Bagaimana Bisa Menjadi Miliarder Dalam 10 Tahun

0
1117

Bagaimana Bisa Menjadi Miliarder Dalam 10 Tahun

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Pada episode kali ini saya akan membahas kembali tentang masalah finansial. Yaitu tentang bagaimana menjadi miliarder. Ini adalah topik yang disukai banyak orang. Topik saya kali ini adalah :”Bagaimana Cara Agar Bisa Menjadi Miliarder Dalam 10 Tahun”.

Jadi sahabat entrepreneur, tentu saya ini berbicara melalui pengalaman saya pribadi. Dan tentunya hal ini hanya berlaku di Indonesia. Anda pasti terpana, “Apa? Dalam 10 tahun bisa menjadi miliarder? bagaimana mungkin?”

Anda harus tahu terlelebih dahulu apa definisi dari miliarder. Miliarder itu adalah seseorang yang memiliki kekayaan aset dengan total 1 miliar. Bukan penghasilan sebesar 1 miliar, tetapi total aset sebesar 1 miliar. Tentunya di Indonesia orang yang memiliki total aset 1 miliar itu tidak banyak. Jumlahnya pasti sangat minim.

Sahabat entrepreneur, saya yakin sebetulnya apa yang saya sampaikan ini berdasarkan dari pengalaman saya pribadi. Jadi apapun bisnis anda, apapun pekerjaan anda sekarang, berusahalah untuk selalu menabung dan berinvestasi. Itulah yang selalu saya ajarkan kepada anda maupun kepada sahabat-sahabat TKI yang berada di luar negeri.

Dimanapun anda berada, jangan sia-siakan penghasilan selama anda bekerja di luar negeri. Sisihkan penghasilan anda dengan berusaha menabung. Itu sangat penting. Supaya anda tidak sia-sia bekerja disana. Karena anda tidak mungkin seumur hidup bekerja di luar negeri. Jadi selama anda bekerja disana, sebisa mungkin dana anda tersebut dialihkan untuk ditabung.

Baik sahabat entrepreneur, saya disini selalu mengutamakan sebelum saya membahas lebih lanjut. Ada baiknya anda tonton 3 video saya sebelumnya. Ketiga video tersebut adalah :

  1. Cara menabung untuk orang berpenghasilan di bawah 10 juta
  2. Bagaimana cara memiliki rumah sebelum berusia 30 tahun
  3. Cara membuat uang mengejar diri anda

Jadi ada 3 video, saya rekomendasikan anda untuk menonton berulang-ulang.

Disitu saya sudah berbagi banyak tips..!

Tetapi pada video kali ini saya tidak akan mengulang apa yang sudah ada di 3 video sebelumnya. Tetapi langsung pada spesifikasinya, yaitu : Menabung Properti. Jadi saya tidak akan membahas saham, logam mulia, ataupun surat berharga. Tetapi saya akan langsung to the point membahas properti. Disini saya juga sebenarnya mengangkat dari pengalaman saya sendiri.

Saya sudah mulai menabung properti ketika saya berusia 24 tahun. Jadi ketika saya berusia 24 tahun, saya sudah mulai menabung, menyisihkan sedikit penghasilan saya untuk membangun properti. Disini saya menyarankan properti, namun artinya bukanlah sebuah tempat yang ‘asal-asalan’ properti. Tetapi kalau bisa, properti tersebut memenuhi spesifikasi :

1. Lokasi

Jadi, anda jangan asal beli properti yang lokasinya tidak tepat. Saya sangat menyarankan lokasi. Ini sangat penting. Ada juga orang yang membeli properti peninggalan orang tuanya 20 tahun yang lalu. Tiba-tiba di sekitar tanahnya dibangun mall. Menurut saya itu adalah faktor keberuntungan. Saya tidak menganjurkan yang seperti itu.

Contohnya, anda membeli sawah di dalam kampung yang sangat pedalaman. Tidak seperti itu. Namun itu masih jauh lebih baik daripada tidak punya properti sama sekali. Jadi silahkan bagi anda yang mau membeli sawah. Tapi yang saya maksud disini adalah lokasi. Lokasi itu biasanya sangat ditentukan oleh faktor developer‘nya.

Developer pasti memberikan skema yang disebut in house (cicilan). Jadi anda bisa mencicil lokasi tersebut. Biasanya dibangun dalam bentuk perumahan. Kemudian juga bisa dibangun dalam bentuk apartemen. Atau bisa juga dalam bentuk tanah kavling. Jadi, lokasi itu sangat penting. Saya kira itu semua di kota besar sudah ada.

 

2. Lokasi

Poin kedua yang sangat menentukan dalam properti adalah lagi-lagi lokasi. Jika anda ingin membeli properti, yang paling penting adalah lokasinya. Saya tidak akan membahas topik yang lain karena saya juga bukan pakar properti. Saya hanyalah investor properti. Tetapi yang paling utama adalah anda harus menentukan lokasi. Mengapa? Karena kenaikan harga properti tersebut dalam hitungan tahun, tidak sampai 10 tahun kenaikannya bisa sampai 1x lipat, 2x lipat, bahkan 3x lipat. Kenaikannya bisa mencapai 300% dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Saya berpikir bahwa skema investasi apapun saat ini, baik itu menabung logam mulia ataupun menabung saham tetap ada. Tetapi pada kasus di Indonesia karena Indonesia adalah negara berkembang dan masih banyak properti yang berkembang di kota-kota besar, menurut saya properti masih sangat prospektif.

Kita ambil satu contoh. Saya pernah ke Guangzhou di China. Guangzhou sekitar 20 tahun yang lalu boleh dikatakan seperti Indonesia di zaman sekarang. Anda bisa melihat di Guangzhou itu cukup tertinggal. Tetapi saat ini ketika pergi ke Guangzhou, saya kaget. Di pinggir jalan Guangzhou itu dulunya hanya ada sawah. Tetapi setelah ada developer menjadi berkembang. Dibangunlah sebuah hunian apartemen. Karena harga tanah di Guangzhou itu semakin lama semakin mahal.

Dan saya menemukan 1 unit apartemen dengan ukuran 1 m2 itu harganya sampai 200 juta Rupiah. Bisa anda bayangkan? Padahal itu hanyalah sebuah flat kecil. Di zaman sekarang, kalau anda adalah suami istri yang baru menikah mungkin 40 m2, 50 mitu saja sudah sangat kecil sekali. 200 juta per meter. Lalu 10 meter saja sudah 2 Miliar. Berarti kalau anda ingin membeli satu flat kecil saja di Guangzhou, harganya sudah mahal sekali. 200 juta dikali 10, 40 atau 50 itu saja harganya sudah hampir 10 Miliar. Siapa yang bisa beli? Tidak ada yang mampu.

Pertanyaan saya bukan masalah harganya.

Tetapi coba kita tengok 20 tahun yang lalu. Coba kita tengok 10 tahun yang lalu. Rupanya banyak orang yang membeli properti dengan skema cicilan pada 10 tahun yang lalu. Dan dia masih mencicil dengan uang 10 tahun yang lalu. Ketika anda mencicil dengan uang 10 tahun yang lalu, saat itu memang nilai uangnya besar. Tetapi 10 tahun kemudian jika dinilai dengan harga sekarang, uang itu menjadi sangat kecil.

Saya ingin memberitahu anda. Hari ini, mungkin uang 3 juta Rupiah per bulan bagi anda itu besar. Tetapi 10 tahun dari sekarang, uang 3 juta itu nilainya akan menjadi sangat kecil. Saat ini, anda bisa beli apa dengan uang 3 juta? Anda lihat, video ini saya buat pada tahun 2017. Mungkin saat ini, dengan uang 3 juta anda bisa membeli HP android dengan kualitas yang oke. Tetapi uang 3 juta ini 10 tahun dari sekarang jika boleh saya prediksi, nilainya akan menjadi sama seperti nilai uang 500 ribu. Nilainya semakin mengecil/menyusut. Itulah yang dinamakan inflasi.

Jadi sahabat entrepreneur, sebisa mungkin anda saat ini menyisihkan penghasilan anda 3 juta per bulan selama 10 tahun. Anda bisa beli apa dengan 3 juta per bulan? Saya yakin sekarang ada banyak sekali developer-developer properti di kota-kota besar yang menawarkan apartemen, perumahan atau tanah kavling yang bisa anda cicil selama 10 tahun. Anda bisa mencicil dengan 1,5 juta sampai 3 juta Rupiah per bulan.

Uang 3 juta tersebut jika anda konsisten mencicilnya dalam 10 tahun atau selama 120 kali, maka nanti nilainya akan menjadi 360 juta.

Dari 3 juta menjadi 360 juta

Tetapi saya percaya, 360 juta ini pada tahun 2027 atau 10 tahun dari sekarang nilainya akan menjadi 1 miliar. Jadi kalau seandainya anda, berapapun usia anda saat ini jika 10 tahun dari sekarang anda konsisten menabung 3 juta per bulan, atau 100 ribu per hari. Niscaya saya yakin sekali, 10 tahun dari sekarang anda pasti bisa memiliki aset properti senilai 1 miliar.

Jadi sahabat entrepreneur, jangan pernah meremehkan uang 3 juta per bulan atau 100 ribu per hari. Nilainya itu sangat besar. Selembar uang 100 ribu mungkin bisa anda habiskan untuk sekali makan malam. Tetapi kalau anda mau menyisihkan, maka uang itu bisa menjadi aset 1 miliar 10 tahun dari sekarang.

Sahabat entrepreneur, semoga tips kali ini bisa memberikan anda motivasi untuk segera menyisihkan penghasilan anda untuk properti. Poin-poinnya adalah :

  • Lokasi
  • Berkembang
  • Indonesia
  • Kota besar & Developer

Developer yang bisa menawarkan angsuran cicilan antara 1-3 juta per bulan. Sebisa mungkin anda sisihkan. Niscaya, saya yakin anda bisa mendapatkan properti yang 10 tahun dari sekarang hasilnya akan sangat istimewa.

Demikian sahabat entrepreneur untuk tips kali ini, semoga menginspirasi anda semua. Bila anda menyukai channel seperti ini, jangan lupa klik like dan berikan komentar yang positif. Saya juga ingin membaca comment anda, bagi anda yang sudah berani menabung dan berani berinvestasi seperti pada tips-tips saya sebelumnya. Dan semoga anda bisa menjadi miliarder sebelum berusia 30 tahun, sesuai dengan visi pada channel ini. Serta jangan lupa subscribe sehingga anda bisa mendapatkan video terbaru dan tips yang terbaru dari saya, Chandra Putra Negara. Sukses selalu untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Topik saya kali ini adalah :"Bagaimana Cara Agar Bisa Menjadi Miliarder Dalam 10 Tahun". 

Topik saya kali ini adalah :"Bagaimana Cara Agar Bisa Menjadi Miliarder Dalam 10 Tahun". 

Pada episode kali ini saya akan membahas kembali tentang masalah finansial. Yaitu tentang bagaimana menjadi miliarder. Topik saya kali ini adalah :"Bagaimana Cara Agar Bisa Menjadi Miliarder Dalam 10 Tahun". 

Leave a Reply