7 Tips Menciptakan Kebiasaan Positif

0
493

Mengubah kebiasaan yang sudah berlangsung lama memang bukan hal mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Yang lebih penting, Anda mau mengubah diri Anda dan menciptakan kebiasaan positif. Saya sangat senang dan cocok dengan apa yang digagas oleh Stephen Covey dalam 7-Habits nya, maka saya ingin meminjam kebiasaan (istilah) yang dia pakai untuk menggambarkan apa yang juga saya alami dalam proses pencapaian prestasi saya.

  1. Proaktif – saya secara aktif dan sadar memilih menanggapai berbagai situasi secara positif (disiplin keras, bangun subuh, latihan renang pagi dan sore, tidak punya banyak waktu untuk bermain, dll.), bukannya bertindak semau saya dan asal-asalan.
  2. Mulai dengan akhir/hasil yang diharapkan dalam pikiran – saya dilatih untuk punya impian dan target yang jelas dan kapan hal itu bisa dicapai.
  3. Mendahulukan yang utama dan penting – dengan mendahulukan yang penting dan utama, kita terlatih untuk tidak berfokus pada masalah, tapi pada peluang. Kita tidak akan terburu-buru karena kita membuat perencanaan yang baik dan menikmati proses yang kita jalani untuk meraih apa yang kita impikan.
  4. Berpikir menang-menang – sportivitas dan fairness dalam olah raga mendidik saya untuk punya integritas. Para atlet dididik untuk bersaing secara sehat, secara win-win, sehingga mereka selalu terdorong untuk meningkatkan kulitas dirinya, bukan menang dengan cara-cara licik yang merugikan pihak lain maupun dirinya sendiri.
  5. Berusaha untuk memahami lebih dulu, baru kemudian dipahami – untuk bisa memahami orang lain saya harus belajar menjadi pendengar yang baik. Dan itu saya mulai dengan mau mendengar nasihat papa dan mama, kakak-kakak saya, bahkan murid saya yang mengajak saya untuk masuk ke dunia MLM yang saat itu banyak diterpa isu negatif.
  6. Bersinergi – saya sadar betul bahwa prestasi dan keberhasilan yang saya raih adalah hasil sinergi atau kerja sama dengan orang-orang di sekitar saya, baik orang tua saya, saudara-saudara saya, pelatih, maupun lingkungan saya. Hal ini semakin saya rasakan ketika membangun tim saya di KK Indonesia. Tanpa sinergi, saya tidak akan seperti sekarang.
  7. Mengasah gergaji – Covey menyebut 4 bidang kehidupan yang harus diasah : olah fisik, olah spiritual, olah mental, dan olah sosial atau emosional. Setiap perbaikan yang terjadi dalam satu bidang akan mempengaruhi bidang yang lain. Kemampuan kita untuk mengembangkan keempat bidang ini akan sangat mempercepat kesuksesan dan keutuhan hidup kita.

Apa yang ditulis oleh Covey semakin meyakinkan saya bahwa kebiasaan-kebiasaan positif yang dilakukan secara disiplin akan mengantar kita menuju kesuksesan. Saya pun yakin bahwa dengan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan diatas Anda berada di jalur yang benar dan cepat untuk bisa meraih kesuksesan yang Anda impikan. Awal mengubah kebiasaan lama memang sulit, tetapi bila Anda memiliki impian yang kuat dengan motivasi yang tepat, saya percaya Anda bisa mengatasi berbagai halangan, melawan rasa sakit, dan mengembangkan kebiasaan baru dan positif menjadi POLA HIDUP Anda. Selamat mencoba dan membangun kebiasaan Pemimpin.

Dikutip dari Buku Badai Pasti Berlalu – Chandra Putra Negara (www.ChandraPutraNegara.co.id)

Leave a Reply