Sukses Berpola Gagal juga Berpola

0
571

Sukses Berpola, Gagal juga Berpola

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa !! Kali ini saya akan membahas sebuah topik tentang : “Sukses itu berpola, gagal juga berpola”. Baik, anda paham tidak dengan judul ini? Bahwa sukses itu ternyata ada polanya, gagal juga ada polanya. Pola itu adalah pattern, ada jalannya.

Seperti ada rel dalam kehidupan seseorang. Sukses itupun ada relnya. Gagal juga ada relnya. Rel itu sebenarnya tidak kemana-mana, disitu-situ saja. Di buku saya ‘Badai Pasti Berlalu’, dari halaman 111 sampai halaman 139, saya membahas kisah tentang 8 tokoh inspiratif disini. Dimana 8 tokoh inspiratif ini dari berbagai latar belakang. Ada pengusaha, ada artis, ada motivator, dan juga ada seorang olahragawan.

Kisah-kisah mereka ini kalau saya lihat, ada satu benang merah diantaranya. Kenapa mereka bisa menjadi orang sukses? Karena ada polanya. Pola itu sebetulnya apa saja? Saya tidak mungkin membahasnya. Anda bisa membaca di buku ‘Badai Pasti Berlalu’. Disitu kiat-kiatnya sudah cukup banyak.

Tetapi sebenarnya basic-basic‘nya saja sudah banyak saya bahas di video-video sebelumnya. Mereka itu polanya sama. Mereka orang yang disiplin, orang yang ulet, mereka itu orang yang tidak pernah menyerah. Basic-basic‘nya yang seperti itu. Namun tetap ada polanya. Pola seperti ini yang mereka terapkan. Dan akhirnya mereka menjadi yang terbaik di bidangnya. Demikian juga orang yang gagal.

Contoh, orang bangkrut. Kalau usaha anda bangkrut atau usaha anda jatuh. Tapi kalau anda punya pola sukses, kebangkrutan itu cuma sementara. Maka tidak lama lagi anda akan bangkit dan anda kembali sukses seperti semula. Inilah yang dimaksud dengan pola. Jadi orang sukses itu tidak takut ketika dia bangkrut.

Pasti sakit waktu bangkrut. Pasti sakit waktu dia stress. Tetapi bangkrut bagi dia bukanlah malapetaka. Melainkan bagi dia, bangkrut adalah pembelajaran. Respon dia itu sangat baik. Itulah polanya.

 

Begitu juga orang gagal..

Jika orang gagal memiliki pola atau mental gagal, dia menganggap sebaliknya. Ketika dia menerima sebuah musibah, ia menganggapnya sebagai malapetaka, bukan pembelajaran. Ketika dia menerima problem, dia menganggap ini kutukan. Bukan sebagai suatu peringatan. Jadi ada polanya. Kalau pola ini tidak anda hilangkan dan tidak anda latih, maka sampai kapanpun pola itu akan terus berpola.

Video saya sebelumnya membahas  tentang 7 kebiasaan orang biasa-biasa, bisa menjadi orang hebat luar biasa. Disitu saya sudah mengajarkan kalau kebiasaan itu anda bangun, maka akan membentuk yang namanya sebuah pattern atau pola. Pola tersebut kalau anda latih terus-menerus, saya yakin pola ini akan menjadi sebuah rel yang kuat.

Jadi meskipun anda suatu hari anda keluar dari rel, maka anda akan kembali ke rel semula. Kalau pola itu sudah jadi, maka akan sangat luar biasa. Saya ambil satu contoh. Berapa banyak orang yang tiba-tiba menang lotre?

Sekarang di Indonesia memang sudah tidak ada yang namanya perjudian. Kalau zaman dulu, di Indonesia perjudian masih dilegalkan. Saya pernah mendengar sebuah cerita. Bahwa ada seorang tukang becak, dia menang undian 1 milyar waktu itu. Uang 1 milyar pada 30 tahun yang lalu itu sangat besar. Kalau sekarang mungkin sekitar 10 milyar. Itu besar sekali. Mungkin sampai 20 milyar.

Tiba-tiba tukang becak itu shock. Namun lucunya adalah, kenapa dalam waktu 3 bulan saja, bahkan tidak sampai 3 bulan uang itu habis entah kemana. Ternyata ia memiliki pola gagal. Contohnya apa? Dia tidak siap menerima uang 1 milyar. Itu namanya pola gagal. Dia tidak ada edukasi, bagaimana cara mengelola uang 1 milyar. Karena tidak ada edukasi seperti ini, akhirnya ketika menerima uang ini dia shock. Saudara-saudaranya langsung datang. Yang bukan saudaranya pun jadi mengaku saudaranya, karena tetangganya itu memenangkan uang 1 milyar.

 

Semuanya meminjam uang, dipinjam sana, dipinjam sini dan akhirnya habis.

Sama dengan karena dia menjadi milyarder dadakan, kemudian ia tidak siap karena polanya tidak dibentuk, akhirnya uang tersebut habis juga. Itulah yang dimaksud dengan ‘gagal berpola’.

Semoga channel SB30 ini adalah salah satu channel edukasi untuk mengajarkan kebiasaan positif. Supaya anda bisa membangun pola anda. Kalau anda sudah membangun pola anda dengan baik. Niscaya setelah anda menonton video ini dan anda merasa ada yang perlu dibenahi dari diri anda. Maka segeralah secepat mungkin anda harus evaluasi diri.

Dengan anda evaluasi diri, niscaya anda akan menjadi orang sukses berikutnya. Dan saya yakin kalau pola tersebut anda jalankan dengan benar, baik orang gagal maupun orang sukses pasti ada polanya. Tinggal anda mau menjalani pola yang mana. Semua ada ditangan dan pilihan anda.

Dan saya juga ingin berterima kasih kepada Ibu Yani, yakni pemilik “Batik Yati Cirebonan” yang telah mengirimkan saya sebuah batik. Terima kasih ibu Yani.. Anda bisa lihat alamat beliau pada kolom di bawah. Ibu Yani mengirimkan saya batik ini. Semoga usaha Batik Yati Cirebonan semakin maju, semakin jaya, dan semakin berhasil.

Dan semoga channel ini juga bisa membantu UKM di seluruh Indonesia. Usahanya semakin maju, semakin sukses, dan tentunya sahabat entrepreneur, semoga Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara penyumbang entrepreneur terbesar di dunia. Semoga usahanya semakin jaya..! Terima kasih, bila anda menyukai channel seperti ini silahkan klik subscribe, dan anda bisa berbagi kepada teman-teman anda. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Sukses itu ternyata ada polanya, gagal juga ada polanya.

Sukses itu ternyata ada polanya, gagal juga ada polanya.

Sukses itu ternyata ada polanya, gagal juga ada polanya. Lalu, apakah bedanya pola orang sukses dengan pola orang yang gagal? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini..!

Leave a Reply