Mengapa Social Media Marketing Merupakan Strategi SEO yang Brilian?

0
320

Mengapa Social Media Marketing Merupakan Strategi SEO yang Brilian?

Terkadang saya mendengar ahli marketing olline berusaha untuk menggambarkan berbagai strategi pemasaran dalam konteks yang berbeda dan memiliki jangkauan lebih luas, hal itu sangatlah tepat. Content marketing, optimasi SEO dan pemasaran pada media sosial, semua dapat direncanakan dan dilaksanakan secara terpisah. Anda bisa mengerjakannya masing-masing sebagai upaya individu.

Namun akan jauh lebih efektif jika anda menggunakan strategi ini dalam hubungan dengan satu sama lain, untuk melengkapi dan meningkatkan usaha anda. Konten dapat memperkuat kampanye SEO anda dengan menarik lebih banyak link dan mengoptimalkan frase kunci tertentu serta social media feeds dalam kampanye konten anda untuk memperkuat jangkauannya.

Tapi bagaimana cara menggunakan media sosial ke dalam SEO dengan tepat?  Dapatkah kampanye media sosial meningkatkan peringkat pencarian website anda?

Informasi Profil.

Salah satu langkah pertama yang dapat anda ambil dalam kampanye social media marketing mengklaim dan mengisi profil sosial media anda dengan informasi tentang perusahaan anda. Mulai dari nama dan jenis usaha serta alamat dan nomor telepon. Ini adalah konten yang dapat diindeks dan secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan peringkat.

Banyak review situs pihak ketiga mengambil profil media sosial untuk informasi bisnis lokal, yang kemudian mereka gabungkan ke dalam entri di situs mereka. Google kemudian menggunakan entri ini untuk membentuk standar sendiri format untuk bisnis lokal, yang berarti anda bisa mengisi profil media sosial untuk meningkatkan visibilitas dan akurasi dari bisnis online.

Kekuatan inbound link.

Ada dua faktor utama yang Google pertimbangkan dari hasil peringkat untuk pertanyaan tertentu, yaitu relevansi dan otoritas. Relevansi entri adalah bagaimana memenuhi kebutuhan permintaan pencarian yang diberikan, sementara otoritas adalah bagaimana sumbernya dapat dipercaya. Otoritas itu menentukan, sebagian besar dari profil inbound link pada halaman dan domain yang bersangkutan. Lebih tinggi otoritas sponsor yang telah menunjuk ke domain anda, maka semakin tinggi pula peringkat anda.

Prinsip adalah alasan terbesar mengapa media sosial sangat penting untuk SEO dan itu semua karena operasi media sosial sebagai media platform sindikasi. Link dalam posting Facebook, tweet atau posting sosial lainnya tidak berdampak pada peringkat pencarian anda secara langsung, tetapi jangkauan diperkuat apabila anda menyediakan konten. Anda dapat menghasilkan lebih banyak inbound link menarik dari sumber yang dapat memberi dampak pada website anda.

Social media sebagai platform sindikasi.

Keuntungan terbesar media sosial sebagai saluran pemasaran adalah kemampuannya untuk mendistribusikan konten dan link kepada pemirsa, dan terus meningkat satu jika anda tahu bagaimana cara membangun follower anda. Sindikasi pada sebuah artikel di media sosial bermanfaat agar reader bisa langsung membuka ratusan atau ribuan artikel baru, dan para pembaca bisa berbagi lebih lanjut. Tetapi ini saja tidak akan banyak membantu dari perspektif SEO. Namun setiap pembaca yang tertarik bisa menjadi blogger, jurnalis, editor atau mereka yang memiliki potensi dapat bergabung untuk membangun link alami pada konten anda sebagai referensi dalam pekerjaan mereka sendiri. Itu artinya media sosial dapat dan akan sangat meningkatkan potensi profil inbound link anda.

Selanjutnya,jika anda posting konten anda di media sosial, hal ini bisa membuka pintu ke bisnis lain dari visibilitas media sosial. Google meng-indeks konten dari Facebook, Twitter dan mungkin lebih banyak lagi social media platform media di waktu mendatang. Jika waktu dan relevansi tepat, postingan anda langsung bisa muncul dalam hasil pencarian.

Social Signals.

Ada beberapa perdebatan dalam komunitas SEO tentang apakah “social signal” dapat mempengaruhi peringkat pencarian anda? Hal ini terutama karena Google dengan tegas menerima dan menolak adanya sinyal sosial dalam peringkat pencarian. Hipotesisnya adalah bahwa artikel yang menerima sejumlah besar saham media sosial akan mendapatkan dorongan tambahan dalam otoritas dengan bukti empiris bervariasi.

Dalam Searchmetrics “5 Faktor yang Menempati Ranking Teratas Pada Tahun 2015” , Google+ memiliki korelasi peringkat 0,31, share on Facebook pada 0,28, Tweet pada  0.23 dan Pinterest pada 0.23.

Moz merilis laporannya dengan nomor dan waktu yang sama. Meskipun tidak mungkin untuk menyamakan korelasi dengan sebab-akibat, artikel dengan saham lebih cenderung memiliki lebih banyak visibilitas, lalu lintas dan inbound link, jadi ini merupakan manfaat nyata dari SEO.

Influencer Marketing dan peluang penerbitan.

Media sosial juga merupakan sarana untuk membuat koneksi baru, dengan influencer yang sudah memiliki pengikut yang cukup banyak dan memiliki reputasi serta publikasi eksternal yang mungkin bekerja dengan anda untuk mempublikasikan konten Anda sebagai guest post . Jika anda dapat menarik perhatian pengguna dalam dua kategori tersebut, anda dapat meningkatkan jangkauan pengaruh lebih besar. Dalam konteks ini, media sosial adalah alat yang dapat digunakan untuk mendapatkan peluang SEO lebih beragam.

Apakah Social Media Marketing merupakan kunci untuk sukses jangka panjang ?

Jawabannya adalah ya, kampanye media sosial anda dapat meningkatkan peringkat pencarian anda, selama anda mengikuti dan menerapkan hal-hal di bawah ini dengan baik dalam pikiran anda untuk keberhasilan jangka panjang :

  • Isi profil Anda.

Ini harus menjadi langkah pertama anda. Anda tidak pernah tahu informasi apa yang bisa berguna, sehingga isilah dalam setiap data dengan lengkap.

  • Promosikan konten Anda melalui media sosial (dan seterusnya).

Promosi Konten adalah shortcut terbesar anda untuk mesin pencari visibilitas yang lebih besar. Jadi, buatlah konten yang banyak dan hubungkan setiap bagian (link) dari konten yang anda kembangkan.

  • Mendorong saham.

Publikasikan konten yang memiliki potensi tinggi untuk Shareability, dan mendorong pengguna untuk berbagi pada medial sosial mereka. Ini akan memberi anda lebih banyak social signal, lebih banyak inbound link, dan mendatangkan pemirsa lebih banyak untuk mendukung anda di masa depan.

  • Terlibat dengan influencer.

Terakhir, temukan dan berinteraksilah dengan influencer. Mereka merupakan peluang besar untuk memperbanyak pemirsa dan visibilitas merek.

Dengan praktek-praktek terbaik dan kampanye media sosial yang terintegrasi ke dalam pemasaran konten anda dan usaha SEO, anda akan melihat peningkatan berdampak dalam sistem marketing anda. Social media mungkin hanya menjadi komponen perifer untuk strategi anda, tetapi social media merupakan sarana marketing yang potensial.

Selamat mencoba,

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply