3 Cara Menggunakan Psikologi Untuk Social Media Marketing

0
376

 

3 Cara Menggunakan Psikologi Untuk Social Media Marketing

 

Apakah anda sedang mencari cara untuk terhubung dengan pelanggan produk anda pada tingkat yang lebih mendalam?

Pernahkah anda berpikir tentang menggunakan psikologi dalam pemasaran anda?

Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran psikologis dasar dalam kegiatan media sosial dapat membantu anda terlihat menarik, terlibat, dan membentuk ikatan emosional dengan target audience anda.

Pada artikel ini, anda akan menemukan tiga cara untuk menggunakan psikologi dalam memasarkan media sosial anda.

Temukan tiga cara untuk menggunakan prinsip-prinsip psikologis dalam memasarkan media sosial anda.

# 1: Berikan Hadiah untuk Mendorong Tanggapan

Jika anda memberi orang sesuatu yang menurut mereka berharga, mereka biasanya akan merasa berhutang budi kepada anda. Untuk memasukkan taktik neuromarketing ini dalam memasarkan media sosial, anda dapat menawarkan hadiah kecil seperti diskon, percobaan gratis, atau panduan sumber daya gratis untuk penggemar anda. Apa pun yang ingin anda tawarkan, tujuannya adalah untuk menjawab pertanyaan : “Apa untungnya bagi saya?”

Pada halaman Facebook mereka, klub sepak bola Spanyol Real Madrid baru-baru ini menawarkan celana pendek gratis dengan pembelian kaos jersey untuk anak dari toko resmi tim tersebut. Hanya dalam satu jam, pos menerima lebih dari 16.000 reaksi dan 63 saham.

a

Follower anda akan membalas jika anda menawarkan mereka hadiah.

Meskipun Facebook raksasa Real Madrid ikut memainkan peran dalam keberhasilan tawaran mereka, taktik ini dapat membantu anda mendorong keterlibatan untuk bisnis dari semua ukuran. Jika anda tidak memiliki banyak uang untuk memberikan hadiah, anda dapat mendorong keterlibatan menggunakan hadiah aplikasi gratis.

Anytime Fitness menawarkan pengikut Facebook mereka dengan mendownload kalender gratis untuk merencanakan aktivitas mereka masuk dan keluar dari gym dan melacak kemajuan menuju tujuan kebugaran mereka.

b

Bahkan hadiah terkecil dapat membuat keajaiban untuk menarik banyak follower.

Untuk menggunakan taktik timbal balik pada channel sosial anda, kita lihat lebih dekat pada pelanggan anda untuk lebih memahami apa yang mereka sukai dan mereka harapkan. Anda dapat mencari tahu apa yang dapat memaksa mereka untuk terlibat dan datang dengan tawaran yang membuat mereka cenderung untuk berbagi dengan teman-teman.

Tawarkan sesuatu yang berharga untuk audience anda dan pastikan bahwa mereka memberikan sesuatu sebagai balasannya. Misalnya, memberikan diskon 5% atau uji coba produk anda kepada siapa saja yang membagikan dan ikut berkomentar di posting anda. Atau anda bisa menjadi tuan rumah kontes giveaway di mana pengikut dengan ”share” yang paling banyak dan memiliki keterlibatan media sosial terbanyak akan menerima produk gratis.

Dalam tweet di bawah ini, pengguna akan disuguhi kursus desain gratis dengan pertukaran untuk menjadi tester beta dan memberikan umpan balik pada kursus tersebut. Pengguna dapat membalas dengan mengklik pada link untuk diterapkan. Mereka mungkin juga ingin berbagi kabar baik dengan pengikut Twitter mereka, yang merupakan bentuk keterlibatan.

c

Sorot atau berikan “highlight” pada tawaran untuk mendapatkan respon.

Ide di balik taktik timbal balik adalah untuk memaksa aksi terlibat dengan merek anda. Caranya adalah dengan membuat orang merasa berkewajiban untuk anda. Meskipun anda tidak dapat menawarkan giveaway setiap hari, anda dapat selalu memposting sesuatu yang bermanfaat, membagikan informasi yang bermanfaat, tentunya yang berhubungan dengan bisnis anda. Misalnya, jika anda berada di industri kebugaran, anda dapat berbagi artikel dan tips tentang olahraga dan makan sehat.

# 2: Gunakan Pemicu Emosional Untuk Membuat Koneksi Authentic

Terhubung dengan audience anda adalah salah satu cara paling dasar untuk meningkatkan keterlibatan media sosial anda. Taktik neuromarketing ini memanfaatkan reaksi emosional yang dipicu ketika orang merasa terhubung dengan anda. Ketika orang merasa dekat dengan anda dan dapat berhubungan dengan anda, ada kemungkinan besar mereka akan terlibat dengan perusahaan anda.

Untuk membentuk hubungan emosional, anda harus mulai berinteraksi dengan pengikutnya menggunakan cara yang berarti.

Tertawa adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membentuk ikatan emosional yang kuat dengan orang-orang. Seperti yang Chipotle lakukan di sini, anda dapat menggunakan kecerdasan dan humor untuk terhubung dengan pengikut Twitter anda. The Mexican grill memiliki pemahaman yang mendalam dari target penonton mereka dan jenis humor yang mereka gunakan sangat menghargai target mereka. Hal ini akan membantu mereka menghindari untuk menggunakan humor yang mungkin dapat menyinggung follower mereka.

d

Chipotle mendorong keterlibatan Twitter dengan menggunakan tweet ringan.

Chipotle juga sering mem-posting balasan lucu untuk tweets dari fans mereka. Tweets anda dapat menunjukkan antusiasme terhadap produk anda dengan campuran humor yang tepat. Hal ini bekerja baik untuk mengemudi keterlibatan media sosial para follower anda.

e

balasan lucu dapat menjadi besar untuk mengemudi Twitter keterlibatan.

Berikut adalah bagaimana anda dapat melakukan taktik neuromarketing untuk terhubung dengan fans anda :

Pelajarilah audience anda untuk melihat jenis humor apa yang mereka sukai. Ingat bahwa tidak semua orang menghargai sarkasme atau sindiran. Tunjukkan jika anda ingin bercanda dengan penggemar di media sosial tanpa menghina mereka. Share postingan anda beberapa kali untuk memastikan bahwa postingan anda tidak dapat dianggap sebagai posting yang menghina. Jika anda bisa, jalankan dengan tim anda untuk mendapatkan pendapat mereka pada kolom comment.

Bahkan ketika anda berbagi fakta penting tentang perusahaan anda, cobalah untuk berkomunikasi dengan cara ringan atau lucu. Dalam tweet ini, Taco Bell menyoroti adanya menu sarapan dengan harga hanya $1 menggunakan pertanyaan survei lucu.

f

Menceritakan kisah perusahaan anda dalam cara yang lucu dan fans akan tertarik membaca.

 Brainstorm Topic adalah dimana penggemar anda dapat saling terhubung. Cobalah untuk menganalisis posting masa lalu anda dan lihatlah posting mana yang menerima paling banyak keterlibatan dari follower anda. Jika terdapat topik atau sesuatu yang menyebabkan fans membicarakannya, kemudian datang dengan pos lainnya yang terkait dengan topik tersebut.

Strand Book Store biasanya menerima keterlibatan tinggi dari posting Instagram yang memanfaatkan “love” dari fans mereka yang membaca dengan teliti rak-rak pada toko buku tersebut.

g

Cari tahu jenis posting yang menerima keterlibatan besar dari follower anda.

Bukan hanya berbagi atau retweet posting di mana fans sudah mention anda pada posting tersebut, meluangkan waktu untuk bereaksi dan bergabung dengan percakapan. Misalnya, jika penggemar menunjukkan bagaimana mereka telah menggunakan produk anda, tanggapi penggemar anda dengan benar. Mereka akan menghargainya karena anda telah melihat mereka dan mengambil waktu untuk merespon.

h

Menanggapi fans ketika mereka menghubungi anda pada social channels anda.

Anda juga dapat terhubung dengan audience anda dengan menargetkan tanggapan emosional lainnya, seperti kasih sayang atau empati. Mungkin anda bisa membagikan cerita menyentuh dengan audiens anda atau menyoroti beberapa pekerjaan sukarelawan seperti bakti sosial yang telah dilakukan perusahaan anda. Apapun yang anda lakukan, fokuslah pada membangun wajah dan kepribadian untuk bisnis anda.

# 3: Bermitra dengan Pihak Berwenang Terpercaya Dapat Membangun Kredibilitas

Kepercayaan merupakan faktor penting dalam mempengaruhi konversi dan keterlibatan. Jadi apa yang harus anda lakukan jika anda mengambil langkah pertama dalam membangun kepercayaan dengan audience anda? Mulailah bergaul dengan orang-orang atau merek yang telah dipercaya oleh target audience anda. Bangunlah hubungan dengan figur otoritas atau influencer yang dapat memberikan kredibilitas merek anda.

Kosmetik merek Smashbox telah bermitra dengan orang-orang terkemuka di industri kecantikan, termasuk vloggers kecantikan, penata rambut, dan makeup artist. influencer ini mempromosikan produk mereka dengan melibatkan orang yang cukup terkenal melalui media sosial. Vlogger kecantikan YouTube Casey Holmes memposting gambar dirinya mengenakan foundation mereka di akun Instagram-nya. Posting ini menerima lebih dari 29.000 likes dan lebih dari 500 komentar.

i

Bermitra dengan figur otoritas (endorsement) untuk menjangkau audience mereka.

regram Smashbox ini menerima lebih dari 13.000 likes dan meningkatkan keterlibatan media sosial ke akun Instagram perusahaan. Perhatikan bagaimana perusahaan disebutkan bahwa kulit vlogger selalu tampak menakjubkan berkat produk mereka. Itu teknik promosi halus untuk produk yang dapat anda gunakan juga.

j

Pamerkan hubungan anda dengan influencer sosial.

Taktik neuromarketing ini efektif karena orang merespon lebih baik untuk orang-orang yang mereka kagumi. Berikut adalah bagaimana anda dapat mulai bermitra dengan influencer :

Identifikasi jenis influencer seperti apa yang diidolakan target audience anda. Figur otoritas untuk satu industri tidak mungkin sangat berpengaruh di negara lain. Sebuah Variety survei menemukan bahwa bintang YouTube mendominasi lima besar dalam daftar kebanyakan orang berpengaruh untuk Amerika antara usia 13 sampai 18. Namun, jika target pemirsa anda sebagian besar terdiri dari kaum ibu, anda mungkin perlun menjangkau blogger mommy yang populer.

Maskapai Cathay Pacific bermitra dengan blogger wisata Jessica Stein untuk kampanye Life Well Travelled mereka. Jessica berbagi setiap aspek dari pengalaman perjalanannya dari bandara ke penerbangan, dan berbagai tujuan.

k

Influencer adalah cara yang bagus untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan untuk bisnis anda.

Setelah anda mengidentifikasi figur sumber (influencer) seperti apa yang akan membuat audience anda akan memberikan tanggapan yang baik pula, serta mencari calon influencer dalam industri anda. Anda dapat menggunakan Tools seperti Traackr , BuzzSumo , dan Ninja Outreach.

Susunlah daftar influencer potensial dan kemudian pelajari jumlah suka, komentar, share, dan retweets yang mereka dapatkan untuk posting mereka. Anda harus mengetahui influencers mana saja yang paling menarik keterlibatan media sosial dengan audience mereka. Anda juga perlu melihat seberapa aktif mereka terlibat dengan pengikut mereka.

Berikutnya, anda harus menjangkau influencer yang ingin anda pekerjakan dan memberikan nilai proposisi terbaik. Biarkan mereka tahu manfaat apa yang akan mereka dapatkan jika mereka memutuskan untuk bermitra dengan anda dan mempromosikan perusahaan anda. Bekerjalah dengan influencer untuk membangun strategi yang dapat ditindaklanjuti, strategi yang memicu keterlibatan media sosial pada halaman anda. Misalnya, mungkin mereka dapat berbicara tentang perusahaan Anda dalam tweet berikutnya atau posting Instagram, atau menulis review produk di blog mereka dan berbagi di akun media sosial mereka.

Bekerja dengan influencers akan membantu anda membangun kredibilitas untuk perusahaan dan produk anda, yang akhirnya mengarah untuk percaya dan keterlibatan.

Kesimpulan

Taktik neuromarketing tidak hanya dapat meningkatkan keterlibatan media sosial, tetapi juga dapat meningkatkan aspek lain dari kinerja bisnis anda. Misalnya, memberikan hadiah gratis untuk setiap pembelian membantu meningkatkan konversi anda. Membuat hubungan emosional dengan pemirsa dan berinteraksi dengan mereka secara teratur dapat membantu anda membangun pengikut sosial setia.

Dalam waktu yang baik, semua strategi neuromarketing ini dapat mendorong loyalitas merek antara follower anda dan pelanggan yang sudah ada.

Apakah anda telah mencoba taktik neuromarketing untuk mendorong keterlibatan pada social channels anda? Lalu, teknik apa saja yang dapat bekerja dengan baik untuk bisnis anda?

Silakan berbagi pengalaman anda pada komentar di bawah.

Leave a Reply