Pertajam Memori Anda dengan Makanan yang Dapat Menyehatkan Otak Anda..!

0
154

Pertajam Memori Anda dengan Makanan yang Dapat Menyehatkan Otak Anda..!

Jika catatan memenuhi meja anda, dan telepon anda overloaded karena pengingat waktu makan, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan pola makan.

Kita sering menyalahkan penyimpangan memori karena bertambahnya umur. Semakin kita menua, maka semakin kita menjadi orang yang pelupa. Namun, sebenarnya memori kita dapat ditingkatkan dengan asupan nutrisi.

“Sebuah memori yang tajam tergantung pada jumlah total dari sel-sel otak anda, kelancaran arus komunikasi antara sel-sel dan kesehatan sel otak.” kata Joy Bauer, penulis Food Cures (Rodale, 2011) dan ahli gizi di NBC Today Show.

Dia menyarankan kita perlu makan enam jenis makanan ini untuk tetap mempertajam memori anda walaupun rambut anda mulai memutih. Berikut ini adalah 6 jenis makanan yang perlu kita konsumsi setiap hari :

1. Buah bit untuk mengatur detak jantung anda.

Memiliki jantung yang sehat, itu artinya anda memiliki otak yang sehat.”Setiap sel dalam tubuh membutuhkan pasokan oksigen dan nutrisi untuk tetap hidup dan berfungsi dengan baik,” kata Bauer.

red-beets-1725799_960_720 Jaga tingkat tekanan darah anda pada angka kurang dari 120/80. Berolahragalah secara teratur, dan pastikan anda memiliki persediaan makanan seperti buah bit yang dapat meningkatkan aliran darah. Buah bit juga dapat memberikan pasokan nutrisi ke otak. “Sebuah otak yang penuh dengan neuron bergizi baik memungkinkan anda untuk berpikir dan mengingat lebih jelas,” kata Bauer.

 

2. Ikan untuk menjaga kesehatan sel otak.
food-712665_960_720“Ketika kita membahas makanan dan memori, ikan harus menjadi ‘bintang’nya,”kata Bauer. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, herring, dan mackerel mengandung banyak asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan sel-sel otak.

Bauer merekomendasikan makan ikan dengan porsi empat-ons. Sedikit lebih besar dari telapak tangan anda, dari lemak ikan setidaknya tiga kali seminggu.

 

3. Segala jenis buah Berry untuk mencegah kerusakan sel otak.
Buah berry diperkaya dengan antioksidan yang disebut anthocyanin yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel otak. Sebuah studi Harvard pada tahun 2012 menemukan sebuah fakta. Bahwa wanita yang makan setidaknya satu cangkir blueberry dan strawberry per minggu akan mengalami keterlambatan 2,5 tahun pada penurunan mental, dibandingkan dengan wanita yang jarang makan buah tersebut.

berries-1546125_960_720“Khususnya buah Blueberry, buah ini telah mendapat banyak perhatian karena dapat meningkatkan memori spasial dan memori belajar,” kata Bauer. Dia merekomendasikan makan empat cangkir buah berries per minggu.

Bahkan jika buah berry sedang tidak di musim, buah berry beku juga memiliki gizi yang sama. Tambahkan beberapa berry pada smoothies buah sebagai menuman di pagi hari. Atau anda dapat menambahkan buah berry ke dalam pancake anda.

 

4. protein tanpa lemak untuk meningkatkan keterampilan kognitif.
breakfast-924167_960_720Daging ayam, dada kalkun, telur dan susu rendah lemak merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Jenis makanan ini merupakan protein penting untuk menjaga keterampilan kognitif anda. Sebuah studi di Tufts University menunjukkan bahwa orang dewasa yang kekurangan vitamin B12 berisiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif.

 

5. Buah kenari untuk meningkatkan ketajaman memori anda. 
Buah kenari mungkin menyerupai versi miniatur dari otak manusia karena suatu alasan. Ada sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer. Studi ini menemukan bahwa mengkonsumsi kenari dikaitkan dengan peningkatan ketajaman memori yang lebih baik dan peningkatan fungsi kognitif.

 walnut-1710571_960_720Buah kenari juga merupakan sumber besar asam alpha-linolenic, yaitu bentuk nabati asam lemak omega-3. Taburkan beberapa kenari pada salad, yoghurt atau campurkan kenari cincang ke dalam adonan pancake.

6. Kopi untuk mempertajam fokus. 
coffee-1569682_960_720Kafein dapat mempertajam fokus dan memori untuk sementara. Bauer mengatakan beberapa cangkir kopi baik untuk diminum pada siang hari.

Ia merekomendasikan menghindari kafein setidaknya delapan jam sebelum tidur sehingga tidak mengganggu jam tidur anda.“Kualitas tidur merupakan komponen penting untuk memiliki memori yang tajam,” katanya.

Leave a Reply