Entrepreneur Smarts : 30 Pelajaran Wirausaha yang Saya Pelajari Dalam Usia 30 Tahun (Eps.1)

0
401

Entrepreneur Smarts : 30 Pelajaran Wirausaha yang Saya Pelajari Dalam Usia 30 Tahun (Eps. 1)

 

Mari kita membahas tentang hal-hal yang dapat kita pelajari pada usia 30 tahun. Jangan terlalu khawatir, kita sering membuat drama dari hal yang tidak biasa. Tetapi hal yang perlu kita pikirkan adalah masalah utama yang selalu terjadi. Dan kita sering melupakannya.

Ketika saya melihat kembali 30 tahun hidup saya sejauh ini, saya telah menemukan 30 pelajaran yang sederhana namun penting. Yaitu tentang bagaimana menjadi wirausaha yang lebih baik dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut ini adalah 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode pertama :

1. Jangan terlalu khawatir

Ada banyak tekanan dan drama di masa lalu yang sama sekali tidak penting. Ada cara untuk menangani setiap situasi dan kejadian dalam hidup anda. Tetapi terlalu banyak khawatir tidak akan memberikan solusi dan menyelesaikan apapun.

2. Bersyukurlah atas apa yang anda miliki

Saya sangat menderita pada masa kecil saya. Saya selalu emosi karena hal-hal yang tidak dapat saya miliki. Namun perilaku tersebut berubah drastis di usia 20-an, saat dimana saya mulai menekankan rasa syukur. Fokuslah pada kebaikan yang anda miliki, bukan hal-hal seperti kekurangan anda.

3. Berusahalah untuk menjadi versi yang lebih baik

Berusahalah untuk selalu menjadi versi yang lebih baik dari diri anda sebelumnya, setiap hari. Setiap hari kita memiliki kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru. Maafkan kesalahan kita di masa lalu dan jadilah seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Jatuhkan ego

Ini adalah sesuatu yang terus saya jalani. Karena memiliki ego yang tidak pernah mau melakukan sesuatu yang positif bagi saya, tentunya tidak menghasilkan hal yang positif pula.

5. Makan makanan sehat

Dulu saya makan apapun yang saya mau dan tidak masalah sama sekali ketika saya berolahraga 6 jam sehari. Saya masih mencintai gelato dari waktu ke waktu. Tetapi, semua yang saya makan mayoritas adalah makanan organik dan minum jus setiap hari. Fokuslah pada makanan yang sehat untuk anda. Dan pelajari apa yang anda masukkan ke dalam tubuh anda.

6. Berkeringatlah setiap hari

Gerakan itu penting, terutama saat begitu banyak orang duduk di meja kerja selama 10 jam atau lebih dalam sehari. Tidak menggerakkan badan bisa menyebabkan efek buruk pada tubuh seseorang. Lakukan olahraga seperti lari pagi atau sekedar senam agar tubuh anda mengeluarkan cukup keringat setiap harinya. Bermain sepak bola atau bola basket bersama teman bisa menjadi kegiatan mingguan anda. Lakukan sesuatu yang anda sukai, dan fokuslah untuk bergerak setiap hari.

7. Balas budi

Saya tidak akan berada di tempat saya sekarang tanpa bantuan dari banyak orang. Dukungan yang saya terima dari keluarga, teman, guru, pelatih dan mentor bagi saya sangatlah penting. Temukan cara untuk membantu orang lain dan balas kebaikan mereka sebagai bentuk ucapan terima kasih yang terbaik.

8. Bingkailah tujuan anda

Saya berusia 20-an saat mulai menuliskan semua tujuan saya dan menandai setiap tanggal kapan saya akan mencapainya. Saya tercengang saat mulai mencapai tujuan saya sejak tanggal saya mencantumkannya. Ini adalah latihan visualisasi harian, dan hampir selalu berhasil. Saya percaya, jika anda berusaha keras demi mencapai tujuan anda, maka kemungkinan besar tujuan anda akan terwujud.

9. Jangan biarkan orang lain mendikte anda

Jika anda tidak ingin menjalani kehidupan dimana anda pergi bekerja setiap hari hanya agar anda dapat menikmati akhir pekan dan hanya bisa berlibur dua minggu setiap tahun, maka jangan bekerja di perusahaan orang lain. Bacalah buku dan blog inspirasional lainnya tentang menciptakan gaya hidup berbisnis yang ingin anda jalani.

10. Ikuti passion anda

Kita hanya punya satu kesempatan dalam hidup ini. Jika anda tidak mengikuti apa yang anda cintai, maka apa yang sebenarnya sedang anda lakukan? Mengapa anda ‘pamer’ dengan pekerjaan anda setiap hari jika anda merasa pekerjaan tersebut tidak menginspirasi anda?

11. Anda harus antusias dengan apa yang anda lakukan

Mantan pemain sepak bola dan pelatih Vince Lombardi mengatakan, “Jika semangat anda tidak terbakar karena antusias, maka anda akan ‘dibakar’ oleh antusiasme tersebut”.

12. Fokuslah pada relationship

Anda bisa mencapai apapun apabila anda memiliki hubungan yang baik secara pribadi maupun profesional. Ingatlah bahwa orang lain tidak peduli sama sekali tentang apa yang anda ketahui. Mereka hanya ingin membangun hubungan baik jika anda juga mempedulikannya.

13. Terbuka untuk mencoba hal yang baru

Saya telah menjadi seseorang yang sangat pemilih sepanjang hidup saya. Tetapi semakin saya mencoba, semakin saya belajar dan menjadi diri saya dengan versi yang lebih baik.

14. Rasakan ketakutan anda, namun jangan sampai dikalahkan rasa takut

Teman sekaligus psikolog olahraga saya, Dr. Jeff Spencer memberitahu saya sekali tentang ketakutan, dan hal itu terus menempel di pikiran saya. Atlet terkenal pun juga merasa takut, sama seperti orang lain. Tetapi mereka menyalurkan rasa takut itu pada aktivitas dan latihan untuk memberi diri mereka sendiri semangat untuk bersaing.

15. Masa kecil anda merupakan persoalan penting

Masa kecil anda juga merupakan persoalan penting, namun jangan biarkan hal tersebut mengendalikan anda ketika anda beranjak dewasa. Mengendalikan sisa hidup anda. Kesialan dapat terjadi pada kita semua. Gunakan hal tersebut untuk keuntungan anda. Pelajari kegagalan anda di masa lalu, dan fokuskan pada rasa syukur.

Untuk poin ke 16 sampai 30, klik Next

Berikut ini adalah 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode pertama :

Berikut ini adalah 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode pertama :

Ketika saya melihat kembali 30 tahun hidup saya sejauh ini, saya telah menemukan 30 pelajaran yang sederhana namun penting. Yaitu tentang bagaimana menjadi wirausaha yang lebih baik dan menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut ini adalah 30 pelajaran wirausaha yang saya pelajari dalam usia 30 tahun episode pertama :

Leave a Reply