Pentingnya Personal Branding

0
731

Pentingnya Personal Branding

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah berbicara tentang : “Pentingnya Personal Branding”.

Apa sih maksudnya Personal Branding? Personal branding itu adalah bagaimana cara anda memperkenalkan diri anda kepada publik. Itu definisi Personal Branding. Mengapa personal branding ini sangat penting bagi anda yang ingin menjadi seorang entrepreneur sukses? Saya berikan sebuah contoh itu seperti ini, anda itu ingin dikenal apa oleh seorang publik?

Misalkan kisah seorang pria di Inggris bernama Paul Dalton. Beliau ini ahli dan pakar dari cuci mobil serta salon mobil. Saya kira di Indonesia juga banyak orang ahli wax mobil atau salon mobil. Biayanya paling cuma berapa, salon? Antara bervariasi dari 300 ribu sampai 1 juta untuk mobil-mobil yang biasa. Mungkin untuk mobil yang mewah seperti sport car dan sebagainya mungkin bisa jutaan Rupiah. Tetapi anehnya Paul Dalton ini, dia bisa memperkenalkan dirinya, dia bisa memperkenalkan value dirinya, dia bisa mempunyai nilai tambah bagi dirinya, dan akhirnya publik mengenalnya melalui Social Media.

Anda tahu sekarang jasanya dia berapa? Sekali dia cuci mobil, sekali dia wax mobil, sekali dia salon mobil, bisa sampai 75 juta Rupiah. Wow, itu angka yang fantastis! Mengapa dia bisa menjual dirinya untuk satu jasa 75 juta Rupiah? Jawabannya itu cuma satu. Karena personal branding.

jadi begini, personal branding adalah sesuatu yang mau anda kenalkan di publik. Mungkin anda bingung.”Pak, saya masih muda. Saya ini tidak tahu apa-apa. Saya tidak tahu dunia bisnis. Bagaimana saya mau personal branding?

Personal branding itu sederhana. Personal branding itu mudah.

Personal branding itu dimulai dari apa kelebihan anda. Bukan apa kelemahan anda.

Jadi kalau anda mulai sekarang, setelah anda menonton video ini, anda cek kelebihan anda itu apa? Contohnya sahabat saya, Miss Merry Riana. Anda bisa cek di Google, Merry Riana.

Merry Riana awalnya adalah seorang anak perantauan. Dia berangkat ke Singapore. Saya kira wanita di Indonesia ini banyak sekali yang merantau ke luar negeri. Tetapi Merry Riana luar biasa. Bagaimana dia seorang anak perantauan, korban kerusuhan, dan akhirnya hari ini, dia punya status di Facebooknya, di Twitternya, mencerminkan dia adalah wanita yang tangguh dan berjuang. Dan bukan mustahil akhirnya beliau dikenal oleh publik Singapura, dan juga di seluruh ASEAN dan bahkan sekarang di Indonesia.

Personal branding beliau adalah di social media juga. Awalnya beliau memperkenalkan diri sebagai wanita pekerja keras, wanita yang tangguh, dan wanita yang sangat luar biasa. Saya yakin hari ini banyak wanita seperti ini. Tetapi karena Merry Riana, dia mengerti personal branding, akhirnya hari ini beliau sukses. Ya, itu sahabat saya. Hari ini anda yang membaca artikel ini, anda juga harus bisa menguasai ilmu personal branding.

Personal branding itu dimulai darimana? Yang paling gampang adalah di status sosial media anda. Kalau hari ini status anda itu galau semua, stress semua, lalu anda curhat, “Aduh, saya gak punya pacar, saya stress.”

Maka besok yang akan berteman dengan anda adalah orang galau semua. Karena apa? Karena itu personal branding anda. Anda adalah “Master of Galau”. Karena apa? Karena anda sendiri yang menarik orang-orang yang seperti itu untuk masuk dalam hidup anda. Akhirnya, bukannya anda menemukan pasangan hidup yang bagus, tapi anda menemukan pasangan hidup yang galau juga. Dan akhirnya semakin ruwet setelah anda bersatu. Karena apa? Karena itu personal branding.

Jadi mulai hari ini, anda mau dikenal seperti apa? Jangan fokus pada masalah anda, jangan fokus pada kelemahan anda. Tapi fokus pada kelebihan anda. Saya percaya, kalau anda fokus pada kelebihan anda, anda akan dikenal publik sebagai apa, dan anda akan menjadi orang-orang yang luar biasa berikutnya, karena kekuatan personal branding. Selamat melakukan tips ini, semoga anda menjadi orang sukses berikutnya.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply