Hidupku Kok Selalu Susah, Itu Salah Siapa?

0
778

Hidupku Kok Selalu Susah, Itu Salah Siapa?


Klik Disini Untuk Melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, topik saya kali ini adalah : “Hidupku Kok Selalu Susah, Itu Salah Siapa?”

Sebetulnya saya terinspirasi membuat judul ini karena saya selalu melihat para subscriber, para follower di social media, termasuk di zaman sekarang ini banyak anak-anak muda yang hatinya lemah.

Kena masalah sedikit, complain.

Kena masalah sedikit, mengeluh.

Kena masalah sedikit, sudah menyalahkan siapapun.

Menyalahkan orang tua, menyalahkan teman, menyalahkan lingkungannya. Satu orang yang tidak pernah salah, yaitu dirinya sendiri.

Akhirnya saya terinspirasi dari sebuah kutipan yang sangat luar biasa dari Dalai Lama.

Beliau berkata begini :

“When you think everything is someone else’s fault, you will suffer a lot. When you realize that everything springs only from yourself, you will learn both peace and joy”.

Apa maksudnya?

“Ketika anda berpikir bahwa segala sesuatu adalah kesalahan orang lain, maka anda akan sangat menderita seumur hidup. Dan ketika anda menyadari bahwa segala sesuatu itu harus bertumbuh dari dalam, maka anda akan percaya, suatu hari anda akan menemukan kedamaian dan sukacita”.

Sahabat entrepreneur, sebagai seorang entrepreneur, anda pasti tidak lepas dari yang namanya tantangan. Anda pasti merasakan yang namanya omzet jatuh. Anda juga pasti pernah mengalami kegagalan. Anda mungkin pernah ditinggalkan orang terbaik anda.

Anda juga pasti pernah mengalami yang namanya masa-masa sulit. Anda juga pasti pernah mengalami masa-masa penuh dengan pergumulan. Anda juga pasti pernah merasakan masalah-masalah dimana anda pasti kebingungan.

Ketika anda mengalami problem seperti ini, coba anda renungkan kutipan ini. “Ketika anda menyalahkan orang lain, maka anda akan sangat menderita”. Karena apa?

Anda selalu menyalahkan orang dan situasi. Anda bisa tonton di video-video saya sebelumnya. Anda juga saya rekomendasikan untuk menonton video saya “Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk”. Disitu ada tips bagaimana anda jangan lagi suka mengeluh, jangan lagi suka menyalahkan orang lain, dan jangan suka berputus asa. Karena tidak ada satupun yang memegang kendali hidup anda kecuali diri anda sendiri.

Sekalipun anda mengalami masalah yang tidak pernah anda perbuat, sekalipun anda pernah mengalami masalah yang bukan kesalahan anda, jangan salahkan siapa-siapa.

Marilah belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri anda sendiri.

Stop complaining, stop blaming. Berhentilah menyalahkan, berhentilah mengeluh. Karena itu tidak akan menyelesaikan masalah anda. Tetapi mulai sekarang sadari, putar terus video ini, renungkan bahwa yang memegang kendali hidup anda bukan orang lain. Bukan orang yang menyakiti anda. Bukan orang yang menusuk anda. Bukan orang yang membuat anda bangkrut. Bukan orang yang membuat anda jatuh. Bukan orang yang membuat anda putus asa. Bukan orang yang membuat anda hari ini sampai depresi. Tapi ANDA yang memutuskan untuk depresi.

Anda yang memutuskan mau terpuruk. Anda yang memutuskan untuk bangkrut. Orang tidak bisa membuat anda bangkrut kalau anda menganggap tidak bangkrut. Orang tidak bisa menyakiti hati anda kalau anda tidak mau disakiti. Orang tidak bisa membuat anda putus asa kalau anda memilih untuk tidak berputus asa. Orang tidak bisa membuat anda down kalau anda sendiri memutuskan untuk tidak mau down.

Anda lah yang menentukan. Respon seperti apa yang menentukan anda mau menjadi seperti apa pada hidup anda di masa depan. Itu semua dimulai dari keputusan anda. Mari, lebih baik kita ambil sisi positifnya. Kita ambil diri kita, cari ketenangan, bersyukurlah.

Coba ulangi video saya yang lain, “5B”. Lebih banyak bersyukur, lebih banyak berdoa. Niscaya, sebenarnya semua kesulitan, masalah yang kita hadapi itu untuk pendewasaan mental kita. Pendewasaan jiwa kita. Agar kita bisa lebih bijak, lebih kuat, lebih tegar, dan yang terpenting lebih bertanggung jawab dalam hidup kita.

Bila anda menyukai video ini silahkan klik subscribe, share pada teman-teman anda, niscaya pasti ada kebaikan yang anda peroleh.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

 

Leave a Reply