntur. Hal ini penting bila hasil cucian baik, bersih dan wangi maka customer akan kembali lagi ke tempat anda.

5. Rekrut tenaga kerja yang tepat

Rekrut karyawan yang sesuai dengan bidang yang akan dikerjakan. Pisahkan antara karyawan bagian administrasi dengan bagian cuci, agar waktu kerja mereka bisa efektif. Untuk penambahan karyawan diperlukan bila usaha jasa laundry kiloan anda sudah berkembang. Sedangkan di awal usaha mungkin semua pekerjaan bisa di handle oleh satu orang. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here