Apa Rahasia Saya Bisa Membangun Sampai 100 Ribu Subscribers ?

0
225

Apa Rahasia Saya Bisa Membangun Sampai 100 Ribu Subscribers ?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Kita berjumpa lagi pada episode kali ini yang agak berbeda dari episode-episode sebelumnya. Disini saya menjawab pertanyaan dari para subscriber di kolom comment. Yaitu : “Apa sih rahasianya bisa mempunyai banyak subscriber?” Judul saya pada kesempatan kali ini adalah : “Apa Rahasia Saya Bisa Membangun Sampai 100 Ribu Subscribers?”

Baik, di video kali ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada para penonton setia channel Success Before 30. Terima kasih banyak. Penghargaan ini adalah bentuk komitmen dan loyalitas anda yang setia kepada channel Success Before 30. Penghargaan ini bukan untuk saya. Tetapi sebetulnya untuk anda semuanya. Karena anda semua, saya bisa mendapatkan penghargaan Silver Play Button untuk channel Success Before 30.

Dan channel ini sebenarnya bukan ditujukan untuk saya. Tetapi channel ini ditujukan untuk anda semua. Karena sesuai dengan komitmen dari visi channel kami, yaitu bagaimana bisa membangun Indonesia lebih baik. 1% penduduk Indonesia harus bisa menjadi seorang pengusaha.

Dan semoga channel ini bisa menjadi inspirasi, karena menjadi pengusaha yang sukses bukan hanya semata-mata anda harus tahu ilmunya. Tetapi juga harus berkaitan dengan pengembangan diri anda. Bagaimana supaya diri anda terus bertumbuh, terus berkembang, dan diri anda harus menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

Saat ini saya sedang shooting di Hotel Luminor Surabaya. Kebetulan ini adalah kamar executive. Anda bisa kunjungi websitenya di :

http://luminorhotel.com/

 

Hotel ini berada di daerah Jemursari dan kamarnya sangat bagus sekali. Tergolong untuk bisnis hotel bintang 3, kamarnya menurut saya cukup baik dan cukup mewah. Karena sekarang hotel bintang 3 cukup bersaing. Tetapi saya cukup merekomendasikan sebagai pebisnis atau seorang profesional. Kalau anda sedang berkunjung ke Surabaya, anda bisa menginap di Hotel Luminor. Selain makanannya yang enak, kamarnya juga cukup representatif dan cukup nyaman.

Saya akan langsung membahas apa rahasia saya sehingga bisa mendapatkan penghargaan Silver Play Button. Atau mendapatkan 100 ribu subscribers dan channel ini terus berkembang.

Berikut ini adalah 3 rahasianya :

 

1. Fokus pada kekuatan anda

Yang pertama adalah fokus pada kekuatan anda. Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Saya tidak bisa ‘memukul rata’ bahwa setiap orang itu harus seperti robot. Setiap orang yang mendapatkan ilmu harus menerapkannya 100%. Itu tidak bisa. Saya percaya, setiap orang pasti mempunyai kelebihan.

Ada orang yang kelebihannya menyanyi. Ada orang yang kelebihannya di bidang seni. Dan ada orang yang kelebihannya di bidang olahraga. Ada orang yang kelebihannya di bidang matematika. Ada orang yang kelebihannya di bidang menghafal. Dan ada pula yang memiliki kelebihan di bidang lain. Setiap orang memiliki talenta masing-masing.

Poin yang ingin saya sampaikan di channel ini adalah : “fokus saja pada kelebihan anda”. Sekarang banyak kamera bagus. Handphone pun kebanyakan sudah ada kameranya. Jadi, apa kelebihan anda? Kalau kelebihan anda menyanyi, silahkan menyanyi. Jika kelebihan anda main game, coba membuat game. Jika kelebihan anda melawak, coba jadi pelawak. Tinggal kelebihan anda itu didokumentasikan dalam bentuk video. Video itu bisa anda upload di YouTube. Saya kira itu salah satu caranya.

Kebetulan saya berada di dunia bisnis sudah 20 tahun lebih. Dan selama 20 tahun ini saya bukan semata-mata memiliki perkembangan dalam dunia bisnis. Tetapi saya juga punya talenta, yaitu di bidang mengajar. Jadi, itulah kelebihan saya. Dan apa yang saya bagikan ini sudah saya bagikan selama 20 tahun. Tetapi selama 20 tahun tersebut tidak saya dokumentasikan.

Setelah ada channel YouTube dan setelah kita mengerti ilmunya, baru saya bagikan ke publik. Jadi, sebetulnya saya bukan ‘orang baru’. Saya sudah mengajar ilmu ini selama 20 tahun dan baru didokumentasikan sekarang. Jadi, fokuslah pada kelebihan anda. Kesuksesan saya ini bukan terjadi kemarin sore. Tetapi sukses ini memang sudah dibangun selama puluhan tahun.

Yang awalnya saya hanya seorang reseller, sampai hari ini saya sudah memiliki 6 buah perusahaan.

Jadi, bagaimana saya bisa membangun perusahaan begitu banyak dan apa rahasianya sekarang sudah saya bagikan di channel Success Before 30. Itulah tips yang pertama. Fokus pada kekuatan anda.

 

2. Konsisten

Yang kedua adalah konsisten. Saya kira konsisten ini adalah kata-kata yang mudah diucapkan. Hurufnya hanya 9 : K,O,N,S,I,S,T,E,N. Tetapi hal ini tidak mudah dilakukan. Contoh, channel Success Before 30 setiap Selasa dan jum’at pasti ada video baru. Saya pasti memikirkan dan merenungkan materinya. Dan tentunya saya tidak bisa bekerja seorang diri. Saya pasti bekerja dengan tim. Saya bekerja dengan tim karena pasti butuh editing video. Apalagi sekarang harus bisa membuat materi yang menarik dan membuat konten yang menarik. Itu semua butuh konsisten.

Banyak saya perhatikan orang-orang itu ingin sukses. Tetapi dirinya tidak konsisten. Membuat video hanya 5 atau 6, tetapi ingin sukses dan berhasil. Itu tidak bisa. Dirinya sudah kehabisan ide dan kehabisan wawasan. Segala sesuatu itu perlu konsisten.

Yang membedakan, selama 20 tahun sebelum saya masuk di YouTube dengan channel Success Before 30, saya sudah konsisten membangun usaha saya. Dari yang tadinya seorang reseller, sekarang menjadi ratusan ribu reseller di seluruh Indonesia. Dari yang hanya 1 cabang, sekarang menjadi 55 cabang di seluruh Indonesia. Kemudian dari 1 perusahaan menjadi 6 perusahaan. Dan itu semua konsisten. Dalam membangun, kalau saya sudah fokus dan komitmen, saya pasti akan konsisten dengan bidang yang saya tekuni. Saya tidak pernah berhenti, dan saya tidak pernah menyerah.

Itulah salah satu rahasia saya kenapa saya bisa memiliki jutaan orang pelanggan sampai sekarang. Salah satu rahasia membangun subscribers ini bagi saya bukanlah sebuah rahasia lagi. Karena inilah yang saya bangun. Inilah yang saya bangun selama 20 tahun. Jadi kalau mendadak menjadi 100 ribu subscribers, berarti anda menyukai karya saya. Anda menyukai ide-ide saya.

Dan tentunya, channel ini bisa berkembang karena anda. Inilah rahasia 20 tahun saya membangun perusahaan saya. Sama dengan rahasia saya membangun channel YouTube ini.

Jadi pada prinsipnya sama.

Jadi kalau anda bisa konsisten membangun dengan konten anda. Membangun produk anda, membangun apapun yang anda miliki, niscaya suatu hari anda pasti berhasil, anda pasti sukses.

 

3. Improvisasi

Dan yang ketiga adalah improvisasi. Improvisasi itu seperti apa? Saya ingat kata-kata guru saya. “Apa yang abadi di muka bumi ini?” Tidak ada yang abadiYang abadi hanyalah PERUBAHAN. Semua manusia pasti berubah. Anda lihat manusia baru lahir? Dalam waktu 10 tahun, fotonya sudah tidak sama. 10 tahun kemudian, fotonya sudah berubah lagi.

Anda melihat sebuah kota 10 tahun yang lalu. 10 tahun kemudian, sudah pasti kota tersebut mengalami banyak perubahan. Anda lihat teknologi. 10 tahun yang lalu dengan sekarang sudah ada banyak perubahan. Di dunia ini tidak ada yang abadi.

Yang kekal dan abadi hanyalah PERUBAHAN.

Oleh sebab itu, improvisasi adalah bicara tentang perubahan. Cara saya berbisnis 20 tahun yang lalu dengan sekarang pasti sudah sangat jauh berbeda. Jika anda yang hidup di zaman sekarang tidak mau berubah, maka anda akan digilas dan dimakan oleh perubahan itu sendiri. Bisnis apapun semuanya sama. Kalau anda masih menggunakan metode yang sama dengan 20-30 tahun yang lalu, anda pasti akan ditelan oleh perubahan.

Bicara tentang improvisasi, saya pun juga terus research dan belajar. Kebetulan saya seorang edukator. Seorang edukator itu harus lebih banyak belajar. Karena apa? Saya mengedukasi. Saya paling sedih jika melihat seorang guru yang tidak mau terus belajar. Justru jika menjadi seorang guru, anda harus terus belajar. Kalau anda memposisikan diri anda sebagai seorang mentor dan guru, anda adalah gudangnya ilmu. Anda harus terus menambah wawasan, terus belajar dan terus melakukan improvisasi. Kalau tidak, anda akan ditelan oleh perubahan.

Improvisasi apa saja yang saya lakukan?

– Wawasan

Yang pertama adalah ‘WAWASAN‘. Karena fokus saya adalah di pengembangan diri, otomatis saya harus mempunyai wawasan. Saya harus terus belajar. Dan video Success Before 30 ini sebenarnya adalah hasil dari ribuan buku yang sudah saya baca 20 tahun belakangan dan ratusan seminar yang sudah saya ikuti. Ratusan ilmu dari mentor yang memberikan pelajaran kepada saya. Initisarinya bisa anda dapatkan di channel Success Before 30 ini. Itulah hasil improvisasi saya.

Entah sudah berapa ratus juta Rupiah, bahkan mungkin miliaran Rupiah yang sudah saya investasikan untuk ‘leher ke atas’. Anda tahu ‘leher ke atas’ maksudnya apa? PENGEMBANGAN DIRI. Banyak orang yang berinvestasi untuk ‘leher ke bawah’. Yaitu apa? Kalau soal makan, ia berani mengeluarkan uang sampai ratusan ribu sampai jutaan Rupiah. Hasilnya apa? Perut anda hanya bertambah gemuk. Dan saya tidak mau.

Saya menginvestasikan ratusan juta sampai miliaran Rupiah untuk investasi ‘leher ke atas’. Yaitu pengembangan diri. Mengupgrade ilmu. Karena saya sebagai seorang pengajar. Dan oleh sebab itu, improvisasi saya itu tidak ada hentinya. Karena itu, investasi masalah wawasan itu penting karena saya seorang pengajar. Dan itulah yang saya lakukan selama 20 tahun belakangan. Itulah yang saya bagikan di Success Before 30. Jadi anda bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan dari saya selama puluhan tahun.

– Teknis

Yang kedua adalah improvisasi dalam hal TEKNIS. Saya bahkan baru tahu kalau saya ini termasuk seorang YouTuber. YouTuber itu apa, saya dulunya bahkan tidak tahu. Ternyata secara tidak langsung, saya ini seorang YouTuber. Yaitu orang yang berbagi informasi apapun di dalam dunia YouTube. Setelah saya menerima Silver Play Button, saya baru tahu kalau saya ini seorang YouTuber. Padahal saya ini seorang YouTuber amatir. Saya juga tidak mengerti apa-apa.

