3 Cara Ampuh Mengatasi Kesedihan

0
434

https://www.youtube.com/watch?v=Yn5UUZUhcmU

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.

Kali ini saya akan membahas sebuah topik tentang : “3 Cara Ampuh Mengatasi Kesedihan”. apakah anda pernah merasa sedih? Entah itu karena ditinggal kucing, ditinggal pacar, gaji yang tidak kunjung naik, nilai yang jelek, lemburan yang tidak dibayar dan lain sebagainya. banyak sekali hal yang bisa membuat kita sedih.

Seperti di judul buku saya ini yaitu ‘Badai Pasti Berlalu’, jika anda membaca buku ini memang tidak menjamin masalah anda akan selesai. Namun minimal anda tahu bagaimana cara untuk keluar dari masalah. Intinya, badai itu pasti berlalu.

Jadi, cara pertama untuk mengatasi kesedihan adalah keluarlah dari jebakan energi negatif.

Energi negatif yang paling besar itu ada di lingkungan dan dan komunitas. Saya sudah pernah membahas hal ini di video saya : “4 Teman Toxic”. Jadi, anda itu tidak sadar bahwa anda sedang berada di lingkungan yang toxic.

Saya sudah sering mengatakan bahwa ikan yang sakit jangan diobati ikannya, namun obati airnya. Kuras airnya, bersihkan dan harus sering diganti dengan air yang baru, niscaya ikan itu akan sehat dengan sendirinya. Jika anda ingin ‘sembuh’, maka anda harus mengganti lingkungan anda. Keluarlah dari lingkungan teman-teman anda yang toxic, karena mereka itu memberikan energi negatif terhadap anda.

Coba anda lihat 5 teman terdekat di sekitar anda.

Setiap hari mungkin mereka hobinya bergosip, pesimis, suka menyalahkan pemerintah, atau bahkan ngomongin perang terus. Intinya, mereka itu tidak pernah optimis dan menganggap orang lain benar.

Jika lingkungan anda isinya orang-orang seperti itu, maka itu artinya lingkungan anda adalah lingkungan yang toxic. Jika anda berada di lingkungan yang toxic, maka energi anda pasti negatif. Dan jika energi yang anda keluarkan negatif, maka kesedihan itu seperti lingkaran setan bagi anda. Anda tidak akan bisa keluar dari kesedihan tersebut. Setiap harinya anda berputar di masalah yang sama. Ini buntu, itu buntu, semuanya buntu.

Ketika semua problem itu menjadi buntu, maka jawabannya hanya satu : anda tidak tahu caranya keluar dari kesedihan tersebut. Itulah sebabnya kebiasaan membaca buku itu penting sekali. Cobalah merenung di malam hari. Dengarkan podcast dari SB30, hal ini bisa membantu anda keluar dari kesedihan tersebut. Minimal, ada seseorang yang memberikan anda sebuah wawasan. Coba tulis di kolom comment, siapa disini yang setiap malam menonton channel SB30? Saya doakan semoga masalah anda bisa segera terselesaikan.

Kemudian yang kedua adalah belajar ikhlas.

Percaya pada saya, masalah yang memang sudah terjadi itu lebih baik anda ikhlaskan saja, ibaratkan nasi yang sudah menjadi bubur. walaupun anda tangisi, bubur itu tidak akan balik lagi menjadi nasi. daripada anda menangis terus, lebih baik lepaskan kesedihan tersebut. Lebih baik anda pikirkan langkah ke depannya, bubur ini mau diapakan? Apakah lebih baik dijual saja? Nasi yang sudah menjadi bubur saja masih bisa laku dijual kok.

Intinya, anda tidak perlu meratapi masalah anda yang sudah terlanjur menjadi ‘bubur’. misalkan anda sudah putus dengan pacar anda, ya sudah, tidak perlu anda sesali. Tidak ada yang namanya ‘manusia jahat’ di dalam hidup ini. Kalaupun ada manusia yang seperti itu, ambil saja hikmahnya. Itu artinya dia sudah memberikan anda sebuah pelajaran untuk jangan lagi terlibat dengan jenis manusia seperti itu.

Siapa disini yang pernah ditipu teman?

Siapa disini yang pernah dijahatin teman?

Siapa disini yang pernah dimanfaatin teman?

Tidak masalah. Mereka datang ke dalam hidup anda itu tujuannya hanya satu : mereka datang untuk memberikan anda sebuah pelajaran. Jadi, anda tidak perlu membenci mereka. Ketika anda ikhlas dan anda bisa keluar dari kesedihan tersebut, itu artinya anda sudah MOVE ON. Jika anda sudah bisa move on, itu sama saja dengan anda sudah berhasil mengatasi kesedihan anda.

Lalu cara yang ketiga adalah jangan memberikan trigger.

Trigger itu artinya apa? Jangan mengingat memori yang membuat anda kembali bersedih. Ketika anda mengingat masa menyedihkan anda, kemudian anda larut ke dalam kesedihan tersebut, maka hal itu dapat membuat anda terbawa emosi.

Misalkan anda saat ini sudah kehilangan ibu anda. Kemudian anda terus mengingat-ingat hal yang membuat anda sedih. Akhirnya, anda menjadi bersedih dan tidak berhenti menangis. Atau mungkin anda teringat dengan kucing anda yang sudah mati. Jadi ketika anda teringat sebuah memori buruk anda di masa lalu, cepatlah mencari cara agar anda tidak teringat dengan kenangan buruk itu lagi. Carilah kegiatan atau aktivitas lain untuk menyibukkan diri anda. Jika tidak, maka anda akan kembali larut ke dalam kesedihan anda. Anda kembali ke dalam trauma anda.

Contoh, dulunya anda pernah mengalami musibah kebakaran atau anda adalah salah satu korban banjir kemarin. Dan ketika anda mengingat hal itu, maka anda akan mengalami trauma. Atau misalkan anda pernah gagal dalam ujian dan tidak lulus. Jadi ketika anda kena trigger masa lalu yang buruk, cepatlah move on. Bacalah buku motivasi seperti ‘Badai Pasti Berlalu’. Anda juga bisa menonton video-video motivasi untuk melepas energi negatif anda. Niscaya, anda akan mampu keluar dari kesedihan anda. Jadi, silahkan anda terapkan ketiga cara tersebut.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Semoga video saya kali ini dapat membuat anda sadar dan kesedihan anda akan segera berlalu. Ingatlah, bahwa badai itu pasti berlalu. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here