Trend Menabung di Era DIGITAL Mulai dari 15.000

0
15

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Banyak orang yang bertanya kepada saya tentang Bitcoin. Memang dari dulu saya tidak ingin membahasnya. Namun karena banyak yang penasaran, maka kali ini saya putuskan untuk membahasnya. Apakah Bitcoin itu termasuk penipuan atau scam? Apakah Bitcoin itu sifatnya menyesatkan masyarakat? Dan apakah pro kontranya?

Jadi, judul kali ini adalah : “Trend Menabung di Era DIGITAL Mulai dari 15.000”.

Jadi begini sahabat entrepreneur.. Bitcoin ini merupakan mata uang digital. Saya tidak akan pernah memperkenalkan sebuah instrumen investasi yang sangat berbahaya dan akhirnya seringkali masyarakat itu berinvestasi menggunakan uang yang bukan merupakan ‘uang nganggur’. Namun yang digunakan adalah uang untuk perputaran bisnis, uang sekolah, uang kuliah, bahkan uang susu anak. Oleh sebab itu, channel SB30 sangat anti memperkenalkan investasi sejenis itu, kecuali bitcoin.

Jadi, bitcoin ini merupakan mata uang digital.

Kita lihat, Facebook sudah membuat digital asset bernama Libra. Karena pihak Facebook juga ingin semua transaksi di platform Facebook seperti iklan dan jual beli itu menggunakan Libra. Jika selama ini anda menggunakan kartu kredit atau transfer dulu baru iklannya bisa diterima, sekarang anda bisa menggunakan token Libra. Jadi apabila anda tidak memiliki token Libra, maka otomatis anda tidak bisa bertransaksi dengan Facebook.

CEO Mark Zuckerberg gestures while delivering the keynote address at the Facebook F8 Developer Conference in San Francisco, America.
(AP Photo/Eric Risberg)

Jadi, sekarang Facebook sudah memperkenalkan Libra sebagai sarana pembayaran. Cepat atau lambat, semuanya pasti akan seperti itu. Sama seperti di Timezone. Jika anda hanya punya uang tunai, maka uang itu tidak akan bisa anda gunakan. Jadi, uang tersebut harus anda belikan token coin Timezone dulu, barulah anda bisa menggunakannya untuk bermain di Timezone. Begitu pula cara kerjanya dengan token PLN. Exchanger yang menjual token seperti ini sudah tersedia di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret.

Intinya, semua itu konsepnya sama. Jadi, apakah Bitcoin itu termasuk penipuan? Tidak. Tetapi Bitcoin dipandang negatif karena selama ini ada banyak oknum yang menyalahgunakan penggunaan Bitcoin yang diperkenalkan sebagai mata uang digital yang menghasilkan untung secara instan, istilahnya mungkin ‘menambang Bitcoin’.

Jadi, barang yang baik itu kalau jatuh di tangan yang salah, pada akhirnya barang tersebut juga akan terkena imbas negatifnya. Namun apabila barang yang baik itu berada di tangan yang benar, maka sudah pasti barang ini punya valuasi atau nilai yang benar pula.

Sekali lagi, manusia tidak bertanggung jawab di dunia ini sangatlah banyak.

Mereka sudah terbiasa dengan penipuan atau scammer.  Mereka itu suka melakukan money game. Dan SB30 sangat anti dengan hal seperti itu.

Kalau dulu saya sudah memperkenalkan tentang 3 cara menabung, yaitu menabung emas, saham dan properti. Namun beberapa tahun belakangan ini, mulai diperkenalkan investasi menabung digital asset. Itulah sebabnya anda juga harus tahu mana digital asset yang baik. jangan sembarangan membeli token atau koin, karena apabila anda tidak paham cara perputarannya, maka digital asset ini akan percuma.

Mungkin dalam hitungan hari kenaikannya bisa sampai ratusan, bahkan ribuan persen. Kemudian, besoknya bisa jatuh lagi. Seringkali kita itu mudah termakan janiji-janji manis. Namun jika anda ingin mencoba investasi digital asset, anda harus menggunakan aplikasi Luno, yaitu aplikasi yang dapat memberikan anda edukasi positif tentang investasi digital asset. Saya sendiri sudah mendownload aplikasi ini. Dari Luno, saya mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana cara agar pemula bisa mengelola aset digital dengan baik. Anda bisa membeli aset digital melalui Luno, bahkan hanya dengan 15 ribu Rupiah..!

Jadi, sama dengan investasi emas online. Anda juga bisa investasi aset digital cukup dengan 15 ribu Rupiah saja.

Jadi, minimal anda bisa sisihkan sebagian kecil pemasukan anda untuk investasi di investasi digital asset dan juga emas. namun skeali lagi, investasi itu harus menggunakan ‘uang nganggur’ yang bisa anda letakkan selama beberapa bulan. Dan anda jangan melihat apakah harganya naik turun. Itu wajar, karena penggunanya masih sedikit.

Saya ilustrasikan bahwa aplikasi tersebut merupakan rumah kost. Apabila di dalam rumah kost itu ada 3 kamar, lalu penghuninya pergi satu, maka anda kehilangan 33% penghasilan anda. Namun apabila rumah kost anda itu berisi 20 kamar dan anda kehilangan 3 penghuni kost, anda masih punya 17 penghuni lainnya. Disini sudah ada kestabilan income karena 3 penghuni tersebut tidak sampai 20% income anda.

Begitu pula dengan digital asset, karena ini juga merupakan mata uang. Di industri 4.0 ini karena penggunanya masih sedikit, mungkin anda merasa rugi berinvestasi Bitcoin. Karena anda membeli Bitcoin dengan harga tinggi, namun beberapa bulan kemudian harganya jatuh dan anda merasa tertipu. Padahal anda bukan ditipu, melainkan anda adalah the first comer atau pemula dalam dunia aset digital. Sama juga dengan pemula di dunia saham. Karena terlalu sedikit penggunanya, maka mengakibatkan harganya naik turun. Harganya sangat fluktuatif.

Bagi anda investor pemula yang mengharapkan untung cepat, anda salah. Dan Luno ini merupakan salah satu aplikasi exchanger yang baik untuk mengedukasi masyarakat kita agar paham cara menggunakan aset digital di masa yang akan datang.

Jadi sekali lagi, apakah Bitcoin itu penipuan? Tidak.

Apakah Bitcoin memiliki prospek yang baik ke depannya? Pasti.

Saya yakin semua perusahaan besar ke depannya akan menggunakannya. Jadi, anda harus paham dulu apa itu investasi. Dan yang diinvestasikan itu harus uang nganggur, bukan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi modal kerja.

Demikian sahabat entrepreneur, semoga topik kali ini bermanfaat. Dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

Trend Menabung di Era DIGITAL Mulai dari 15.000

Trend Menabung di Era DIGITAL Mulai dari 15.000

Banyak orang yang bertanya kepada saya tentang Bitcoin. Memang dari dulu saya tidak ingin membahasnya. Namun karena banyak yang penasaran, maka kali ini saya putuskan untuk membahasnya. Apakah Bitcoin itu termasuk penipuan atau scam? Apakah Bitcoin itu sifatnya menyesatkan masyarakat? Dan apakah pro kontranya?

Jadi, judul kali ini adalah : “Trend Menabung di Era DIGITAL Mulai dari 15.000”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here