2 Hal yang Harus Anda Ketahui kalau Anda Mau Lebih Maksimal

0
513

2 Hal yang Harus Anda Ketahui kalau Anda Mau Lebih Maksimal

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, topik saya kali ini adalah : “2 Hal yang Harus Anda Ketahui kalau Anda Mau Lebih Maksimal “.

Sahabat entrepreneur, sebetulnya 2 hal ini secara tidak kita sadari itu mengingatkan diri kita sendiri bahwa sebetulnya setiap dari diri kita memiliki 2 hal tersebut. Tapi seringkali kita tidak mengerti bagaimana cara kita untuk bisa mengaplikasikan 2 hal tersebut.

Perihal yang pertama adalah manusia itu mempunyai tipe optional. Apa itu OPTIONAL? Optional itu artinya adalah manusia itu selalu punya opsi. Ketika dia ada masalah, dia ada opsi baru. Dan dia cukup kreatif. Ketika dia ada problem, dia cukup kreatif menghasilkan sesuatu. Itu tipe Optional.

Tipe manusia yang kedua adalah tipe PROSEDURAL. Prosedural ini adalah manusia yang sangat taat dengan SOP. SOP ini adalah singkatan dari Standard Operating Procedure. Apa yang disuruh oleh guru, dia tidak berani melanggar hukum. Apa yang sudah ditetapkan, dia akan menaati peraturan. Ini tipe yang prosedural sekali. Tipe yang prosuderal ini, boleh dikatakan tidak kreatif. Bahkan dia mematahkan kreativitas karena dia merasa tidak perlu kreatif. Dengan menaati peraturan maka dia akan selamat.

Sahabat entrepreneur, sebagai seorang entrepreneur anda harus mengetahui bahwa di dalam tim bisnis anda itu pasti anda memiliki tipe 2 orang ini. Kalau anda ingin maju dan berkembang, tempatkan 2 tipe manusia ini di tempatnya masing-masing, di posnya masing-masing.

Contoh, kalau anda hari ini menyuruh orang tipe optional mengurus administrasi, mengurus keuangan, atau mengurus pembukuan, maka saya pastikan pembukuan anda tidak akan terurus dengan baik. Administrasinya kacau. Kenapa? Karena dia orang tipe optional, bukan prosedural.

Jadi orang untuk tipe pekerjaan administrasi, keuangan, kemudian pembukuan dan sebagainya, itu harus orang tipe prosedural. Check-list‘nya lengkap. Rapi. Filing‘nya juga sangat bagus. Orang-orang dengan tipe seperti ini dibutuhkan kalau anda memang ingin membuat operational perusahaan anda lebih baik. Tetapi begitu juga tipe prosedural, dia cukup bagus untuk menjaga gawang perusahaan. Tetapi dia tidak cukup bagus jika anda membutuhkannya untuk mencari omzet yang baru. Kemudian harus berhubungan dengan klien-klien yang mungkin “agak ribet”.

Yang seperti ini harus menggunakan tipe orang yang fleksibel. Kalau anda bertemu orang tipe prosedural dan anda tempatkan di bagian depan, misalkan contohnya di bagian ordering. Atau mungkin kalau misalnya di Bank anda tempatkan di bagian teller, maka seringkali customer akan ngambek. Kenapa? Karena sikapnya kaku.

Orang dengan tipe prosedural ini bukan orang yang tidak baik, tetapi mereka adalah orang yang sangat kaku. Karena mereka taat peraturan. Kalau mereka menyalahi peraturan, mereka akan stress dan tidak bisa makan 3 hari 3 malam. Pikirannya sudah aneh-aneh. “Saya bisa dipecat, mungkin saya hari ini tidak terima gaji, anak saya mau makan apa? Blablabla dan sebagainya”. Itu tipe prosedural.

Tetapi kalau tipe optional, mereka bisa fleksibel. Meskipun terkadang mereka bisa menabrak SOP, menabrak peraturan yang sudah ada, tetapi semua itu demi kebaikan bersama. Dan dia tidak ada maksud yang buruk. Orang-orang dengan tipe optional ini sangat dibutuhkan.

Kalau anda hari ini mencari partner, anda harus cek dulu. Anda ini tipe prosedural atau tipe optional? Kalau anda adalah tipe prosedural, jangan mencari partner dengan tipe prosedural. Yang terjadi adalah perusahaan anda akan stagnan. Karena setiap hari hitung-menghitung terus. Tidak ada waktu untuk mencari omzet. Padahal kita setiap hari harus cari omzet. Karena anda setiap hari prosedural.

Kalau anda terlalu prosedural, mungkin dalam mencari omzet pun, mencari target pun harus anda hitung dengan jam.

“Ini belum jam keluar, ini jam untuk makan dahulu. Saya lapar, prosedurnya harus makan siang dahulu. Kalau saya tidak makan siang saya bisa kena maag”. Ini tipe prosedural sekali. Orang yang seperti ini tidak salah, tetapi terkadang klien anda itu bisanya hanya saat makan siang. Dan harus mengorbankan waktunya. Kalau anda tipe optional, mungkin berpikir,

“kenapa tidak makan siang dengan klien saja?”

“Iya benar juga!”

Tipe prosedural pun akhirnya berpikir begitu. Orang-orang seperti ini perlu diingatkan. Tipe optional juga sama. Dia juga butuh orang tipe prosedural. Karena itu, termasuk tips anda di dalam kehidupan. Jika anda suami tipe optional, carilah istri tipe prosedural. Jika anda suami tipe prosedural, carilah istri tipe optional. Jika anda sama-sama bisa saling melengkapi, saya percaya setiap manusia memiliki kelebihan dan kelemahan.

Kalau anda hari ini punya kelebihan dan anda tutupi dengan kelemahan anda, kemudian ditutup oleh kelebihan orang lain, saya percaya anda akan menjadi tim yang sangat hebat. Dan itu juga terjadi pada kehidupan anda sehari-hari di dalam menemukan pasangan.

Jadi dua tipe ini optional dan prosedural, saya percaya kalau anda “put the right man in the right place”, anda letakkan orang yang tepat di tempat yang tepat, anda akan menghasilkan perusahaan yang maksimal, pekerjaan yang maksimal, dan perusahaan yang besar. Begitu juga dengan tim bisnis anda. Jadi kalau di dalam tim anda ada beberapa orang tipe prosedural, dia butuh seorang leader yang tipe optional disitu. Yang bisa memberikan arahan supaya mereka bisa menjadi lebih baik.

Kalau anda punya tipe leader yang prosedural, anda juga harus punya rekan tim bisnis anda yang tipe optional. Kalau anda punya tipe orang-orang yang optional, maka anda akan memiliki ide-ide kreatif, ide-ide gila yang akan merealisasikannya. Dan saya percaya, kalau dua tipe ini saling melengkapi maka perusahaan anda akan semakin besar dan semakin luar biasa. Dan yang pasti, dua hal ini akan membuat perusahaan anda lebih maksimal.

Dengan saya Chandra Putra Negara, bila anda menyukai video ini silahkan klik subscribe, dan silahkan berbagi kepada teman-teman anda sehingga bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi mereka.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply