Berikut Adalah Tips dari 5 Pengusaha yang Memulai dari Bawah Sampai Menjadi Sukses

0
866

Berikut Adalah Tips dari 5 Pengusaha yang Memulai dari Bawah Sampai Menjadi Sukses

 

Perjuangan keras dapat mengubah anda yang tidak punya apa-apa menjadi sukses. Yang terpenting, anda harus KONSISTEN dan BERTAHAN.

Pelatih kehidupan dan bisnis yang terkenal, yang juga seorang penulis sekaligus motivator Tony Robbins mengatakan bahwa terobosan baru akan muncul setelah anda terjatuh. Banyak pengusaha yang dulunya berada pada titik terendah hidupnya sebelum mencapai kesuksesan besar yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Mungkin, dulunya mereka sama seperti anda. Jatuh karena usahanya kurang berhasil, peluang yang kecil, atau sekadar nasib buruk. Mari kita mengulas tentang kisah bagaimana beberapa pengusaha superstar berikut ini selamat dari titik terendah hidupnya sampai menemukan kesuksesan :

1. Ambil nafas dan berpikir dengan tenang

Saya bekerja dengan rekan bisnis dan menjadi penulis selama 24 tahun. Bersama-sama, kami menulis dan memproduksi film-film blockbuster senilai hampir $ 5 miliar. Dan kami merupakan salah satu duet penulis Tinseltown yang paling banyak dicari. Kami berkolaborasi dalam film seperti “Mission Impossible III,” “Transformers,” dan “Star Trek.” Lalu, dalam beberapa detik, semuanya berakhir. Bisa dikatakan, yang tadinya saya berada di sebuah band rock-star, berubah haluan menjadi penyanyi solo.

“Mampukah saya melakukannya sendirian? Bagaimana cara agar saya bisa dianggap? Akankah studio tetap memanggil saya?” Setelah meninggalkan kemitraan yang telah menghabiskan separuh hidup saya, ketakutan dan keraguan melintas di kepala saya. Saya memutuskan untuk meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan perubahan karir ini. Rasanya saya tidak ingin melanjutkan jika hanya untuk membuktikan sesuatu kepada orang lain. Saya perlu alasan yang benar atas keputusan ini.

Saat seperti ini memberikan saya sebuah perspektif. Terkadang ketika keadaan sulit, anda justru belajar dan semakin berkembang. Apa yang dilakukan seseorang ketika melakukan perjuangan terbesar dalam hidupnya menunjukkan siapa dirinya sebenarnya. 

Beberapa orang ada yang tidak pernah merasakan moment itu. Bekerja seorang diri membuat saya merasakan moment tersebut. Saya memeluk ketakutan saya dan memutuskan untuk bergerak maju dengan penuh semangat. Moment seperti ini membuka tingkat kreatif dan kebebasan baru yang tidak pernah saya miliki sebelumnya.

Sekarang saya sedang menulis dua film besar dan sebuah acara TV, ditambah beberapa proyek berikutnya.  Roberto Orci, produser dan penulis skenario Hollywood yang film dan acara TV’nya telah meraup keuntungan lebih dari $ 5 miliar.

2. Temukan mentor anda

Sebagai seorang remaja, saya melarikan diri dari kehidupan keluarga yang penuh gejolak untuk bekerja di sebuah peternakan Amish di Pennsylvania. Saya mulai bekerja setiap hari jam 4 pagi ketika langit masih gelap. Saya melakukannya selama beberapa tahun, dan tidur di sofa mobile home milik ibu saya. Namun saya sadar, saya tidak memiliki model tokoh yang sukses sebagai motivator saya. Ayah saya dipenjara. Karena merasa putus asa, saya meminta saran dari paman saya yang berbisnis jual mobil. “Masuklah ke dunia bisnis penjualan jika kamu ingin kaya,” begitu katanya.

Saya tidak ingin menjual mobil, jadi saya memilih bidang keuangan. Tetapi, saya tidak memiliki gelar sarjana. Saya meraih buku telepon dan berbicara tentang keperluan saya untuk meeting dengan Mike Stainback, kepala sebuah perusahaan asuransi setempat. Saya mengatakan kepadanya bahwa dia pasti sukses jika dia membeli iklan satu halaman penuh pada buku telepon. Dan saya menawarkan diri bekerja untuknya secara gratis jika dia mengajari saya semua hal yang dia ketahui. Jawabannya : “Saya telah mencari seseorang seperti anda selama 20 tahun.”

Stainback mengajari saya teknik menelepon dan menjual (cold call and sell). Saya juga mempelajarinya kembali melalui buku, kursus, dan seminar. Dalam proses ini, saya menemukan strategi generasi baru : Google AdWords.

Kemudian, saya menjalankan kampanye iklan yang menghasilkan keuntungan masing-masing $ 40. Saya mendapatkan keuntungan sekitar 20%, dengan membuat komisi sebesar $ 1500. Hal itu menarik perhatian Stainback. Dia mengenalkan saya ke kepala daerah GE Capital, yang menawari saya pekerjaan. Disitulah saya menggunakan iklan saya untuk berjualan dengan hasil 15 kali lipat lebih banyak dari hasil sales terhebat mereka.

Pengalaman ini mengajari saya tentang kekuatan mentor dan bagaimana cara memanfaatkan tren teknologi. Sampai sekarang, saya menerapkan prinsip yang sama.  Tai Lopez, investor dan penasihat banyak bisnis bernilai jutaan dolar yang telah membangun kerajaan online.

 

3. Buatlah rencana

Pada awal 1990-an, bisnis di bidang penjualan sangat kuat. Namun membuat persediaan untuk sekitar 20 negara mengurangi keuntungan kita. Kemudian Gulf War pertama melanda. Secara global, semua orang berhenti membeli barang dari TV. Dan penjualan kami turun drastis sekitar 30-40% dalam beberapa minggu. 

Kami pikir ini hanya berlangsung sementara, tapi kejadian ini berlangsung berbulan-bulan. Ini merupakan sebuah pukulan yang menghancurkan perusahaan kami. Kami tidak lagi memiliki profit untuk mendorong perkembangan bisnis kami tanpa cadangan modal untuk menutupi kerugian kami.

Kami membutuhkan rencana baru sesegera mungkin. Jadi, kami menciptakan tim penasihat hukum dan keuangan dari Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Serikat. Ketika saya mengetahui bahwa Gulf War akan berakhir, kami merancang rencana 60 hari untuk menutup kerugian, meregangkan ketentuan dengan pemasok utama, dan menarik investor.

Mantra kami adalah : selesaikan masalah ini dengan agresivitas, kecepatan, dan kegigihan yang sama seperti ketika membangun bisnis ini. Alih-alih mengatasi badai secara pasif, kami secara agresif melewatinya. Akhirnya, kami berhasil bertahan dalam kondisi baik karena kami telah menghabiskan waktu untuk menyusun rencana.  Kevin Harrington, penemu sekaligus perintis industri “As Seen on TV”, dan “ Shark Tank ” dengan kekayaan bersih senilai $ 450 juta.

4. Jangan pernah berhenti

Saya pernah berada di ambang kegagalan total dan hampir kehilangan segalanya. Saya perlu mengumpulkan dana lebih dari $1 juta dalam 60 hari. Dalam 58 hari, saya sudah melakukan banyak pertemuan dengan investor, namun selalu ditolak. Setelah saya dikeluarkan dari pertemuan berikutnya, diremehkan dan disebut gagal, saya merasa stress dan down.

Indahnya hidup adalah ketika Tuhan memberi anda keajaiban saat anda sangat membutuhkannya. Keesokan harinya, saya kembali ke investor terakhir dan kembali diusir dari kantornya. Pada titik tersulit ini, saya memanfaatkan keberanian dari dalam hati saya. Saya berjanji pada diri saya untuk mempertaruhkan semua yang saya miliki dan berkomitmen untuk menemukan solusi. Saya mengetuk pintu kantor berikutnya. Dan akhirnya, saya mendapatkan investasi senilai $1,5 juta, yang saya gunakan untuk membangun sebuah perusahaan bernilai jutaan dolar.  Com Mirza, “The $ 500 Million Man” dan CEO Mirza HoldingsGagal di delapan perusahaan, dan sekarang, menjalankan kerajaan bisnis ke- sembilan dengan lebih dari 600 karyawan.

 

5. Jangan panik. Jadilah orang yang fleksibel dan pandai

Pada bulan Februari 2016, salah satu klien utama saya gagal membayarkan sejumlah uang dan menempatkan kami dalam posisi yang berbahaya. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, tim eksekutif saya tidak menerima gaji.

Tidak yakin apakah perusahaan kami bisa bertahan, CFO dan COO saya justru ‘merencanakan kebangkrutan’. Mereka menghentikan semua uang keluar, membekukan segalanya, memotong dan mengosongkan batas kredit kami sebesar $ 500.000. Kami harus menunggu 48 jam lagi karena tidak memiki uang untuk menggaji karyawan kami. Setelah mendapatkan pinjaman sebesar $350.000 dengan bunga 14%, perusahaan kami hidup selama beberapa minggu, tetapi kami memiliki hutang sebesar $850.000.

Kami jatuh ke dalam masalah finansial dan menemukan bahwa ada sebuah departemen yang salah menagih. Dan kami kehilangan $7.000 dalam seminggu. Kami tidak ingin hanya meningkatkan faktur klien meskipun kontrak mengizinkan kami. Jadi, kami bekerja untuk meningkatkan kinerja. Kami menunjukkan kepada klien suatu tren hasil positif bahwa dengan cara penagihan yang benar, memungkinkan kami menagih dengan benar. Kami beralih dari yang tadinya kehilangan uang menjadi menghasilkan keuntungan mingguan sebesar $20.000.

Kemudian, kami mengubah kompensasi kelompok penjualan kami. Yaitu dengan memberi sedikit tambahan untuk pemain yang lebih baik. Cara ini hanya menghabiskan biaya 10% dari pendapatan ekstra yang kami hasilkan. Klien yang tidak membayar kami meninggalkan lebih dari 100 agen saat mereka melakukan transisi. Kami melatih agen penjualan, sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana awal. Pada akhirnya, departemen tersebut menghasilkan pendapatan mingguan sebesar $150.000.

Pada akhir tahun, perusahaan beralih dari hutang $850.000 dari hutang menjadi pendapatan mingguan lebih dari $400.000 tanpa hutang. Dan ini merupakan keuntungan bersih dengan lini bisnis baru yang belum pernah ada sebelumnya.  Craig Handley, salah satu pendiri dan CEO ListenTrust.

Ingin berbagi wawasan dan kisah sukses anda seperti 5 kisah di atas? Silahkan tulis di kolom comment.!

Mari kita mengulas tentang kisah bagaimana beberapa pengusaha superstar berikut ini selamat dari titik terendah hidupnya sampai menemukan kesuksesan :

Mari kita mengulas tentang kisah bagaimana beberapa pengusaha superstar berikut ini selamat dari titik terendah hidupnya sampai menemukan kesuksesan :

Banyak pengusaha yang dulunya berada pada titik terendah hidupnya sebelum mencapai kesuksesan besar yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Mari kita mengulas tentang kisah bagaimana beberapa pengusaha superstar berikut ini selamat dari titik terendah hidupnya sampai menemukan kesuksesan :

Leave a Reply