Apakah Berbisnis Butuh Hutang ?

0
496

Apakah Berbisnis Butuh Hutang ?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik kali ini yang akan saya bahas adalah : “Apakah Bisnis itu Perlu Hutang?”

Sebelum saya membahas apakah bisnis itu perlu hutang atau tidak, anda perlu tahu dahulu definisi hutang itu apa? Hutang itu secara garis besar menurut Robert Kiyosaki ada yang namanya good debt dan bad debt. Jadi hutang baik dan hutang buruk. Selama ini kalau manusia berhutang, itu tujuannya untuk apa?

Saya kira kalau hari ini berbicara bisnis, baik itu di kalangan perbankan, di seluruh Indonesia, hari ini semua perbankan itu kalau ada nasabah menanamkan uang, dan mereka akan mendapatkan imbalan berupa bunga deposito. Tetapi bagaimana cara dia menyalurkan nasabahnya untuk disalurkan kepada masyarakat.

Cara menyalurkannya adalah dengan cara kredit. kredit itulah, dia mendapatkan keuntungan darimana? selisih dari bunga bank yang disampaikan, diberikan pada bunga deposito, dan selisihnya ia salurkan pada bunga kredit dengan bunga yang jauh lebih murah. Selisih itulah keuntungan dari bank. Kalau bank hari ini ingin memberikan hutang, pasti bank mencari usaha-usaha yang produktif. Usaha-usaha yang baik. Usaha-usaha yang bermanfaat. Usaha-usaha yang perputarannya jelas. Usaha-usaha yang pasti 1000% hasilnya itu revenue-nya juga sangat baik.

Itulah yang namanya hutang-hutang yang baik. Karena hutangnya jelas.peruntungannya jelas. Untuk apanya jelas. Tetapi hutang-hutang buruk adalah, biasanya mereka tidak punya pengalaman berbisnis. Mereka hari ini berani mengajukan hutang, tapi setelah itu, dananya bingung mau dipakai untuk apa. Dan seringkali akhirnya dananya terpakai untuk kebutuhan sehari-hari, dan dipakai untuk sana-sini, dan secara psikologis mereka belum pernah merasakan memiliki dana yang besar. Padahal itu bukan uang dia. Tetapi itu adalah uang hutang. Dan itu yang seringkali terpakai menjadi tidak produktif.

Jadi sahabat entrepreenur, apakah bisnis itu perlu hutang atau tidak? Saya menjawab kembali, hutang jenis yang bagaimana? Kalau hutang itu tujuannya hutang yang baik, saya sangat anjurkan, tidak masalah. Karena kalau anda mau memperbesar bisnis anda, biasanya anda akan kecenderungannya meminjam hutang, tapi untuk perputaran yang lebih jelas. dan untuk ekspansi bisnis anda. Tetapi kalau anda hutangnya hari ini tujuannya belum jelas, itu yang seringkali tidak saya sarankan.

Jadi sebagai sahabat entrepreneur, sebagai seorang pemula terutama. Saya sangat menganjurkan, milikilah hutang yang baik untuk memperbesar bisnis anda. Saya percaya maka bisnis anda akan bertumbuh besar, bertumbuh besar, dan menjadi luar biasa.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply