11 Kebiasaan yang Dimiliki oleh Orang Yang Bahagia (eps.2)

0
457

11 Kebiasaan yang Dimiliki oleh Orang Yang Bahagia (eps.2)

 

Sahabat entrepreneur, kali ini saya melanjutkan pembahasan dari “11 Kebiasaan yang Dimiliki oleh Orang Yang Bahagia”. Yaitu lanjutan poin keenam sampai poin kesebelas. Simak lanjutannya di bawah ini :

 

6. Hargai apapun yang anda miliki

Luangkan waktu untuk merenungkan apa yang patut anda syukuri. Bukan hanya menghargai hal yang “benar”. Kebiasaan seperti ini juga dapat meningkatkan mood anda, karena kebiasaan itu mampu mengurangi hormon stress kortisol hingga 23%. Setelah melakukan penelitian yang dilakukan di University of California, Davis mengemukakan bahwa orang yang bekerja sehari-hari untuk mengembangkan sikap syukur mengalami peningkatan mood, energi dan kesehatan fisik. Kemungkinan tingkat kortisol yang lebih rendah memainkan peran utama dalam hal ini.

 

7. Berolahraga

Apabila tubuh anda bergerak aktif  selama 10 menit untuk melepaskan GABA, neurotransmitter yang membuat otak Anda terasa tenang dan membuat anda mampu mengendalikan impuls anda. Orang yang bahagia menjadwalkan olahraga secara teratur dan menindaklanjutinya dengan konsisten. Karena mereka tahu bahwa berolahraga memberi dividen besar untuk suasana hati mereka.

 

8. Maafkan, tapi jangan lupakan

Orang bahagia hidup dengan motto :”Anda membodohi saya sekali, anda yang akan malu. Membodohi saya dua kali, saya yang akan malu”. Mereka memaafkan untuk mencegah dendam, tetapi mereka tidak pernah melupakan kesalahan tersebut. Emosi negatif yang datang karena memendam rasa dendam sebenarnya adalah respons dari stress.

Stress bisa menimbulkan konsekuensi buruk bagi kesehatan dan mood anda. Orang-orang yang bahagia tahu cara untuk menghindari hal ini dengan segala cara. Namun, memberikan kata ‘maaf’ tidak berarti mereka akan memberi kesempatan pada pelaku kejahatan. Orang yang bahagia tidak akan terjebak oleh perlakuan buruk dari orang lain. Jadi mereka dengan cepat membiarkan segala sesuatunya berjalan dan bersikap asertif dalam melindungi diri dari bahaya masa depan.

 

9. Kenali perasaan anda

Mencoba untuk menekan emosi anda akan terasa sangat buruk dan tidak baik untuk diri anda. Belajarlah terbuka dengan perasaan anda untuk menurunkan tingkat stress dan memperbaiki mood anda. Sebuah studi bahkan menyatakan bahwa ada hubungan antara berapa lama anda hidup dengan kemampuan anda mengekspresikan emosi anda. Ditemukan bahwa orang yang hidup paling sedikit 100 tahun secara signifikan lebih ekspresif daripada orang rata-rata.

 

10. Berkonsentrasi pada apa yang bisa anda kendalikan

Daripada memikirkan hal-hal yang tidak dapat anda kendalikan, cobalah melakukan usaha anda untuk hal-hal yang dapat anda selesaikan. Apakah catatan pekerjaan anda membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan? Cobalah audiobooks. Apakah jogging membuat kaki anda kram? Cobalah berenang. Kita cenderung lebih sering mengambil sesuatu yang buruk dan membiarkannya menahan kita saat tidak perlu. Orang yang bahagia akan merasa senang ketika mereka mampu mengatasi kegagalan mereka, bukan karena mereka tidak gagal.

Artikel terkait : 10 Pelajaran Keras yang Akan Membuat Anda Lebih Sukses

 

11. Memiliki mindset yang berkembang

Sikap inti seseorang termasuk dalam satu dari dua kategori : pola pikir tetap atau pola pikir yang berkembang. Dengan pola pikir tetap, anda yakin dengan diri anda dan anda tidak bisa berubah. Sikap seperti ini menciptakan masalah saat anda tertantang. Karena apapun yang tampak sulit anda tangani, pasti membuat Aanda merasa tidak berdaya dan kewalahan.

Sedangkan orang dengan mindset yang berkembang percaya bahwa mereka dapat memperbaiki diri dengan berusaha. Hal ini membuat mereka lebih bahagia karena mereka lebih ‘jago’ dalam menangani kesulitan. Mereka juga mengungguli orang yang memiliki pola pikir tetap karena mereka menerima tantangan. Dan juga menganggap tantangan sebagai kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru.

 

Kesimpulan :

Strategi ini tidak hanya akan meningkatkan kebahagiaan anda. Namun juga dapat membuat anda menjadi orang yang lebih baik. Pilih yang paling cocok dengan diri anda dan bersenang-senanglah dengan kebiasaaan baru anda..!

Sahabat entrepreneur, kali ini saya melanjutkan pembahasan dari "11 Kebiasaan yang Dimiliki oleh Orang Yang Bahagia".

Sahabat entrepreneur, kali ini saya melanjutkan pembahasan dari "11 Kebiasaan yang Dimiliki oleh Orang Yang Bahagia".

Sahabat entrepreneur, kali ini saya melanjutkan pembahasan dari "11 Kebiasaan yang Dimiliki oleh Orang Yang Bahagia". Yaitu lanjutan poin keenam sampai poin kesebelas.

Leave a Reply