1 Hal yang tidak mudah saya lakukan

0
430

1 Hal yang tidak mudah saya lakukan

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah : “1 Hal yang Tidak Mudah Saya Lakukan”.

Baik, jadi mengapa saya mau membahas topik ini? Karena ini sangat berkaitan dengan banyak teman-teman, banyak murid-murid atau banyak pertanyaan dari para subscriber bertanya seperti ini, “Pak, kalau saya melihat orang yang sukses, yang berhasil, mengapa saya pun juga ingin seperti mereka?”

Anda mungkin melihat orang yang sudah punya aset banyak, anda pun termotivasi. Anda melihat orang yang punya income ‘sekian’ dalam satu bulan, anda pun termotivasi, ingin seperti mereka juga. Anda melihat teman anda yang sudah punya mobil, sudah punya rumah, anda pun termotivasi ingin seperti mereka.

Anda pun sering melihat teman-teman anda. Akhirnya anda selalu melihat keluar, selalu melihat keluar. Ini tidak salah. Tetapi sekali lagi, anda bisa lihat di video saya sebelumnya, “3 Level Impian“, hal seperti itu tadi adalah impian yang sifatnya suka ikut-ikutan, dan itu biasanya tidak terlalu efektif. Karena apa? Karena anda cuma “ingin”, tapi belum tentu anda bisa mendapatkannya.

kalau bicara keinginan, semua orang punya keinginan. Saya ingin kurus, saya ingin kaya, saya ingin menjadi miliarder. Semua orang ingin. Siapa yang tidak ingin? Tetapi belum semua orang mampu membuat suatu pengorbanan besar dalam hidupnya untuk melakukan hal itu. Topik saya hari ini adalah tentang satu hal yang tidak mudah saya lakukan. Yaitu apa? “BERTUMBUH SETIAP HARI“. Grow. Apa maksudnya bertumbuh?

Kalau kita mengambil prinsipnya orang Jepang, yaitu ada prinsip yang namanya “KAIZEN“. Apa itu kaizen? Kaizen itu berbicara tentang bagaimana setiap harinya mereka harus bertumbuh 1%. Mungkin anda berkata 1% itu kecil, tetapi 1 tahun itu mencapai 365%. 3 tahun? 1000%. Pertanyaan saya, bisakah anda bertumbuh 1000% dalam waktu 3 tahun? Itu tidak mudah. Bertumbuh dalam hal apa? Dalam segala hal.

Kalau anda adalah seorang pemarah, contohnya. Bisa atau tidak anda meredam amarah anda? Kalau anda suka ngemil setiap harinya, bisakah anda mengurangi kebiasaan ngemil anda? Dan itu setiap hari bertumbuh. Ini hal yang tidak mudah. Karena setiap hari harus ada progress. Setiap hari tidak ada konsep penurunan. Setiap hari harus ada kemajuan. Inilah yang paling tidak mudah saya lakukan.

Oleh sebab itu, saya tidak menuntut anda hari ini harus mencapai “anda menjadi siapa” anda harus mencapai income berapa. Bagus jika anda mempunyai impian seperti itu. Tetapi 1 poin yang ingin saya sampaikan adalah, “anda tidak perlu menjadi orang lain“. Tetapi anda cukup lebih baik dari diri anda yang kemarin. Saya ulangi, anda tidak perlu menjadi seperti orang lain. Tidak perlu meniru target orang lain. Anda cukup menjadi lebih baik dari diri anda yang kemarin.

Jadi contohnya, kalau kemarin berat badan anda 70 kg, target anda 40 kg, hari ini cukup dikurangi menjadi 70 kurang 2 ons. Atau 69,8 kg. Itu sudah cukup. Tetapi besoknya, pastikan turun menjadi 69,6 kg. Besoknya lagi, pastikan turun menjadi 69,4 kg. Ini yang paling tidak mudah. Anda tidak perlu menurunkan berat badan secara drastis langsung menuju 40 kg. Saya tidak minta seperti itu. Tetapi saya minta anda bertumbuh setiap hari. Bisakah anda melakukannya? Dan tidak ada kata penurunan setiap hari.

Contoh, kalau anda menabung. Konsisten saja dalam menabung, nominal 1000 Rupiah apakah kecil bagi anda? “Ah, kecil. 1000 Rupiah bisa dapat apa sekarang?” Mungkin bagi anda 1000 Rupiah itu kecil. Tetapi, saya minta 1000 Rupiah setiap hari. Maka 1000 Rupiah dikalikan dalam sebulan menjadi 30 ribu Rupiah. Tapi anda harus melakukannya secara konsisten. Setiap hari dinaikkan. Kalau hari ini 1000, besoknya menabung 1100. Besoknya 1200. Besoknya lagi 1300. Tidak ada kata penurunan. Tetapi setiap hari harus ada progress, meskipun itu kecil.

Ini adalah satu hal yang tidak mudah saya lakukan. Tetapi tetap harus saya lakukan. Karena kalau anda mau bertumbuh, anda mau menjadi besar, anda mau maju, tidak ada kata penurunan. Yang ada adalah, anda harus menuntut diri anda untuk lebih baik dari diri anda yang kemarin. Barulah anda bisa menjadi pencetak-pencetak rekor. Barulah anda bisa menjadi orang yang hebat dan luar biasa.

Baik sahabat entrpreneur, semoga video kali ini bisa me-refresh kita bersama. Bila anda menyukai channel seperti ini, silahkan klik subscribe, dan anda bisa berbagi kepada teman-teman anda untuk hidup yang lebih termotivasi dan hidup yang lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply