Bagaimana Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Manipulatif?

0
257

Apakah Anda merasa akan dimanipulasi atau mungkin saaat ini Anda sedang dimanipulasi?Salah satu sikap manipulasi ditempat kerja adalah setiap saat menyuruh rekan kerja lainnya untuk melakukan pekerjaannya. Namun, Anda mungkin perlu melihat kondisinya lebih jauh, sebab tidak semua rekan yang menyuruh dapat dikatakan sebagai manipulator.

Lalu bagaimana cara menghadapi rekan manipulatif tersebut? Semoga tips dibawah ini bermanfaat.

Katakan ”Tidak”

Seorang manipulator akan berusaha mati-matian agar Anda bersedia melakukan apapun yang ia katakan. Berbagai cara pun akan ia halalkan, mulai dari pujian yang manis hingga ancaman. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menolaknya, kan. Akan sangat tidak adil jika Anda dengan sadar membiarkan diri Anda untuk dimanipulasi. Ketahuilah bahwa Anda ber-HAK untuk mengatakan ”tidak” pada manipulator manapun, termasuk rekan kerja Anda.

Tunjukkan Sikap Tegas Tanpa Kekerasan

Seseorang yang tidak tegas akan tampak lemah sehingga sangat mudah untuk dimanipulasi. Nah, dengan menunjukkan sikap tegas didepannya, Anda secara tidak langsung menunjukkan padanya bahwa Anda tidak ingin dimanfaakan. Sikap ini juga membuat Anda terlihat lebih berani dan konsisten. Dia mungkin akan berpikir dua-kali sebelum ingin memanipulasimu.

Jangan Merasa Rendah Diri

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh seorang manipulator adalah membandingkanmu atau mengucilkanmu. Hal ini akan meningkat ketika Anda dengan tegas menolak keinginannya. Penolakanmu bisa sangat menyakiti hatinya. Ia bisa saja mengucilkanmu dengan gosip murahan. Oleh sebab itu, kamu tak perlu merasa rendah diri. Kamu justru harus bangga pada dirimu yang berani menolak untuk dimanipulasi.

Tidak Perlu Menaruh Kepercayaan Padanya

Orang yang mudah percaya akan sangat gampang untuk dimanipulasi. Pasalnya, orang yang mudah percaya akan sulit menaruh curiga pada oraang lain. Hal ini pun membuatnya kurang mawas diri. Ia tidak akan sadar ketika dimanfaatakan. Ia malah menganggapnya sebagai sikpa membantu sesama.

Katakan Bahwa Ini Bukan Salah Anda

Anda mungkin tak bersalah, namun manipulator memiliki kebiasaan untuk menyalahkan orang lain. Hal ini bertujuan untuk membuat Anda merasa bahwa Anda adalah penjahatnya sedangkan dia adalah korbannya. Jangan pernah masuk dalam perangkap ini. Mengapa? Karena ketika Anda telah masuk dalam perangkap ini, yang Anda rasakan adalah perasaan bersalah. Manipulator akan memanfaatkan perasaan bersalah ini untuk memanipulasimu setiap saat.

Menghindarinya

Cara lainnya adalah dengan berusaha menjauhi si rekan manipulator. Seorang manipulator cenderung berusaha untuk selalu bersama orang yang ingin dimanipulasi. Hal ini dikarenakan manipulator ingin mengetahui segala hal tentang orang tersebut. Informasi tentang orang tersebut adalah senjata yang ia gunakan untuk memanipulasimu atau menyalahkanmu. Namun, karena ia adalah rekan kerja, maka Anda tidak perlu benar-benar menghilang dari kehidupannya. Anda masih bisa berinteraksi dengannya namun hanya dalam hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Menceritakan Pada Atasan dan Rekan Kerja Lainnya

Terakhir, ceritakan pada atasan dan rekan kerja lainnya bahwa selama ini Anda merasa telah dimanfaatkan atau Anda memang benar-benar telah dimanfaatkan. Atasan dan rekan kerja tentu akan berusaha untuk mengambil tindakkan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Leave a Reply