5 Tips Ini Akan Membantumu Terhindari Dari Hutang

0
231
https://www.nationaldebtrelief.com/wp-content/uploads/2012/07/too-much-debt-causes-problems.jpeg

Sebagian orang benar-benar akan menjauhkan diri dari hutang. Pasalnya, jika hutang tidak mampu dibayar, maka akan menimbulkan masalah baru dalam kehidupan finansial Anda. Hutang memang bisa meringankan beban finansial namun pada akhirnya Anda memikul tanggung jawab yang besar untuk mengembalikannya. Nah, jika Anda ingin menghindari hutang, semoga 5 tips ini bermanfaat bagi keadaan finansial Anda 😉

Menabunglah untuk hari esok

Masih ada hari esok, uang bisa dicari lagi. Kebanyakan orang masih berpatokan pada mindset ini, sehingga tak masalah bagi mereka untuk menghabiskan uangnya saat ini. Jika memang Anda memiliki hari esok, maka alangkah baiknya jika uang tersebut disisihkan sebagian. Hari esok penuh dengan hal-hal tak terduga. Bagaimana jika uang Anda telah habis dan Anda tak bisa bekerja karena sedang sakit? Anda akan berhutang agar bisa bertahan hidup.

Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit Anda

Anda pengguna kartu kredit? Kartu Ajaib ini bisa membantu namun bisa juga merugikan jika tak digunakan dengan baik. Semakin sering Anda menggunakan kartu kredit melewati limit, semakin menumpuk juga hutang Anda. Bagaimana jika Anda tak sanggup membayarnya? Lagipula, telat membayar tagihan kartu kredit akan dikenakan biaya. Hutang Anda pun bukannya berkurang tapi malah semakin menumpuk.

Berhenti menunda tagihan bulanan

Tagihan bulanan, seperti air, listrik dan jika Anda masih berstatus mahasiswa, maka tagihan bulanan juga mencakup SPP, uang sewa kosan, dan kebutuhan lainnya. Jika sudah saatnya membayar, maka bayarlah. Menundanya hanya akan mempersulitmu dikemudian hari. Tagihan bulanan semakin meningkat yang artinya Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Bagaimana jika uang Anda ternyata tak cukup? Anda akan berhutang untuk menutupi hutang yang lain.

Tetap berhemat dalam pengeluaran

Apakah Anda pernah membeli sesuatu yang pada akhirnya tidak Anda gunakan? Demi kesehatan finansial Anda, jangan pernah melupakan daftar prioritas sebelum berbelanja. Belanjakan uang Anda sesuai kebutuhan.

Belajar untuk mengendalikan keinginan Anda

Apakah Anda pernah diajak oleh teman untuk menemaninya berbelanja, dan sesampainya di Mall Anda malah ikutan belanja. Padahal sebelumnya Anda tak memiliki keinginan untuk berbelanja. Itulah sebabnya Anda perlu mengendalikan keinginan Anda demi kesehatan finansial Anda.

Sending
User Rating 0 (0 votes)

Leave a Reply