7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan

0
29

 

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan

 

Menjalankan bisnis rumahan memiliki banyak manfaat seperti fleksibilitas, kemampuan untuk membuat jadwal sendiri dan bahkan jeda pajak. Manfaat ini sulit dikalahkan, tetapi menumbuhkan bisnis rumahan itu ‘gampang-gampang susah’.

Namun, menjadi pebisnis rumahan tidak berarti “tetap kecil” atau membatasi peluang anda. Sebenarnya, beberapa perusahaan paling terkenal di dunia seperti Apple, Hershey’s dan Ford Motor Company pada awalnya memulai bisnis mereka sebagai bisnis rumahan. Kemudian, 69% pengusaha memulai bisnis mereka dari rumah mereka.

Jika anda memiliki aspirasi yang besar dan mencari cara untuk mengubah ide cemerlang anda menjadi berwujud bisnis yang dijalankan melalui rumah anda, maka anda memerlukan sebuah rencana. Pertimbangkan tips-tips berikut untuk memulai dan menjalankan bisnis rumahan anda :

 

1. Evaluasi tempat tinggal anda

Menjalankan bisnis dari rumah tidak berarti rumah anda adalah lokasi yang ideal. Mungkin saja, tetapi mungkin anda perlu menyesuaikan diri. Pikirkan tentang ruang tempat tinggal anda saat ini dan bandingkan dengan model bisnis yang ada dalam pikiran anda. Jika anda harus bertemu dengan pelanggan atau karyawan, dapatkah anda dengan nyaman mewujudkannya di rumah anda? Apakah rumah anda mudah ditemukan? Apakah anda memiliki tempat parkir yang memadai?

Selain itu, lihatlah apakah zonasi dan undang-undang di lokasi anda saat ini melarang bisnis atau jenis bisnis tertentu. Jika ada penangguhan selama evaluasi ini, pindahlah ke rumah yang lebih sesuai untuk menjalankan bisnis sekaligus hidup dengan nyaman mungkin merupakan langkah awal yang baik.

 

2. Menyimpan dan Mempersiapkan Persediaan

Setelah anda yakin rumah anda siap untuk menjalankan bisnis, saatnya untuk fokus pada ruang kantor anda yang sebenarnya. Pertama, pastikan anda memiliki area khusus yang sesuai untuk berbisnis. Mungikin anda bisa melengkapi rumah anda dengan kantor. Jika tidak, pertimbangkan untuk membagi area tertentu dari ruangan yang lebih besar, Pisahkan ruangan luas dengan lemari dinding untuk membuat ruangan kantor. Atau bahkan anda bisa mengubah garasi anda menjadi kantor impian anda, seperti para pebisnis besar yang sudah terkenal saat ini

Juga, pikirkan persediaan yang anda butuhkan untuk berbisnis. Segala sesuatu dari perabot sampai perlengkapan kantor harus dipertimbangkan saat anda menganggarkan biaya awal. Periksa apa yang anda perlukan ke depannya, dan carilah cara untuk menabung. Layanan seperti Amazon’s Subscribe and Save memungkinkan pemilik bisnis untuk menyimpan persentase tertentu atas pembelian yang sedang berlangsung, sehingga anda bisa menabung sejumlah besar uang dalam jangka panjang.

Sementara mempersiapkan persediaan, pikirkan merek untuk produk anda. Personal branding sama pentingnya bagi bisnis rumahan, seperti halnya untuk perusahaan besar. Lihatlah investor dalam materi pemasaran yang membawa logo anda dan membuat situs web. Mereka juga melakukan hal yang sama. Konsultasikan dengan perancang jika anda tidak yakin harus memulai dari mana.

 

3. Tetapkan jadwal anda

Anda mungkin memimpikan fleksibilitas di dalam bisnis anda. Tetapi jika bisnis anda  baru berkembang, maka untuk mendapatkannya membutuhkan kerja keras. Untuk mengatur jadwal anda, pertimbangkan :

  • Berapa jam per hari yang anda butuhkan untuk membuat bisnis anda terus berjalan dan berkembang.
  • Seperti apa jadwal anda saat ini? Apa yang bisa anda atur ulang, dan apa yang akan anda rencanakan?
  • Ketika anda bekerja paling baik. Are you a morning person or a night owl? Kapan anda merasa bekerja yang paling efisien dan fokus? Bagi kebanyakan orang dewasa, jawaban untuk pertanyaan ini adalah pada pagi hari. Rencanakan anda bekerja pada jam kerja anda yang paling produktif.
  • Ketika pelanggan dan mitra bisnis anda tersedia. Jika anda bekerja paling produktif saat tengah malam, tapi anda harus menghubungi pelanggan atau mitra bisnis utama selama jam kerja normal, mungkin ini akan sulit.

Setelah anda mempertimbangkan semua faktor penting yang tercantum di atas, ciptakan jadwal anda yang sebenarnya. Tandai di kalender anda dan bagikan dengan keluarga serta teman anda, agar mereka memahami bahwa anda benar-benar bekerja. Meskipun anda berada di rumah, namun bermanfaat bagi semua orang.                                                       

4. Dapatkan buku anda langsung dari hari pertama

Disinilah masalahnya. Menjalankan bisnis dari rumah anda tentunya dilengkapi dengan banyak tax benefits. Namun, masih ada hukuman karena gagal mematuhi undang-undang perpajakan dan gagal melaporkan tingkat pendapatan yang tepat. Untuk menghindari hal ini, pertimbangkan untuk berinvestasi software pajak komprehensif dari tahap awal berbisnis agar ‘buku bisnis’ anda tetap lurus, atau mulailah bekerjasama dengan akuntan pajak. Memastikan bahwa operasi anda sesuai dengan peraturan pemerintah akan melindungi bisnis anda di masa depan.

 

5. Berkonsultasi dengan pengacara bisnis

Sama seperti peraturan pemerintah, ada banyak undang-undang yang berlaku untuk bisnis rumahan. Hal ini terutama berlaku jika anda akan menggunakan kontraktor atau mempekerjakan karyawan. Salah langkah atau ada kelalaian bisa merusak bisnis anda.Pertimbangkan untuk mencari pengacara hukum bisnis yang handal di wilayah anda dan mintalah konsultasi. Seorang pengacara dapat membantu :

  • Menyiapkan struktur yang tepat -> LLC, korporasi, kemitraan atau pilihan lain.
  • Memastikan anda memiliki dokumen yang sesuai untuk setiap karyawan.
  • Menentukan apakah seseorang harus dianggap sebagai kontraktor atau karyawan.
  • Meminta pertanyaan yang tepat dan memberikan masukan untuk memastikan anda bergerak maju sesuai undang-undang.

 

6. Jaga agar kehidupan pribadi terpisah dengan dunia bisnis anda

Bila anda bekerja dari ruang kantor yang sebenarnya, tentu mudah untuk meninggalkan pekerjaan di tempat kerja. Anda mungkin terus memikirkan pekerjaan selama berjam-jam di rumah. Tetapi semua yang anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan anda ada di kantor. Saat bekerja dari rumah, hal itu tidak lagi berlaku. Ingat bahwa anda memiliki jadwal yang ditetapkan. Sesuatu mungkin muncul secara tidak terduga, namun cobalah menemukan cara untuk menjauh dari ruang kantor anda saat anda tidak bekerja. Hal ini penting untuk kesehatan mental dan kebahagiaan anda – dan keluarga anda juga.

 

7. Buatlah jaringan

Ketika anda bekerja dari rumah, anda mungkin menghabiskan sebagian besar waktu anda sendiri. Hal ini dapat menyebabkan konsekuensi emosional dan psikologis yang negatif, terutama bagi pengusaha yang berkembang karena berada di luar dan di sekitar orang lain.

Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan untuk melihat organisasi profesional lokal. Temukan sesuatu di komunitas dan cobalah pergi ke pertemuan. Jika cocok, jadilah anggotanya. Berusahalah untuk menghadiri acara sosial untuk belajar lebih banyak tentang bisnis anda dan untuk terhubung dengan orang lain di luar sana. Hal ini mungkin dapat memberikan energi sosial yang anda butuhkan untuk berkembang. Dan ini adalah aspek penting lain untuk menciptakan merek pribadi yang nantinya akan dikenal orang lain.

Menjalankan bisnis rumahan adalah prospek yang menarik, tapi membuat pekerjaan kita menjadi lebih banyak. Untuk memastikan anda bisa memulai bisnis dengan baik dan ke depannya semakin sejahtera,pertimbangkan tujuh tips di atas. Karena hambatan dan rintangan bisa saja terjadi di tengah perjalanan bisnis anda.

Terkait : 5 Cara Membantu Diri Anda Tumbuh Secara Profesional

Pertimbangkan tips-tips berikut untuk memulai dan menjalankan bisnis rumahan anda :

Pertimbangkan tips-tips berikut untuk memulai dan menjalankan bisnis rumahan anda :

Menjalankan bisnis rumahan adalah prospek yang menarik, tapi membuat pekerjaan kita menjadi lebih banyak. Untuk memastikan anda bisa memulai bisnis dengan baik dan ke depannya semakin sejahtera, pertimbangkan tips-tips berikut untuk memulai dan menjalankan bisnis rumahan anda :

Leave a Reply