Bisnis yang Sukses Adalah Masalah Sikap

0
2431

Bisnis yang Sukses Adalah Masalah Sikap

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah : “Bisnis yang Sukses itu Adalah Masalah Sikap”

Sebelum saya melanjutkan topik saya, anda perlu tahu dahulu apa arti 5 huruf ini:

S I K A P. Sikap. Sikap dalam Bahasa Inggris itu adalah ATTITUDE.

Attitude ini kalau anda baca kisah sukses semua orang di muka bumi ini, mereka selalu penekanannya masalah sikap.  Seringkali banyak orang berkata, mengapa sikap itu sesuatu yang sangat penting? sikap itu segala-galanya.

Sahabat entrepreneur, mungkin bagi anda yang pemula di bisnis ini, ada 3 poin yang perlu anda garis bawahi tentang masalah sikap yaitu yang pertama adalah “Sikap Mental”. Sikap mental ini sangat penting karena menjadi seorang pengusaha itu sangat berbeda mentalnya dengan orang yang rata-rata. Atau yang saya masukkan rata-rata itu adalah mereka yang bekerja sebagai seorang karyawan, mengandalkan gaji. Itu berbeda sekali. Karena seorang entrepreneur itu mentalnya sangat berbeda. Mereka berani mengambil resiko, mereka berani mengambil tanggung jawab, mereka berani siap tidak dibayar, sikap-sikap mental seperti ini butuh satu keberanian yang luar biasa.

Kalau anda tidak punya masalah 3 contoh dari sikap mental ini, lupakan menjadi entrepreneur ! Lupakan menjadi pengusaha. Anda akan tersiksa dan sengsara sekali menjadi entrepreneur. Karena banyak sekali para pemula yang mau jadi entrepreneur, akhirnya mereka kembali lagi menjadi seorang karyawan. Gara-gara 3 hal ini. Ini sikap yang pertama, yaitu sikap mental.

Sikap yang kedua adalah : “Sikap Anda Terhadap Mentor Anda”. Jadi orang yang membimbing anda untuk menjadi seorang yang berhasil di bisnis anda, maka anda harus mempunyai sikap yaitu “teacheble”, atau mudah diarahkan. Mudah dididik. Mau menerima dari hati anda.

Jadi apapun yang disampaikan oleh mentor anda, itu pasti butuh kesediaan atau kerelaan anda untuk dipimpin oleh mentor anda.

Kalau anda tidak punya sikap yang seperti ini, jadi contohnya anda mungkin memberontak, ide anda tidak diterima, anda akan sulit kalau mau menjadi seorang pengusaha yang sukses. Karena mentor anda jauh lebih berpengalaman dari anda, mereka sudah pernah meniti jurang liku-liku,kegagalan yang lebih banyak dari anda, sehingga hari ini mereka siap memberikan arahan kepada anda.

Sikap yang ketiga, adalah “Sikap Anda Terhadap Diri Sendiri”. Sikap anda terhadap diri sendiri adalah sebuah sikap dimana anda sendiri harus memberikan suatu reward, reward itu apresiasi kepada diri anda sendiri kalau anda hari ini telah berhasil mencapai sesuatu. Contoh :

Anda hari ini menjual, mencapai target sesuatu. “yes! saya hari ini mungkin hari ini ada satu reward.” tetapi reward ini tidak boleh berlebihan ! Maksudnya kalau anda berlebihan, nanti anda bisa terlena. Contohnya kalau saya mencapai omzet 10 juta satu bulan, “yeah, saya mau nonton bioskop selama satu hari!” boleh. Sikap seperti itu boleh. Sikap terhadap diri sendiri inilah yang saya maksud adalah bukan cuma “self reward”, tapi anda juga harus punya “self punishment”.

Apa maksudnya self punishment?

Kalau saya tidak mencapai target yang saya tetapkan bulan ini, maka saya juga tidak akan menonton bioskop selama 3 bulan, contohnya seperti itu. Jadi sikap terhadap diri sendiri itu bermakna, yaitu “self reward” dan “self punishment”. Self reward dan self punishment ini sangat penting kalau anda mau menjadi pengusaha yang sukses. Jadi bisnis yang sukses itu adalah masalah sikap. Kuncinya adalah di tiga poin ini.

Sebenarnya masih banyak sekali, tetapi saya percaya sebagai seorang pemula anda cukup benahi tiga sikap ini, saya yakin anda sedang “on the track” menuju kesuksesan. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa  !!

Leave a Reply