5 Cara Jitu untuk Melakukan Manajemen Waktu yang Tepat

0
411

5 Cara Jitu untuk Melakukan Manajemen Waktu yang Tepat

 

Belajar memanajemen waktu yang tepat adalah keterampilan. Anda mungkin pernah menemukan beberapa manajer yang kompeten dan pemimpin di sekitar anda yang mungkin unggul dalam apapun yang mereka lakukan. Akan tetapi, belum tentu mereka adalah time keepers’ yang baik.

Jika anda memiliki kebiasaan datang terlambat saat bekerja, temukan cara agar anda tidak terdesak oleh deadline atau tanggung jawab sosial. Mungkin anda perlu memeriksa kembali bagaimana cara anda mengatur waktu anda.

Cobalah untuk mengambil langkah mundur untuk mengakui bahwa anda berjuang dalam manajemen waktu. Ini adalah langkah pertama untuk memperbaiki diri sendiri dan untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghabiskan waktu anda.

Di bawah ini adalah lima cara jitu untuk melakukan manajemen waktu yang tepat :

1. Membuat daftar masalah

Semua orang akan terganggu oleh berbagai masalah. Terkadang bisa disebabkan oleh gangguan internal maupun gangguan eksternal.

Anda harus benar-benar memperhatikan dan membuat daftar semua kegiatan yang mengganggu anda dalam bekerja. Setiap kali anda merasa terganggu oleh sesuatu, anda harus menuliskannya. Tinjaulah daftar masalah anda setelah anda selesai bekerja. Buatlah sebuah usaha untuk menghindari masalah tersebut pada hari berikutnya dan seterusnya.

2. Hindari situs media sosial

Jumlah waktu yang biasa kita habiskan di media sosial setiap hari sangat mengejutkan. Waktu yang terbuang ini harusnya efektif dihabiskan untuk tugas-tugas yang lebih penting (Dan melakukan pekerjaan dimana anda dibayar) di tempat kerja.

Jika anda dapat memanfaatkan sebagian besar waktu yang anda habiskan untuk media sosial dan menggunakannya ke pekerjaan, anda tidak akan pernah merasa terdesak dalam menyelesaikan tugas. Cara terbaik adalah dengan meng-uninstall aplikasi tersebut. Terutama pada jam kerja atau setidaknya meminimalisir penggunaannya. Media sosial bisa anda gunakan pada waktu istirahat atau ketika anda selesai dengan pekerjaan anda.

3. Tetapkan tujuan realistis dan gunakan aplikasi Reminder

Lakukan 5 Hal Ini Dan Selamanya Anda Akan Menjadi Sasaran Pemecatan sukses usia muda usia tua sebelum 30 pemecatan fired pecat phk karyawanBagi sebagian dari kita, setiap hari esok akan membawa tantangan baru. Daripada memilih tugas secara acak dan tanpa batas waktu yang realistis, Anda harus berusaha untuk menetapkan tujuan kecil dan besar untuk hari anda.

Menetapkan tujuan harian dan menggunakan aplikasi reminder akan membuat anda berkomitmen pada tugas. Sehingga membuat anda lebih efisien. Tidak hanya itu, anda akan menjadi lebih produktif dan akan mencapai keberhasilan karena setiap tujuan anda telah terpenuhi.

Sambil menetapkan tujuan dan reminder, anda dapat menggunakan software untuk membantu anda dalam pekerjaan. Ada berbagai software, tak terhitung jumlahnya yang tersedia untuk membantu anda. Temukan satu software yang cocok untuk anda dan working style anda untuk memastikan bahwa anda tetap berada di jalur yang benar.

 

4. Pelajari cara memprioritaskan hal terpenting

priority-1714375_960_720 (1)Sangat mudah bagi kita untuk menghindari tugas-tugas besar atau rumit, yang seharusnya menjadi pusat perhatian kita. Hal ini disebabkan karena kita sibuk dengan tugas-tugas yang kurang penting. Ketika anda kewalahan dengan tugas yang lebih kecil dan lebih mudah, maka tugas yang lebih besar dan lebih rumit akan terasa memberatkan anda.

Pada akhir hari, anda harus mengerjakan seluruh tugas anda, cepat atau lambat. Jadi, berhenti membodohi diri sendiri dan prioritaskan tugas yang paling penting terlebih dahulu. Dengan menyelesaikan tugas yang besar dan rumit terlebih dahulu, maka anda dapat mengatur tugas selanjutnya untuk sisa jam kerja anda selanjutnya. Dengan begitu, anda tidak akan merasa stress dalam bekerja.

5. Melakukan berbagai pekerjaan sekaligus dalam satu waktu

http://www.shemazing.net/wp-content/uploads/2015/10/tired_1794882c.jpg

Ada berbagai penelitian, laporan, dan analisis tentang multi-tasking, apakah hal itu bermanfaat atau tidak. Apapun hasilnya, satu hal yang pasti : Multi-tasking tidak efisien untuk semua orang.

Anda mungkin merasa lebih nyaman jika anda mengerjakan semuanya sekaligus dan terlihat sangat sibuk. Akan  tetapi kualitas dari pekerjaan dan semua tugas yang akan dikompromikan.

Bila anda melakukan multi-tasking, maka pikiran anda tidak dapat terfokus. Tingkat konsentrasi dan dedikasi tidak akan sama dengan ketika anda berfokus pada satu bagian dari pekerjaan dibandingkan dengan melakukan beberapa hal sekaligus. Sebuah kompromi dalam produktivitas juga akan mempengaruhi timelines anda.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

 

Belajar memanajemen waktu yang tepat adalah keterampilan.

Belajar memanajemen waktu yang tepat adalah keterampilan.

Belajar memanajemen waktu yang tepat adalah keterampilan. Ini adalah langkah pertama untuk memperbaiki diri sendiri dan untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghabiskan waktu anda.
Di bawah ini adalah lima cara jitu untuk melakukan manajemen waktu yang tepat :

Leave a Reply