Tetapi karena saya sekarang menjadi seorang YouTuber, itu artinya saya harus berbagi improvisasi masalah teknis. Masalah teknis yang pertama adalah : Anda harus belajar masalah teknik video, pengambilan gambar video, dan juga produk-produk YouTube itu seperti apa. Dan juga audio-audio seperti apa yang harus anda kuasai. Anda harus tahu semua itu.

Dan sekarang banyak sekali YouTuber yang juga sudah membeberkan rahasia mereka. Seperti kamera apa yang mereka pakai, kemudian audio apa yang mereka gunakan, teknik pengambilan apa maupun aplikasi apa yang dipakai. Zaman sekarang sudah zaman informasi. Anda bisa dapatkan semua informasi tersebut. Tetapi intinya, saya tetap rajin melakukan improvisasi. Supaya anda bisa mendapatkan kualitas video yang terbaik, anda bisa mendengarkannya dengan nyaman, anda bisa mendengarkan suara dengan lebih baik, anda juga bisa mendapatkan kualitas gambar yang prima sehingga anda bisa mendengarkan dengan sangat nyaman. Itulah yang disebut improvisasi.

Kalau anda tidak mau melakukan improvisasi, maka anda akan ditelan oleh perubahan. Itulah sebabnya perubahan merupakan yang paling abadi.

Dan saya rasa cukup tiga itu saja rahasia saya bisa mendapatkan Silver Play Button dan 100 ribu subscribers. Dan tentunya, saya juga bukan semata-mata bisa mengajar tanpa bukti. Saya juga memberikan banyak bukti. Salah satu buktinya adalah “STUDI KASUS“.

– Studi Kasus

Studi kasus yang saya maksud adalah bagaimana teori yang saya bagikan di channel Suuccess Before 30 ini sudah terbukti pada orang-orang yang memang sudah membuktikan karir yang sukses di bidangnya. Salah satu yang saya wawancarai adalah General Manager dari Hotel Luminor ini sendiri, namanya Bapak Susianto. Anda bisa melihat wawancaranya di channel Chandra Putra Negara.

Jadi, jangan lupa subscribe channel ini. Channel ini berbicara tentang keseharian saya. Kalau anda ingin mengenal Chandra Putra Negara dari sisi yang lain, anda bisa subscribe channel ini. Dan di channel itu, sebagai seorang pengusaha saya juga akan mewawancarai beberapa orang yang karirnya sukses di bidangnya. Dan tidak menutup kemungkinan yang saya wawancarai bukan hanya orang-orang yang sukses di satu bidang saja. Tetapi orang yang sukses dan terbaik di bidangnya masing-masing.

Intinya, mereka yang sudah menjadi sukses. bahkan banyak yang sudah sukses sebelum berusia 30 tahun. Jadi kalau anda ingin tahu wawancaranya dengan siapa saja, jangan lupa subscribe Chandra Putra Negara. Dan tentunya disini saya juga mengucapkan banyak terima kasih. Saya juga akan berbagi video-video yang lain supaya bisa menambah wawasan anda.

Baik, jangan lupa jika anda menyukai channel ini, jangan lupa klik like. Dan juga jangan lupa memberikan comment yang positif, saya akan dengan senang hati membacanya. Dan jangan lupa subscribe channel Success Before 30. Yang terakhir, jangan lupa klik pada icon lonceng di kanan bawah. Maka setiap ada video baru, anda akan mendapatkan notifikasi di layar handphone/layar android anda. Anda pasti mendapatkan prioritas pertama untuk menonton channel kami. Sukses untuk anda sahabat entrepreneur, terima kasih atas dukungannya selama ini, dan selalu salam hebat luar biasa..!!

Disini saya menjawab pertanyaan dari para subscriber di kolom comment. Yaitu : "Apa sih rahasianya bisa mempunyai banyak subscriber?"

Disini saya menjawab pertanyaan dari para subscriber di kolom comment. Yaitu : "Apa sih rahasianya bisa mempunyai banyak subscriber?"

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Disini saya menjawab pertanyaan dari para subscriber di kolom comment. Yaitu : "Apa sih rahasianya bisa mempunyai banyak subscriber?" Berikut ini adalah 3 rahasianya :

Leave a Reply