10 Tips Untuk Mengubah Otak Anda Menjadi Pabrik Ide Kreatif

0
696

10 Tips Untuk Mengubah Otak Anda Menjadi Pabrik Ide Kreatif

kreativitas kita dapat bervariasi dalam berbagai style, tetapi kita tidak pernah bervariasi dalam kualitas.

Saya percaya bahwa kita semua terlahir sebagai manusia kreatif. kreativitas kita dapat bervariasi dalam berbagai gaya, tetapi kita tidak pernah bervariasi dalam kualitas. Dan sementara anda telah kehilangan kontak dengan departemen penghasil ide anda, sebenarnya anda selalu dapat mencapainya lagi.

Berikut adalah 10 tips tentang cara untuk mulai memproduksi ide-ide kreatif setiap hari.

1. Mulailah dengan membuat “notebook ide”.

Anda harus selalu membawa buku catatan dan menulis segala sesuatu. Sebuah ide itu seperti umpan, setelah anda dapat melihat sekilas sebuah ide, maka anda dapat menggunakannya untuk menangkap ide-ide besar dan lebih baik lainnya. Tuliskan semua yang anda pikirkan yang  mungkin dapat menjadi titik awal.

Terkait: 4 Kesalahan Harian yang Dapat Membunuh Kreativitas Anda

2. Pegang dengan kuat sesi brainstorming.

Inilah yang harus anda lakukan ketika anda pergi memancing. Biarkan pikiran anda berkhayal dan pergilah dari satu ide ke ide yang lain. Ini adalah waktu dimana tiba-tiba anda tidak dapat berpikir jernih atau mendapatkan ilham. Sesi brainstorming akan mengubah pikiran anda ke mode kreatif.

3. Menulis 10 ide-ide baru setiap malam.

Pikirkan ide-ide tersebut sebagai rencana untuk besok. Tuliskan ide-ide baru sebelum anda pergi tidur dan bangunlah keesokan harinya untuk pekerjaan anda. Melakukan hal seperti ini akan memberi anda panduan melangkah dan dapat mencegah anda kehilangan kreativitas. Saya melakukan ini setiap malam. Sangat mudah untuk mendapatkan enam ide di kepala, namun terkadang empat ide yang harus ditulis berikutnya harus memakai kekuatan otak ekstra. Cobalah..!

4. Menggambarkan ide yang ada di kepala anda.

Biarkan coretan tangan anda di atas kertas dan pikiran anda berkhayal. Coba ekspresikan ide-ide anda ke dalam gambar dan sketsa. Dan ingat, anda tidak perlu menjadi seorang seniman sungguhan untuk mendapatkan sebagian besar manfaat dari gambar anda. Ini menyenangkan. Saya suka menggambar untuk membangun website saya.

5. Carilah pengalaman.

Tuntunlah diri anda menuju sebuah pengalaman hidup yang bermakna. Jika anda mengalami hal-hal baru, maka akan memperluas perspektif anda dan akan memberi anda “kolam inspirasi” yang lebih besar. Orang dengan kehidupan yang penuh aktivitas jauh lebih baik ketika baru memulai, karena ia akan menjadi orang yang kreatif dan menghasilkan ide-ide baru.

6. Matikan gadget dan barang elektronik anda.

Anda harus menjauh dari komputer. Bahkan ketika anda sedang berada pada sesi brainstorming atau mencatat ide anda di notebook, gunakan bolpoin dan kertas. Matikan gadget anda dan hapus pikiran anda dari gangguan. Ketika anda sudah fokus, anda akan mendapatkan manfaat. Tidak hanya membuat anda lebih terjaga dari rasa kantuk, tetapi snda akan mengarahkan perhatian anda dengan lebih baik dan memaksimalkan produksi ide-ide baru.

7. Minum kopi.

Kopi dapat ‘membangunkan’ otak dan bunga api kreativitas anda. Anggap saja kopi sebagai bahan bakar untuk generator ide anda. Gabungkan tips ini dengan salah satu tips sebelumnya, maka anda akan merasa otak anda dapat berpikir tanpa batas. Saya hanya meminum kafein beberapa kali per bulan. Jadi ketika saya meminum kopi, akan memiliki efek mendalam pada saya ke titik dimana saya merasa seperti saya bisa berjalan melewati dinding pembatas dan melihat masa depan.

8. Kelilingi diri anda dengan materi.

Anda harus bergaul dengan orang-orang kreatif, orang-orang yang dapat menginspirasi anda dan memberikan umpan balik. Jaringan dan ide-ide baru akan saling bermunculan. Dapatkan inspirasi dari orang-orang di dalam kelompok sosial anda, kemudian perluas kelompok sosial anda. Dan jika ide memanggil anda untuk mengerjakannya bersama rekan anda, dengan segala cara, cobalah untuk berkolaborasi.

9. Selesaikan sesuatu.

Anda harus mencoba ‘mode menyelesaikan sesuatu’. Setelah anda mulai memikirkan ide, berpikirlah melalui ide tersebut dan jangan tinggalkan ide anda. Ketika anda dapat menyelesaikan sesuatu, maka akan meningkatkan hormon dopamin di dalam otak anda. Hal ini juga membantu membangun keinginan anda yang pada saatnya akan mengembangkan kebiasaan.

10. Jangan menempatkan diri anda di bawah.

Jangan pernah berpikir bahwa anda tidak cukup kreatif atau tidak memiliki kreativitas. Kreatif adalah tentang suasana hati, bukan tipe otak. Beri diri anda waktu untuk istirahat jika ide tidak datang secara alami dan tetaplah tenang. Daripada memaksa, buatlah kebiasaan untuk memproduksi ide-ide dan menyadari bahwa kebiasaan seperti ini akan memakan waktu.

Apakah anda membutuhkannya untuk pekerjaan anda atau anda ingin menjalani kehidupan yang lebih kreatif, ubahlah otak anda menjadi sebuah pabrik pembangkit ide yang dapat mengubah hidup anda pada level apapun.

PERHATIAN : Ciptakan ide-ide kreatif dengan menanggung risiko anda sendiri, efek dari menciptakan ide adalah bisa memperkaya kecerdasan otak anda, anda menjadi lebih terfokus, dan anda dapat menjalani hidup anda dengan lebih kreatif. Anda akan memiliki lebih banyak waktu dan menikmati apa saja yang sudah anda lakukan, serta menemukan peluang dan pengalaman baru. Tidak semua orang akan siap untuk efek yang lebih mendalam. Jadi ciptakanlah “Ide” yang bijaksana.

Leave a Reply