5 LEVEL PENGUSAHA – Pengusaha Level 1 Self Employed

0
3328

5 LEVEL PENGUSAHA – Pengusaha Level 1 Self Employed


Klik disini untuk melihat di YouTube

Pada topik kali ini saya akan membahas sebuah topik yang sangat penting bagi pengusaha manapun yaitu “5 Level Pengusaha”.

Di video-video sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana rahasia mencetak omzet 3M per bulan, bagaimana anda mem- break down nya menjadi 100 juta per hari, bagaimana membuat target itu pasti tercapai dan sebagainya.

Segala sesuatu bisa dihitung. Tapi pertanyaan saya adalah bukan bagaimana cara menghitungnya, tapi bagaimana anda mencapainya. Itu jauh lebih penting.

Dan oleh sebab itu, di 5 level pengusaha ini tentu sama. Pengusaha itu pun ada levelnya. Sama seperti kalau anda itu olahraga bela diri.

Jadi tingkatan bela diri dilihat dari sabuknya. Sabuk putih, atau yang paling tinggi mungkin sabuk hitam. Atau mungkin kalau misalnya anda atlet, ada levelnya.

Kalau atlet, level tertinggi namanya olympian. Anda bisa bertanding di olimpiade. Itu namanya atlet.

Kalau pengusaha juga sama, level yang paling tinggi itu namanya “the real entrepreneurs”.

Itu di level yang kelima. Pengusaha ada jenjangnya juga.

Banyak orang tidak mengerti bahwa pengusaha itu ada levelnya juga.

Oleh sebab itu, di kesempatan kali ini saya akan membahas dari level yang pertama.

Yaitu pengusaha level pertama. Sebelum kita memasuki level pertama, buku dari 5 level pengusaha ini saya juga terinspirasi dari bukunya Bradley Sugar.

Bradley Sugar ini adalah seorang Business Coach yang mendirikan perusahaan bernama Action Coach. Dimana beliau menginspirasi dan mendefinisikan pengusaha itu ada 5 level.

Jadi referensinya dari buku beliau, dan beliau juga termasuk salah satu seorang business coach yang cukup sukses di dunia.

Brad Sugar sendiri mendefinisikan 5 Level of Entrepreneurs atau 5 level pengusaha yang sekarang saya terjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

Dan ini juga sangat berkaitan dengan video saya yang pertama yaitu “Mindset dan Mental Orang  Sukses”. Video ini mendefinisikan bagaimana seseorang dibagi menjadi empat kuadran, cash flow.

Jadi bagaimana arus kas itu dibagi dari 4 cash flow, dari level E,S,B, dan I.

E itu adalah Employee, S itu adalah Small business Owner, B adalah Business Owner, dan I adalah Investor.

Kalau saya mau samakan sebenarnya hampir mirip, antara ESBI dengan level pengusaha ini.

Kalau E adalah Employee, yaitu kalau di 5 level pengusaha ini adalah level paling 0, atau level paling bawah.

Yaitu employee alias karyawan. Anda belum menjadi pengusaha sama sekali.

Sedangkan kuadran S, itu kalau di 5 level pengusaha adalah level 0 dan level 1.

Di kuadran S, atau Small Business Owner atau Self Employed.

Kemudian di kuadran B yaitu level pegusaha level kedua dan level ketiga.

Pengusaha level kedua dan ketiga itu di kuadran B, atau Business Owner.

Sedangkan di kuadran I atau Investor, anda adalah level 4 dan level 5.

Sekarang saya akan mengajak anda bagaimana naik kuadran. Dari level 0, sampai ke level 5.

Disini saya akan membahas level pertama. Level 0 saya tidak bahas karena level 0 adalah karyawan.

Level pertama adalah apa yang harus anda siapkan untuk menjadi pengusaha level pertama.

Jadi yang pertama, level pertama adalah pengusaha yang paling dasar anda bisa melihat video-video sebelumnya yaitu tips bisnis untuk pemula dan sebagainya. Disitu saya sudah membahas cukup banyak. Biasanya kalau level pertama itu anda mulai dulu dari yang namanya menjadi seorang makelar. Atau anda bisa memasarkan produk orang lain.

Level pertama ini didefinisi dari yang namanya Self Employed. Saya ulangi, level pertama ini adalah pengusaha level pertama yaitu Self Employed.

Self Employed ini biasanya belum memiliki produk sendiri. Tapi dia memasarkan produk orang lain. Atau bisa juga anda dengan cara komisian. Misalnya anda memasarkan produk orang lain, anda mendapatkan keuntungan. Atau bisa menjadi seorang reseller. Anda ikut memasarkan dan anda mendapatkan komisi dari situ.

Tapi kalau seandainya anda ingin menciptakan produk anda sendiri, dan anda bisa memasarkannya sendiri, itu namanya UKM. kalau di Indonesia ini UKM termasuk level pertama.

UKM itu kalau di pemerintahan RI itu masuk dalam menteri koperasi dan UKM.

menteri koperasi dan UKM ini kalau di Indonesia itu namanya masuk di dalam himpunan KADIN, atau Kamar Dagang Indonesia.

Kalau mungkin usianya 40 ke bawah, itu namanya HIPMI, atau Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Itu adalah badan ataupun lembaga atau himpunan yang resmi di Indonesia. Biasanya UKM ini sendiri pekerjaannya Cuma 2, ini yang harus anda lakukan kalau anda ingin menjadi pengusaha level pertama yang sukses, baru bisa anda naik kelas ke level kedua.

Level pertama yang harus anda persiapkan adalah : bagaimana cara anda menjual barang anda supaya laku di pasaran ?

Karena masyarakat atau pasaran belum tau produk anda.

Masyarakat belum tahu apa barang anda.

Jadi tantangan anda bagaimana supaya membuat barang anda terkenal di pasar.

Yang harus anda persiapkan yang pertama adalah : bagaimana cara anda punya marketing yang bagus, cara sales yang bagus supaya produk anda dikenal di pasar.

Dan yang kedua yang harus anda persiapkan adalah : anda harus mempersiapkan “inventory” atau

Stok barangnya.

Jadi yang pertama sales atau marketing yang baik, yang kedua adalah inventory. Persiapkan.

Jadi jangan sampai jualan tapi tidak ada barang. Contohnya anda itu jualan bakso, jangan sampai bakso anda sudah mulai terkenal tapi saat orang mau beli tidak ada barang.

Orang akhirnya bisa kecewa. Jadi pastikan kalau anda di level pertama, anda itu jualan barang, pastikan barang itu laku, bagaimana tantangan ada membuat dari yang tidak erkenal menjadi terkenal. Dan pastikan stok barangnya cukup.

Jadi supaya setiap orang mau beli, barangnya tersedia. Dan lama kelamaan barangnya itu jadi ramai.

Itu saja di level pertama tantangan anda. Sekarang saya akan membahas di video-video berikutnya bagaimana tantangan anda bisa naik ke level kedua.

Supaya anda bisa naik kelas ke level kedua. Jadi sekali lagi supaya anda bisa sukses di level kelima, itu setiap orang ada levelnya. Kita mulai dari level pertama terlebih dahulu.

Jadi kalau anda, dari seorang karyawan sekarang, anda ingin menjadi pengusaha, cobalah dulu di level pertama. Mulailah dulu dari reseller, mulailah dulu jadi makelar mungkin, atau kalau anda mau produksi barang anda sendiri, pastikan barang anda tantangannya dua yaitu bagaimana memastikan anda punya sales barang, dan yang kedua apstikan anda memiliki stock yang cukup di inventory anda.

Sekian artikel 5 level pengusaha untuk level pertama.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

 

Leave a Reply