Mindset & Mental Orang Miskin

0
1406

Mindset & Mental Orang Miskin

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah : “Mindset dan Mental Orang Miskin”.

Baik, menyambung dari video saya sebelumnya “mindset & mental orang sukses”, sekarang ini membahas cara berpikir orang yang sebaliknya. Sebenarnya kata-kata saya atau judul video saya kali ini dikuatkan oleh Jack Ma, pendiri dari Alibaba.com.

Jack Ma suatu hari pernah diwawancara, tentang bagaimana cara berpikir orang rata-rata? Jack Ma mengatakan, “orang yang paling buruk dilayani adalah poor people”. Poor people adalah orang-orang yang bermental miskin. Jadi mohon maaf bila anda tersinggung. Video ini bukan bermaksud untuk menyinggung anda, tapi ini adalah manusia yang paling banyak di muka bumi ini. Mereka kalau diberi gratis, dikira mau menipu.

Diberi tahu investasi kecil, mereka bilang hasilnya kecil. Diberi yang investasinya besar, mereka bilang “saya tidak punya uang”.

Diberi tahu untuk mencoba hal yang baru, mereka bilang, “saya tidak punya pengalaman”.

Diberi tahu bisnis tradisional, mereka bilang, “saya tidak punya bakat, susah”.

Kemudian diberitahu model bisnis yang lebih baru, dikira Multi Level Marketing, MLM.

Diberi tahu buka toko, mereka bilang “tidak bebas”.

Diberi tahu buka bisnis, katanya tidak punya pengalaman. Jadi poor people itu mereka punya kesamaan. Yaitu mereka suka bertanya ke Google, kemudian mendengarkan teman yang sama susahnya dengan mereka, kemudian cara berpikir mereka lebih banyak daripada profesor manapun, serta action atau tindakan mereka lebih sedikit
daripada orang buta, padahal orang buta itu terus berjalan.

Jadi coba tanya pada mereka, apa yang bisa mereka lakukan? Mereka tidak akan bisa menjawab. Mereka cuma tim tepuk tangan, mereka hanya akan bilang, “keren..bagus..! dia beruntung.” Mereka cuma bilang seperti itu.

Jadi kesimpulan saya daripada jantung anda berdetak lebih kencang, kenapa bukan mengambil lebih banyak tindakan ? Daripada cuma dipikirkan terus, mengapa tidak mencoba sesuatu? Poor people dan gagal itu mempunyai satu kesamaan yaitu hidup mereka selalu menunggu dan menunggu.

Jadi : “Broke is temporary, Poor is state of mind”. Ini kata-kata dari beliau.

“Broke is temporary, Poor is state of mind”.

Jadi bangkrut atau miskin itu cuma masalah sementara. Tetapi mental miskin itu adalah kondisi kejiwaan seseorang atau kondisi mindset seseorang. Anda perhatikan pada video-video saya sebelumnya, banyak video saya ini mengulas tentang
menggedor cara berpikir anda untuk berani menjadi seorang pengusaha. Memang menjadi seorang pengusaha itu cara berpikirnya bukan seperti orang rata-rata.

Mungkin bagi orang yang hari ini tidak berminat menjadi pengusaha, setelah menonton video ini anda merasa, “pak, kenapa saya merasa seperti apa yang disampaikan oleh Pak Chandra?”

Sahabat Entrepreneur, video ini tidak cocok untuk anda kalau anda tidak ingin menjadi pengusaha. Anda pasti merasa tersinggung, anda pasti merasa tertusuk, anda pasti merasa anda sedang dikritik, tetapi sekali lagi, saya mau bicara dengan anda, pengusaha adalah seperti ini. inilah ENTREPRENEUR. Kalau tidak, anda tidak cocok menjadi entrepreneur.

Terus terang sahabat entrepreneur, kalau anda ingin benar-benar menjadi seorang pengusaha, buang jauh-jauh cara berpikir yang tadi dikatakan oleh Jack Ma. saya yakin hari ini Jack Ma bukan orang biasa-biasa saja, beliau salah satu orang terkaya di China saat ini. Bahkan termasuk orang terkaya di dunia.

Apa yang beliau sampaikan bukan omong kosong. Memang benar. Dan apa yang sudah Jack Ma katakan, selama 20 tahun di bisnis saya, saya sering bertemu orang seperti ini. dan sampai kapanpun mereka tidak akan bisa berubah. Dan saya tidak bisa menunggu mereka. Karena kita sudah berikan peluang, tapi anda tetap diam-diam saja dan anda tidak mau berubah.

Semoga setelah anda menonton video ini ada sedikit kemajuan. Dan bukan cuma kemajuan, saya tunggu success story anda. Bila anda sudah banyak mengalami perubahan setelah menonton channel-channel ini, silahkan comment di bawah. Semoga comment anda positif dan banyak kemajuan. Saya dengan senang hati membacanya.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply