3 Cara Terhindar dari Pinjol

0
627

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Belakangan ini sedang marak tentang masalah pinjol. Jadi pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang “3 Cara Terhindar dari Pinjol”.

Lagi-lagi, hal ini berkaitan dengan masalah mindset seperti yang saya sebutkan dalam buku “Badai Pasti Berlalu” halaman 23 tentang habit atau kebiasaan karena sukses itu berpola, dan gagal juga berpola.

Begitu pula dengan hutang. Pinjaman gali lubang-tutup lubang itu juga ada polanya. Kita tahu bahwa belakangan ini ada banyak kisah-kisah dari orang yang terkena pinjaman online. Bahkan, ada yang sampai bunuh diri karena pinjol. Saya juga mengerti bagaimana prosesnya.

Peminjam bakal dipermalukan, nomor kontaknya bakal disebar, bahkan semua teman-temannya juga diancam : “Si A pinjam uang sekian, blablabla”, dipermalukan di depan teman anda.

Bahkan parahnya lagi, wajah orang dalam video tidak senonoh diganti dengan wajah si peminjam dan disebarkan ke media sosial. Tentunya ini adalah sebuah perbuatan yang sangat keji.

Pinjol seperti ini memang sedang marak di Indonesia, namun sangat susah dimusnahkan. Karena apa? Masyarakat kita memandang bahwa uang pinjaman tersebut merupakan uang pribadinya, atau mungkin justru dianggap bansos.

Misalkan anda mendapatkan tawaran pinjaman 5 juta, hanya dipotong sekian persen. Cicilan juga ringan. Mereka yang sering melakukan pinjaman sering berpikir bahwa itu adalah uang yang ia hasilkan, padahal bukan.

Namanya saja sudah ‘pinjaman’. Itulah sebabnya anda harus berhati-hati. Seringkali debitur mengancam dengan cara ekstrim hingga menyebabkan peminjam bunuh diri. Bahkan, mereka memberikan ‘kemudahan’ untuk menarik peminjam.

Saya sangat tidak menyarankan anda untuk meminjam uang, terutama apabila anda belum memiliki pendapatan yang stabil. Intinya, jangan jadikan pinjol sebagai solusi.

Jadi, apa saja sih 3 cara terhindar dari pinjol?

 

1. Lebih baik menggadaikan barang

Cara yang pertama adalah lebih baik menggadaikan barang. Jadi, anda punya barang apa saja yang bisa digadaikan? Saya rasa cara ini lebih masuk akal. Karena apabila anda tidak bisa bayar, maka barang anda yang akan disita. Meski begitu, masalah finansial anda sudah selesai.

 

2. Cari pekerjaan

Kemudian cara yang kedua adalah cari pekerjaan. Tidak punya pekerjaan? Anda masih bisa narik Gojek, jadi reseller, atau apapun itu. Intinya, pekerjaan apa saja yang halal, dan yang terpenting anda bisa mendapatkan penghasilan. Pekerjaan apapun itu, entah itu supir atau buruh,  go ahead sehingga anda bisa menemukan solusinya.

 

3. Jangan pernah berhutang lagi

Kemudian cara yang ketiga adalah jangan pernah  berhutang lagi. Hutang sama saudara sudah gak bisa, sama teman sudah gak bisa, dan anda mau beralih ke pinjaman online? Bisa-bisa mati muda.

Hutang itulah yang dapat menyebabkan masalah tak berujung. Jadi pesan saya bagi anda yang saat ini sedang terjerat pinjol atau bahkan belum terjerat pinjol, silahkan anda tonton video ini berulang-ulang.

Semoga video ini bisa membuat anda sadar bahwa pinjol bukanlah solusi untuk masalah anda. Solusi masalah finansial anda adalah ketiga poin itu tadi. Tidak ada pilihan lain.

“Tapi biaya hidup saya banyak pak..”

Silahkan anda pikirkan caranya. Anda tidak bisa meminjam di pinjol hanya untuk sekedar gali lubang, tutup lubang. Karena sekali anda terjerat pinjol, yang asalnya hutang ada 1 juta, maka suatu hari hutang tersebut bisa membengkak 10 kali lipat menjadi 10 juta.

Sekali anda memakai 10 akun untuk pinjol 1 juta, maka suatu hari hutang tersebut bisa membengkak menjadi 100 juta. Pinjol itu memang sangat kejam.

Sampai hari ini, saya sering ditawari untuk menjadi Brand Ambassadornya pinjol. Bahkan, saya juga sering ditawari endorsement pinjol. Semuanya yang berbau pinjol saya tolak. Sampai detika ini, saya tidak pernah mau mengajarkan anda untuk melakukan pinjaman uang secara online. Cause it’s very dangerous, saya tidak mau anda terjerat hal tersebut.

Jadi saya tegaskan di konten ini, jangan berharap saya mau melakukan endorsement untuk jasa pinjol, apalagi dijadikan saya Brand Ambassador.

Oleh sebab itu, edukasi-edukasi seperti ini yang selalu saya tekankan agar masyarakat kita tidak minim edukasi terkait masalah finansial. Semoga video ini bisa membaut anda melek bahwa pinjol itu merupakan lintah darat yang paling berbahaya.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Tentunya, ada banyak orang yang dapat terbantu melalui edukasi sedehana seperti ini. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here