Bagaimana Anda Tetap Fokus dengan GOAL Anda

0
317

Bagaimana Anda Tetap Fokus dengan GOAL Anda


  Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Kali ini background saya adalah lapangan basket. Saya ingin memberikan sebuah topik motivasi, yaitu : “Bagaimana Anda Tetap Fokus Dengan GOAL Anda”.

Jadi, ada pertanyaan di kolom comment. Banyak yang bertanya kepada saya, “Pak, saya sudah membuat goal. Saya sudah melakukan apa yang disarankan oleh tips dari channel Success Before 30. Seperti ‘Bagaimana Membuat Goals yang Pasti Tercapai‘. Anda sudah tahu goal bulanan anda. Anda sudah tahu goal harian anda. “Tetapi pertanyaan saya, saya punya masalah dengan fokus”.

Jadi begini, sahabat entrepreneur. Bicara FOKUS itu berarti bicara tentang masalah mindset. Lagi-lagi, saya bicara masalah mindset. Bicara soal mindset, berarti juga bicara soal kebiasaan dan juga tentang karakter. Kalau saya membicarakan karakter, artinya akan luas sekali. Saya bicara tentang habit, atau kebiasaan terlebih dahulu. Berhubung saya sedang di lapangan basket, saya akan memberikan cerita tentang salah satu legenda basket dunia, yaitu Michael Jordan.

Kita tidak bisa memungkiri, kita tahu Michael Jordan adalah seorang legenda basket dunia. Michael Jordan memiliki kisah yang sangat luar biasa. Awalnya dia hanya seorang anak muda berkulit hitam yang sangat miskin di Amerika Serikat. Dia adalah seseorang yang menyukai basket. Ia dipinggirkan, dan ia juga mengalami kegagalan berkali-kali. Dan di berbagai seminar saya, saya selalu berbagi kisah tentang Michael Jordan.

Michael Jordan memiliki sebuah kelebihan. Kelebihan yang dimilikinya adalah KONSISTEN. Tahukah anda, suatu hari ia sakit hati karena ia tidak bisa masuk tim inti di sekolahnya. Michael Jordan sampai menghukum dirinya, mem-punish dirinya dengan tidur di lapangan. Lalu dia membersihkan lapangan sendirian. Bahkan, mengapa dia rela tidur di lapangan? Dia sampai rela tidur di lapangan, hanya demi bangun pagi-pagi untuk mengepel dan berlatih sendirian.

Dan yang paling fenomenal, dia berlatih setiap hari shooting ke ring 1000 kali setiap pagi dan 1000 kali setiap malam.

Bisa anda bayangkan? dia melakukannya dengan KONSISTEN..!

Dan ini yang paling penting, membentuk mindset atau membentuk pola kebiasaan itu perlu tantangan minimal 21 hari. Saya ulangi sekali lagi, 21 days. Mengapa harus 21 hari? Ternyata cara kerja pikiran ada dua, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Kalau anda melakukan sesuatu dan ingin bisa masuk secara otomatis di pikiran bawah sadar, anda perlu menanamkan suatu pola atau habit (kebiasaan) selama 21 hari. Kalau anda bisa konsisten menanamkannya selama 21 hari, niscaya pola ini akan masuk di pikiran bawah sadar anda. Michael Jordan, ia berlatih selama lebih dari 21 hari. Dan bahkan, dia melakukannya setiap hari tanpa jeda. Bukan hari ini saya lakukan, lalu esok lusa tidak saya lakukan. Kemudian besoknya dilakukan lagi, namun minggu depannya tidak dilakukan. TIDAK. Dia konsisten selama lebih dari 21 hari.

Dan tidak disangka, dia melakukannya selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Akhirnya, goal Michael Jordan tercapai. Kalau misalkan anda hari ini ingin punya omzet 10 juta per hari. Itu artinya 300 juta per bulan. Maka anda harus membiasakan, bagaimana membuat setiap hari, setiap jam’nya saya harus closing sales berapa. 10 juta per hari itu memang terasa berat. Tetapi kalau anda sudah terbiasa dengan pola ini, dan anda sudah melatihnya selama 21 hari, maka yang awalnya terasa berat menjadi ringan. Karena anda sudah TERBIASA.

Sama seperti kalau anda ingin push-up. “Saya ingin sekali push-up bisa 100 kali..!”. Mungkin biasanya anda hanya bisa push-up 20 kali. Jika anda ingin menaikkan dari 20 ke 100, itu artinya 5x lipat. Anda tidak bisa langsung menuju ke angka 100. Anda perlu terbiasa dulu. Mungkin dari 20 ditingkatkan ke 30. Jadi anda harus biasakan 30 kali anda lewati dalam 30 hari.

Kalau anda sudah mampu melewati 30 hari, niscaya otot anda sudah terbentuk dan anda memasuki 21 hari berikutnya, naik ke angka 40. Jangan terburu-buru.

Dari angka 20 anda ingin langsung bisa 100 kali karena merasa kuat.

Itu tidak perlu. Cara melatih kerja mindset anda, yaitu dengan cara membiasakan dahulu pola selama 21 hari. Karena mindset anda mulai beradaptasi dengan pola yang baru adalah setelah 21 hari.

Kalau anda melakukan dengan benar dan konsisten selama 21 hari, niscaya target apapun pasti tercapai.

 

Itulah tips dari saya. Michael Jordan sudah melakukan ini. Orang-orang besar juga sudah melakukan ini karena mereka sudah tahu kuncinya. Mereka tahu bagaimana kuncinya membangun suatu pola, bagaimana membangun suatu habit dan ia lakukan secara konstan dan konsisten selama 21 hari. Maka hasilnya akan luar biasa.

Sama juga dengan channel Success Before 30. Saya melakukan ini konsisten selama 2 tahun belakangan. Setiap Selasa dan Jum’at, saya selalu konsisten membangun sebuah video yang baru. Itulah salah satu tips mengapa subscriber saya meningkat dengan begitu tajam. Kenapa? Karena selalu KONSISTEN. Akhirnya para subscriber yang berbagi video SB30. Dulu saya sudah konsisten berbagi selama 20 tahun, tetapi tidak di depan kamera, juga tidak di YouTube. Tetapi saya berbagi di tim saya dan di perusahaan saya.

Sebetulnya saya melakukan ini karena banyak yang bertanya, “Pak, bagaimana tips supaya saya bisa berbicara seperti Pak Chandra? Agar saya mempunyai wawasan, kemampuan public speaking dan  komunikasi seperti Pak Chandra?”. Saya beritahu anda.

“Saya bukan membangun ini dalam sehari atau dua hari, namun saya membangun ini selama 20 tahun”

Dan saya konsisten setiap hari. Anda bisa baca buku saya, Badai Pasti Berlalu, disitu sudah saya tulis dengan sangat jelas.

Niscaya goal apapun yang anda inginkan, pasti tercapai dan anda akan fokus.

Mengapa anda bisa fokus? Karena anda sudah terbiasa selama 21 hari. Anda lewati dulu 21 hari, baru anda berbicara sekian bulan. Lupakan dulu kata-kata, “Saya mau mencapai goal dalam sekian bulan..!” Lupakan saja kalau anda belum melewati 21 hari. Jadi tantangan utama anda adalah di 21 hari pertama anda.

Baik, demikian sahabat entrepreneur. Saya sudah berbagi tips hari ini. Semoga anda bisa melewati tantangan 21 hari. Dengan anda melatih diri lewat 21 hari pertama, niscaya anda akan senantiasa fokus dengan goals anda.

Bila anda menyukai video seperti ini silahkan klik like. Saya tunggu comment positif anda, dan jangan lupa subscribe. Di sebelah kanan bawah ada lonceng silahkan anda klik, maka setiap ada video baru dari saya muncul, anda akan mendapatkan notifikasi prioritas pertama.

Lihatlah adik-adik tersebut adalah calon pebasket masa depan Indonesia. Dan saya juga memakai baju ini karena apa? Baju ini adalah ketika perusahaan saya memberikan sponsor dalam acara ‘Jakarta Marathon’, yaitu pada tahun 2013 kemarin sebagai official food suplement.

Salah satu produk perusahaan saya adalah Super Green Food, anda bisa lihat disini. Super Green Food adalah suplemen yang luar biasa dan mempunyai fungsi yang sangat banyak. Salah satunya yaitu baik untuk nutrisi makanan, nutrisi tubuh dan baik juga untuk mata. Ini merupakan makanan terbaik untuk sel tubuh anda. Super Green Food telah diakui oleh dunia internasional dan menjadi official food suplement untuk ‘Jakarta Marathon’.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

 

Baca juga artikel terkait. Silahkan anda klik disini :

Saya ingin memberikan sebuah topik motivasi, yaitu : “Bagaimana Anda Tetap Fokus Dengan GOAL Anda”.

Saya ingin memberikan sebuah topik motivasi, yaitu : “Bagaimana Anda Tetap Fokus Dengan GOAL Anda”.

Sahabat entrepreneur, bicara FOKUS itu berarti bicara tentang masalah mindset.Bicara soal mindset, berarti juga bicara soal kebiasaan dan juga tentang karakter. Saya ingin memberikan sebuah topik motivasi, yaitu : “Bagaimana Anda Tetap Fokus Dengan GOAL Anda”.

Leave a Reply