Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membangun Tim

0
646

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membangun Team ?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah : “Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membangun Tim?”

Baik, jadi topik kali ini ingin saya bahas karena saya terinspirasi ketika saya melihat seekor semut. Dia sedang menarik kecoa yang mati. Mungkin kecoa itu adalah makanannya untuk dimakan bersama teman-temannya. Tetapi pada semut itu saya melihat sebuah keunikan. Dia tidak pernah menarik kecoa seorang diri.

Awalnya hanya satu/dua. Tiba-tiba dalam waktu singkat mereka bergerombol. Bisa ratusan sampai ribuan. Dan hebatnya, semut yang badannya kecil bisa menarik kecoa yang badannya begitu besar. Itu karena dia tidak pernah bekerja seorang diri. Tapi dia bekerja secara gotong royong. Gotong royong artinya kita bekerja secara tim.

Bahkan sebesar apapun kecoa tersebut akan terangkat hanya karena semut ini mau bekerja sama atau gotong royong. Semut itu tidak ada yang merasa “saya merasa lebih hebat”, “saya merasa lebih pintar”. Tapi semuanya satu visi, bersatu padu bisa mengangkat kecoa itu dan akhirnya dimakan bersama-sama. Tim itu akan mati kalau ada seseorang merasa lebih hebat di dalam tim. Tim itu tidak akan efektif kalau anda masih merasa kalau anda bisa mengerjakannya sendiri. Akhirnya sama dengan kecoa dan semut tadi.

Akhirnya si semut stress. Kecoa yang sebesar itu tidak bisa terangkat. Di dalam bisnis itu sama. Target sebesar apapun pasti akan tercapai kalau kita mengerjakannya bersama-sama. Saya punya rekomendasi videonya. “Bagaimana Membuat Target yang Pasti Tercapai”. Dan satu video lagi, “Bagaimana Mencetak Omzet 3 Milyar”.

Di video itu sudah saya bahas bagaimana strategi yang harus dilakukan kalau anda ingin mencapai sebuah target yang paling besar, seperti kecoa itu tadi. Kalau bekerja secara tim, itu saya sangat rekomendasikan. mengapa mulai dari sekarang anda harus membangun tim? Bukan kapan, tapi mulailah sedini mungkin.

Pekerjaan satu orang dikerjakan oleh 5 orang, itu akan lebih cepat selesai. Dikerjakan oleh 50 orang, itu akan jauh kebih cepat selesai. Jadi, anda jangan mengerjakan semuanya sendiri. Mungkin bagi anda yang menonton video ini, yang terbiasa melakukan semuanya sendiri, saya tahu anda adalah oang hebat. Tapi percaya pada saya, sehebat apapun orang itu, dia tidak mungkin bisa melakukan pekerjaan super besar.

Contoh, sebuah tim sepak bola. Sehebat apapun skill anda, kalau anda mungkin bisa melatih 1/2 pemain. Tetapi anda tidak mungkin bisa melatih sampai 11 pemain. Saya tidak pernah melihat. Bahkan sekelas Pele, Maradona, sampai Lionel Messi sekalipun, saya tidak pernah lihat mereka bisa melatih 11 orang pemain. Tetapi anda harus bisa melatih secara tim.

Saya tahu, tujuan tim adalah melengkapi kelemahan anda. Setiap orang punya kelemahan. Dengan anda punya tim, dia akan mengerjakan kelemahan anda. Anda mungkin kelemahannya di bagian administrasi. Anda harus mencari tim yang kuat di bagian administrasi. Anda mungkin lemah di bagian penjualan. Anda harus menemukan tim yang pandai menjual. Anda mungkin lemah dalam meyakinkan orang lain. Anda harus menemukan tim yang memiliki kemampuan persuasif dengan orang lain.

Saya percaya dengan anda bekerja secara tim, anda rendahkan ego anda, rendahkan gengsi anda, mari bersama-sama bekerja secara tim. Saya percaya bahwa suatu hari anda bisa mengerjakan hal yang besar. Ada sebuah pepatah mengatakan : Kalau anda ingin berjalan cepat, maka berjalanlah seorang diri. Tapi kalau anda ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama. Dan arti dari pepatah ini, mengajarkan kepada kita pentingnya bekerja secara tim.

Contoh lagi yang paling sederhana adalah film yang lagi nge-trend sat ini, Avengers. Avengers ini berbicara tentang para superhero yang memiliki kemampuan-kemampuan yang istimewa. Dan setiap orang punya penggemarnya masing-masing. Tetapi sutradara The Avengers ini sangat cerdas. Dia tahu setiap superhero ini memiliki penggemar masing-masing. Tetapi akhirnya mereka mengambil satu tema ini, dimana semua superhero digabungkan menjadi satu tim. Menjadi satu tim yang tak terkalahkan. Akhirnya, setiap orang pasti mempunyai kelebihan. Termasuk anda. Anda juga memiiki kelebihan.

Tetapi anda hari ini mungkin belum menggali potensi dan kelebihan anda. Tetapi saya percaya anda pasti punya kelebihan. Dan tutupi kelemahan anda dengan membangun tim. Dengan mencari tim, bersama-sama anda akan menutupi kelemahan anda dan suatu hari, saya percaya tim anda akan menjadi tim yang sangat  istimewa, tim yang hebat dan luar biasa.

Oke, jadi kapan saat yang tepat untuk membangun tim? Sekarang juga !! Jangan tunggu tim anda, jangan tunggu usaha anda sudah besar baru anda membangun tim. sedini mungkin bisa dikerjakan secara tim, saya percaya maka perusahaan yang kecil akan menjadi perusahaan yang besar. Sukses untuk anda, apabila anda merasa channel ini bermanfaat, silahkan subscribe/berlangganan, dan anda bisa bagikan kepada teman-teman anda untuk menginspirasi supaya bisnis dan kehidupan mereka suatu hari lebih baik dan lebih besar lagi.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply