Bekerja Jangan Hanya Mengandalkan Ijazah. Yuk, Pelajari 4 Skill Ini

0
335

Ijazah adalah bukti bahwa Anda telah menepuh sebuah jenjang pendidikan. Namun, dalam dunia kerja ijazah bukanlah satu-satunya syarat untuk meraih kesuksesan. Anda juga perlu mempelajari beberapa skill dibawah ini. Memang awalnya tidak mudah, namun jika terus dicoba akan membawakan hasil yang baik bagi karir Anda.

Berkomunikasi

Anda mungkin seorang introvert atau seseorang yang tidak banyak berbicara. Namun, dalam dunia kerja setiap orang dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan Atasan dan rekan-kerjanya. Tanpa komunikasi yang baik kerjasama tidak akan tercapai. Padahal kerjasama ini sangat dibutuhkan dalam mencapai target sebuah instansi. Sebelum menjalin sebuah komunikasi, pastikan Anda tahu;

  • kepada siapa Anda berbicara,
  • apa yang ingin Anda bicarakan,
  • kapan harus membicarakannya,
  • bagaimana cara Anda mengatakannya, dan
  • apa yang seharusnya tidak boleh Anda katakan.

Menejemen Waktu

Apakah Anda sering bermasalah dengan waktu, seperti telat mengerjakan tugas atau telat datang ke tempat kerja? Dalam dunia kerja kemampuan mengatur waktu adalah hal yang penting. Ketidakmampuan mengatur waktu menghambat pertumbuhan sebuah perusahaan atau instansi. Lalu bagaimana cara mengatur waktu dengan baik?

  • Selalu membuat prioritas, dimana Anda perlu memisahkan hal penting dari ketidakpentingan lainnya,
  • Fokuskan pikiran, tenaga dan waktu Anda pada pekerjaan ditangan Anda,

Karakter

Dunia kerja penuh dengan orang dari berbagai latar belakang dan pengalaman. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk memiliki karakter yang baik. Ketika Anda dihadapkan dengan Atasan atau rekan kerja, artinya Anda bukan saja dihadapkan dengan logika, melainkan juga dengan perasaan seseorang. Berusaha memahami karakter Atasan dan rekan kerja dapat membantumu dalam menjalin hubungan yang baik ditempat kerja.

Keahlian

Hal penting berikutnya adalah keahlian. Tidak peduli seberapa bagusnya ijazahmu, tanpa keahlian tertentu, Anda tidak akan bertahan dalam dunia kerja. Saat ini, kebanyakan instansi atau perusahaan lebih mementingkan keahlian seseorang dibandingkan nilai di ijazahnya. Mengapa? Karena nilai di ijazah bisa didapat dengan cara menyontek. Sedangkan keahlian dibentuk dari semangat dan kerja keras seseorang yang ingin terus belajar.

Sending
User Rating 5 (1 vote)
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply